Tips masuk dunia jurnalistik (2)

Ada sebuah nasihat dari seorang pakar marketing dan karir. Kebanyakan orang untuk mengambil sebuah karir adalah tidak mengambil keputusan. Orang ragu-ragu apakah karir yang akan dimasuki memiliki masa depan baik? Atau cocokkah dengan karakter saya ? Apakah saya mampu ? Saya tidak punya keahlian di bidang ini sebelumnya ? Saya tidak punya pengalaman menulis ?

Sang pakar ini memberi nasihat. Putuskanlah terlebih dahulu. Buatlah keputusan. Pilihlah jalan hidup Anda! Demikian apa yang disarankannya. Diterima atau tidak, kadang-kadang kita tidak memutuskan terlebih dahulu mau kemana.

Jika Anda memutuskan masuk dunia jurnalistik apakah sebagai wartawan bidang media cetak atau elektronik, segera ambil. Jangan menunggu sampai habis waktu kita. Bertanyalah mengenai prospek di bidang ini kepada sahabat, rekan atau orang yang bisa diminta pertimbangkan.

Setelah mengambi keputusan, tuliskanlah. Tuliskan keputusan itu diatas sehelai kertas atau di sebuah file atau di sebuah blog. Tuliskan dengan rinci tujuan Anda dalam karir itu. Tidak menuliskan secara eksplisit untuk keperluan Anda sendiri, maka keputusan itu tidak lain adalah harapan kosong.

Jika kita memutuskan sesuatu kemudian menuliskannya, maka energi akan menyatu antara harapan dan kenyataan. Antara apa yang dipikirkan dengan apa yang akan terjadi. Tangan dan pikiran serta seluruh energi dalam tubuh Anda tersalur kedalam tulisan itu. Keputusan tidak akan jadi harapan kosong. Keputusan itu telah menjadi energi.

Langkah selanjutnya akan mengikuti keputusan yang ditulis itu. Langkah-langkah berikutnya akan beranjak dari keputusan yang telah ditulis. Tidak percaya ? Coba tuliskan, apa yang Anda kehendaki dengan masuk dunia jurnalistik. Lalu apa langkah-langkah berikutnya. Tanpa ada rincian, sekali lagi keputusan itu tinggal angan-angan Anda.

39 thoughts on “Tips masuk dunia jurnalistik (2)

  1. saya mo tanya,…………
    saya minat sekali dengan dunia jurnalis akhir2 ini,….sekarang ini saya tercatat sebagai seorang Mahasiswa Fakultas HUKUM di salah satu perguruan tinggi swasta Medan Sumatera Utara,….

    yang saya mau tanya kan,….
    bagaimana cara nya atau awal langkah menjadi seorang jurnalis,…walauun basic saya orang hukum apakah bisa saya menjadi seorang jurnalis,..sementara banyak seorang jurnalis yg berbasic pendidikan jurnalistic,…mohon pendapat anda

    kemudian,untuk menjadi seorang jurnalis,….syarat apa saja yg harus saya tempuh,…

    mohon kirim jawaban nya ke alamat email saya
    sang_prabu2001@yahoo.com

    Terima Kasih
    Yuhendra

  2. saya mo tanyak?……..
    saya seorang gadis berumur 19 thn untuk saat ini saya sdh tamat SMU tp saya tidak mnyambung ke pergurun tinggi karna keadan ekonomi keluarga yg pas-pasan ,tapi saya sangat tertarik dngan dunia jurnalis..saya sudah coba langkah-langkah awal masuk jurnalis sepertinya saya bisa, yang saya perlukan sekarang adalah dukungan dari para anggota para kakak dan abang wartawan sekalian .Karna klw saya meliaat para kakak dan abang wartawan sekalian yang sedang meliput kejadian di TKP saya sering menghayal kapanya saya seperti mereka?apakah bisa saya menjadi seorang jurnalis atau wartawan dengan pendidikan saya yg pas-pasan hanya tamat SMU saja?….

  3. saya mo tanyak?……..
    saya seorang gadis berumur 19 thn untuk saat ini saya sdh tamat SMU tp saya tidak mnyambung ke pergurun tinggi karna keadan ekonomi keluarga yg pas-pasan ,tapi saya sangat tertarik dngan dunia jurnalis..saya sudah coba langkah-langkah awal masuk jurnalis sepertinya saya bisa, yang saya perlukan sekarang adalah dukungan dari para anggota para kakak dan abang wartawan sekalian .Karna klw saya meliaat para kakak dan abang wartawan sekalian yang sedang meliput kejadian di TKP saya sering menghayal kapanya saya seperti mereka?apakah bisa saya menjadi seorang jurnalis atau wartawan dengan pendidikan saya yg pas-pasan hanya tamat SMU saja?….

    saya tunggu jawabanya d alamat e-mail saya

    ros_watye@yahoo.co.id

    atas jawabanya saya ucapkan terima kasih

    ROSMAWATYE.

