About

Pengasuh situs ini adalah Asep Setiawan. Bekerja di Harian Kompas mulai 1989 sampai 2000 menduduki posisi dari reporter sampai menjadi editor. Posisi terakhir editor Kompas Online. Kemudian pindah ke BBC Indonesia Service tahun 2000 di London untuk meningkatkan pengalaman di dunia broadcasting. Saya bersama BBC sampai 30 September 2011.  Selanjutnya saya memasuki dunia televisi dengan menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Metro TV Januari 2012-Oktober 2013 untuk menimba pengalaman jurnalistik televisi. Kemudian menjadi  Head of Content and Knowledge Management Division di Metro TV dari Oktober sampai September 2016. Saat ini menduduki posisi Kepala Media Research Center, pusat penelitian di Media Group.

Hak Cipta sebagian artikel ada ditangan penulis dan silahkan mengutip dengan menyebutkan sumbernya. Tulisan di blog ini merupakan pandangan pribadi.

Saat di Kompas pernah bertugas meliput antara lain ke Kuwait City, Arab Saudi, Mesir, Turki, Israel, Palestina, Yordania, Uni Emirat Arab, Inggris, Perancis, Spanyol, Polandia, Ceko, Malaysia, Singapura, Filipina, Hongkong dan Cina.

75 thoughts on “About

  1. hai mas asep..saya nida…pengen dong jadi member di site ini, karena saya membutuhkan banyak diskusi mengenai jurnalistik, terutama bagaimana menjadi eitor. Thanks…

  2. A, sbenernya Aa ini kerja di BBC berlokasi di London atau Biro di Indonesia??? Boleh saya tanya, apakah persyaratan atau strength yang harus dimilik untuk bisa lolos bekerja di BBC, sebab sangat prestigious khan…? Hebat!! Hebat, salutlah A…..bawa harum nama bangsa🙂

  3. assalamu alaikum…salam sejahtera…!!!
    nama gw sebenarnya ian, gw saat ini kerja disalah satu group surat kabar di Kalimantan Selatan..gw mo nanya.!!!
    ditempat tugas gw banyak wartawan Muntaber (muncul tanpa berita) / bodreks..akibatnya, saya yg punya media jelas kesulitan mencari info lengkap untuk dijadikan bahan berita..sebab para sumber saya ini kapok berurusan dgn wartawan muntaber/bodreks, shg wartawan seperti saya ini juga masuk dlm kategori para sumber sbg wartawan wartawan muntaber/bodreks..
    nah, bisa bantu saya gak pecahkan masalah ini ini???
    sebelumnya saya ucapkan terimakasih mas..!!!

  4. Untuk Nida, kebetulan situs ini bukan mailing list jadi silahkan saja klik kembali lowongan kerja barangkali ada info baru atau tips baru. Mailing list pekerja media antara lain di yahoo groups seperti wartawan dan jurnalis

  5. Tasya, saya ada di London sejak tahun 2000. Untuk masuk BBC tentu saja perlu ada pengalaman di bidang jurnalistik baik radio atau surat kabar. Siapkan saja dari sekarang karena kesempatan selalu terbuka, bukan hanya di BBC tetapi juga di Radio Australia, Singapura, Amerika, Belanda, Jerman bahkan Iran.

  6. Untuk id petani, agar menghindari wartawan tanpa surat kabar atau tanpa media, cobalah menjaga citra media dimana Anda bekerja. Jaga juga hububungan dengan nara sumber baik dari pemerintah, pengusaha, aparat keamanan, akademisi atau masyarakat. Profesi jurnalistik di negara maju seperti Inggris sangat dihormati bahkan sebagian dari wartawan ini dekat dengan perdana menteri dalam arti profesional. Jadi Anda tidak hanya seorang diri di dunia jurnalistik, ribuan bahkan ratusan ribu pekerja media bertebaran di seluruh dunia.

  7. Mas makasih..saya jadi tau info tentang kerjaan yang saya inginkan yaitu sebagai jurnalis.
    Kalau mau jadi member gimana ya mas caranya?
    Bagi yang punya info kerjaan sebagai jurnalis pemula, mohon bantuan infonya..
    makasih

  8. Salam Kenal A’, sudah lama saya suka dunia tulis menulis tapi belum tahu caranya biar bisa jadi penulis