    • pertanyaan kamu super sekali”,,,
      saya A.Rohman,jurnalis dimedia Harian jaya pos online, merasa terpanggil untuk menuliskan artikel potret sosial kontrol”
      pilihan kamu menjadi warta wati (jurnalis) sangat tepat,mengapa saya usulkan demikian menjadi jurnalis hanya butuh kemauan untuk mengetahui berbagai hal karna seorang wartawan mempunyai multi exsen,pirasat atau yang disebut pencari berita yang aktual dan terpercaya sehingga dapat mengungkap segala yang kamu rasakan,lihat dan dengar yang akan kamu tuangkan didalam tulisan menjadi hidangan inpormasi untuk pembaca,penonton,pendengar, diseluruh dunia ini.
      walau kesejahtraan jurnalis tergantung perhatian perusahaan dimana dia tempat menulis dan tidak mengurangi kenginan kamu seorang warta wati karena beberapa tahun dan bulan belakangan ini bangsa kita dikecewakan oleh wanita-wanita pilihan seperti mantan mentri yang diduga tersangkut kasus senturi,dan tidak kalah hebohnya anggaota DPR yang juga wanita ditahan kpk karena diduga bermain tender” yang menerima suap puluhan milyar.
      tapi saya yakin kamu adalah wanita yang tegar dan apapun pilihan pekerjaan yang kamu pilih saya yakin kamu menjalankan nya secara propesional.

      contoh sorotan kamera junalis dibawah ini :
      dijaman era demokratis dan keterbukaan inpomasi publik dibutuhkan jurnalis yang dapat mengangkat martabat bangsa yang kian terpuruk akibat penyalah guanaan kekuasaan oknum pemangku jabatan yang kerap menimbun harta kekayaan dengan mengorbankan rakyat jelata yang terus dihimpit harga pangan melonjak tinggi kebutuhan pangan taktertanggulangi namun diwajibkan untuk membayar pajak,guna mebayar hutang negara dengan bangsa lain,
      moral sosial di masyarakat terlihat labil sehingga berdampak munculnya kekerasan berkelompok atau tertempah oleh kemajuan tehnologi yang di pertontonkan untuk anak dibawah umur yang berdampak perbuatan kejahatan dan apmoral yang merasuk dinurani putra-putri harapan bangsa untuk mengantikan kita semua untuk mengurus negri yang kita cintai NKRI.
      alam yang diciptakan sang kuasa seperti nya memaksa kita semua untuk instropeksi diri agar melakukan azas perubahan untuk menjaga keindahannya serta mengambalikan kelestarian lingkugan di hutan,pedesaan dan diperkotaan harus dikontrol seperti perambahan hutan,pengeboran tambang dan sebagainya. ironis kerusakan alam di negri ini malah dinikmati bangsa asing dan kini menjadi sengketa dimata rakyat terkait tanah untuk bercocok tanam sudah banyak di kuasai oleh perusahaan asing”.harapan kita bersama dunia pendidikan dapat membuat bangsa ini lebih cerdas dari sebelum nya sehingga dapat bersaing dengan bangsa asing dengan melahirkan anak bangsa yang dapat diandalkan dimasa depan untuk mewujutkan ide yang cemerlang sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang membuat rakyat indonesia lebih mandiri dan tidak ketergantungan hutang oleh bangsa asing.dan pejabat bersih dari KKN.

      .

  4. saya mau bertanya. bagaimana menulis dengan baik tampa menggunakan bahasa ilmiah,karna sulit sekali meulis tampa menggunakan bahasa asing atau ilmiah. padahal; sangat penting untuk tidak menggunakan bahasa ilmaih untuk menjelaskan penulisan kita.? thank

  5. hai abang/kakak wartawan… saya seorang pria 24 tahun lulusan smu.. saya tertarik lohh.. di dunia jurnalis… bisa gak saya bekerja bersama kalian🙂, kalo memang boleh saya senang sekali

    untung lumumba

  6. saya mau tanya,,sejak dr smp saya ingiin skali menjadi seorang wartawan media cetak,tapi,,saat ini saya kuliah jurusan akuntansi..kmarin sya lihat tayangan di metro tv ..itu,,shotspot…gtu klo ga salah..saya jg lupa..sya lihat profesi wartawan sangat,,,bisa di bilang komplek..gtu..dr kerjaan yg penuh resiko ampe kerjaan yg mulia..hmm..kadang2 bikin narasumbernya kesel jg demi dapat brita..watwawan jg di tuntut kesigapanyg cepat,,udah gtu mesti cerdas.mesti bisa ngatur strategi gimana caranya biar dapat jawaban yang di harapkan dari narasumber..
    pointnya,,stelah liat smua itu saya jadi kecil hati..sayaa merasa saya ga mampu jadi wartwan..tapi saya ingin.. saya ingin dapat memburu berita,,saya ingin mengungkap kebenaran..haha..terlalu tinggi ya…tapi ya gtu..wartawan adalah cita2 saya dr smp..namun lama2 saya mikir lagi,,tujuan utma say ingin jd wartawan apa?? saya pun ga bia mungkir kalo sebenernya ada tujuan utama yang saya coba sembunyikan dari hati saya lantaran gengsi. saya ngerasa jadi wartawan sangatlah keren..keren banget…trus gimana ya,,,saya jg bingung… beri saya sdikit pencerahan dg kirim email di http://www.rahera_hera@yahoo.com

  7. hay
    knalin nama saya diana. saya adalah wartawan sekolah umur saya 13 th. tujuan saya membuka website ini karena saya ingin memperluas wawasan saya untuk menjadi wartawan. sebenarnya cita2 saya menjadi penulis novel. eh malah diskul saya, saya disuruh untuk menjadi team jurnalistik sekolah. ya mw gimana msk hrs ditolak. dan saya selalu berusa agar saya bisa menguasai bahasa bahasa jurnalistik. sebernarnya saya tdk tw apa2 tentang bahasa jurnalistik. tapi banyak orang yg slalu mendukung saya. setiap hari saya selalu membuka internet dan setiap hari saya ada pengajaran bagi tim juranlistik. da ternyata menjadi seorang wartawan itu tak gampang ya!!!!!!!!!!!!!…………
    itu sekilas dari saya………….
    saya blh tanya gak???????????
    gimana sech cara untuk menguasai bahasa jurnalistik dengan cepat?????………………………………………….
    oh ya kmaren aku lihat kyak acara conferensi pers yang diadakan oleh para wartawan2 senior di royal plaza surabaya. ceritanya tentang penerbitan novel baru yg judulnya tu : ” WARTAWAN SEHARUSNYA TERPERCAYA “

  8. Ping-balik: B. Informasi 2 : Dunia Jurnalistik « Vindre’s Weblog

  9. Ping-balik: TUGAS UTS « Pol4b’s Weblog

  10. Ping-balik: Tips masuk dunia jurnalistik (2) « Boutem’s Weblog

  11. saya adalah seorang mahasisiwa disalah satu perguruan tinggi swasta dikota saya MATARAM.
    saya sangat tertarik dengan kehidupan seorang wartawan atau jurnalis sampai saya ingin merasakan menjadi seorang wartawan
    saya mau tanya
    apa yang harus saya kuasain dan pahami untuk menjadi seorang jurnalais?
    harus kah saya sekolah jurnalis atau bisa kah tanpa sekolah pada jurusan itu karna saya sekolah jurusan bahasa inggris?
    bagaimana cara menjadi serorang jurnalais atau wartawan dan cara kerjanya ?
    mohon penjelasan dari seorang wartawan atau jurnalais yang membaca pertanyaan saya ini

    terimakasih

  12. saya mau tanya. sekarang saya kelas 3 sma. dan saya masuk jurusan IPA. yang ingin saya tanyakan, kalo ngin masuk jurnalis, pelajaran apa saja yang perlu saya tingkatkan nilainya? dan gimana aja sih tes untuk masuk jurnalis saat tes kuliah? tolong kirim jawabannya ke:

    tita.greentozca@sin.com

  13. Saya Bayu, umur 17 tahun. sekarang kelas 2 SMK, Yang ingin saya tanyakan. saya bercita-cita banget jadi seorang jurnalis. syaratnya apa aja ? dan pendidikan yang harus ditempuh apa dan sejauh mana ? lalu ada gak beasiswa pendidikan untuk jadi jurnalis ? Tolong dibantu ya !!!! dan tolong dijawab di email ku ya !! erdiansyahb@yahoo.co.id

  14. dunia ini penuh dgn beragam ilmu,semenjak saya terjun langsung didalamnya,ternyata byk sekali kepuasan yg saya dapatkan ketika sebuah informasi yg benar dapat disajikan. rasa hati sangatlah bahagia,ditambah lagi dgn semangat jurnalis yg mengalir dijiwa.meski demikian,saya tetap masih pemula di dunia ini,oleh karenanya saya masih membutuhkan ilmu-ilmu jurnalistik lainnya dari Anda. saya tunggu di prapto@ariperwira.co.cc

    salam,
    AP,P

  15. hai mas,,,saya vanie 20 tahun,,,saya punya harapan neh bisa bikin majalah di bidang saya….ada tips ngak buat saya gimana cara dan langkah awal untuk bisa bikin majalah tsb….thanks…

    nb: mas balasnya ke email yak🙂

  16. kak..saya mw nanyak..
    akhir2 ini aq tertarik bgt sma dunia jurnalis dan saya pengin terjun ke dunia itu,,
    saat ini saya masih kelas 1 sma..kalo mw jd jurnalis besok aq harus ambil jurusan apa ya kak IPA atau IPS???????
    dan klo udah kuliah ambil fakultas apa ya kak??????
    aq minat bgt pingin jadi jurnalis….
    tolong bantu saya ya kak…
    sebelumnya makasih….
    sukses terus yach..buwat kakak……
    GoOD LuCk….. : )

  17. Ping-balik: Tips masuk dunia jurnalistik (2) « Journalist’s Adventure

  18. Ping-balik: Tips masuk dunia jurnalistik (2)

  19. saya mu tanya persyaratan apa untuk jadi seorang jurnalis?
    terus kalu keluran jurusan lain seperti teknik informatika bisa g?
    tong dikirim ke Email

  20. salam kenal Bang…. Saya Iskandar, umur 27 Th, status Menikah, pendidikan terakhir S1 Ilmu Pemerintahan.
    saya senang dengan dunia JURNALIS dan sering terpintas dalam benak saya gimana ya…caranya untuk menjadi seorang JURNALIS? Adapun yang paling saya suka dari seorang JURNALIS mereka g’prnah takut dengan siapa pun yang mereka hadapi. tlong bang solusinya ya……..biar saya menjadi seorang JURNALIS.saya tnggu jawabannya ya Bang…!!! TRIMK’s………

    Salam Perjuangan….!!!

    ISKANDAR

  21. hai,saya seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta di jakarta,sekarng saya mengambil jurusan manajemen informatika?sejak sma saya suka dengan dunia jurnalis,saya sudah mencoba untuk menjadi seorang jrnalis dengan cara menulis dan dan terus menulis,tapi kendala yang saya hadapi sekarang adalah tidak bisa menuangkan sebuah ide dengan baik.nah sekarang saya mau tanya bagaimana cara agar kita dapat menuangkan ide itu dengan kata-kata yang enak di dengar??thank”s…

  22. nama saya Inowarman. sekarang saya sedang kuliah di salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Kota Medan jurusan Teknik Informatika Komputer.
    sejak SD saya sangat ingin sekali menjadi seorang jurnalistik. mungkin ini dikarenakan sejak kecil saya dibiasakan oleh orang tua saya untuk menonton acara berita televisi. sehingga pada akhirnya saya menjadi tertarik dengan profesi ini.
    yang ingin saya tanyakan adalah. bagaimana persiapan untuk menjadi seorang jurnalis, baik persiapan fisik,ilmu dan materi.
    saya tunggu jawabannya di email ino_warm@yahoo.com

    Trima Kasih

    Inowarman

  23. Ping-balik: » Tips masuk dunia jurnalistik (2) Jurnal Asep Setiawan

  24. asalamualakum
    saya sangat tertarik dengan dunia jurnalis khususnya di bidang olahraga,….sekarang ini saya tercatat sebagai seorang Mahasiswa Fakultas HUKUM di salah satu perguruan tinggi negeri di Lampung,….
    yang saya mau tanya kan,….
    bagaimana cara nya atau awal langkah menjadi seorang jurnalis/wartawan,…walauun basic saya orang hukum apakah bisa saya menjadi seorang jurnalis/wartawan,..sementara banyak seorang jurnalis yg berbasic pendidikan jurnalistic,…mohon pendapat anda
    kemudian,untuk menjadi seorang jurnalis,….syarat apa saja yg harus saya tempuh,…
    mohon kirim jawaban nya ke alamat email saya
    aligchocol@yahoo.com
    Terima Kasih
    OLIP

  25. Menjadi seorang Jurnalis adalah impian seseorang, namun ada kendala yang tidak bisa dicapai oleh seseorang karena hal2 yg membuatnya menjadi bingung.Apakah saya bisa menjadi jurnalis??sedangkan latar belakang saya sama sekali bukan jurnalis.apakah menjadi seorang jurnalis harus mampu dalam tulis menulis?saya paham bahwasanya menjadi seorang jurnalis tidak mudah butuh proses.bolehkah anda memberikan sebuah saran atau solusi untuk saya.

    Mohon kirim jawabannya ke alamat e-mail saya supriatin_a@ymail.com
    di tunggu…;)

    terima kasih.

    atin

  26. saat ini saya duduk di SMA kelas 3 dan jurusan ipa.namun saya sangat tertarik untuk mengambil jurusan jurnalistik kelak saat saya kuliah. apa yang harus saya lakukan agar bisa mengambil jurusan itu? tolong sarannya karena saya benar benar tidak mengerti harus berbuat apa

  27. Assalamualaikum..
    Nama saya Yuyun Syaadah,saya baru kelas 1 di SMA Negeri 1 Surade. Saya bercita-cita menjadi seorang jurnalis,atau lebih tepatnya menjadi seorang pembawa acara berita. Saya bingung jika saya ingin menjadi seorang jurnalis nantinya saya harus ambil jurusan IPA atau IPS ?
    Lalu jika ingin menjadi seorang jurnalis apa nantinya saya harus mengeluarkan biaya yang besar untuk saya kuliah? Saya berasal dari keluarga yang bisa dibilang sederhana. Orang tua saya hanya seorang pedagang biasa yang tak menenentu penghasilannya. Mungkin itu saja yang ingin saya tanyakan. Saya harap Bapak berkenan untuk menjawab pertanyaan saya. Jawaban Bapak bisa dikirim ke email saya dheot03@ovi.com atau facebook saya Dhe Yuyun atau Twitter saya Dheyuyun. Terimakasih.
    Wassalamualaikum wr wb..

    • salam,,saya bu mau masuk jurusan juranalistik,,,saya bingung,,,apakah materi jurnalistik begitu sulit bg pemula,,,apalgi sewaktu sma ,,jurusan say tidak sam sekli ada hubungn nya dengn jurnal,,mhon d jawab,,trimksh
      tlong d jwb melalui fb saya @ rah rash atau twit @ rasikhahndo

  28. Permisi,,,
    Saya Dewi,siswi kelas 3 SMA.
    Menjadi seorang jurnalis adalah impian ku.Tetapi banyak orang mengatakan, “Prospek kerjanya lama,kita harus punya relasi di dalam”
    Apa benar ?????
    Lalu saya juga masih bingung,untuk memilih universitas yang menyedikan konsentrasi pada JURNALISTIK.
    Karena tidak semua JUrusan ILMU KOMUNIKASI di tiap univ.memiliki konsent.Jurnalistik.
    Bagaimana,apa boleh menjadi seorang jurnalis tetapi lulusan nantinya dari misalnya “Publik Relation”?
    Kemudian kalau ingin menjadi seperti pembawa acara di tv,harus lulusan bidang apaan sih ?

    BALAS ya,terima kasih🙂

  29. Klo mau jadi jurnalis kita harus masuk ke kejuruan apa,karna cita2saya jd seorang jurnalis ,saya masih duduk di kelas 7 smp ,dan klo saya jadi jurnalis bisa gk membuat laporan ,atau meliput di negara2 konflik ,kan banyak wartawan atau jurnalis yg meliput di negara konflik,itu yg saya tunggu,dan negara yg paling berbahaya bagi para wartawan atau jurnalis adalah negara suriah

  30. ……….Menjadi seorang jurnalis adalh impin saya sejak dulu,, seiring berjalannya waktu dan saatnya untuk menentukan jurasan yang akan saya ambl d perguruan tinggi, terkadang membuat saya bingung dan enggan untuk menetapkan pilihan saya untuk mengambil jurusan itu, di sebabkan karna melihat persaingan yang sungguh luar biasa dalam mencari tempat kerja. yang ingin saya tanyakan apakah propesi seorang jurnalis memiliki ksempatan kerja yang luas…. dan hal apa saja yang harus kita miliki jika ingin menjadi seorang jurnalis. trims… mohon jwaban.a…

  31. Kalo mau masuk jurnalis harus ilmu komunikasi kan yah ? Saya kls 11 thn ini dan masih bimbang masuk ipa atau ips?

  32. Saya baru saja tamat sma dan saya berminat untuk melanjutkan pendidikan di bidang komunikasi, pertanyaan saya adalah apakah yang perlu disiapkan untuk masuk dalam bidang tersebut?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s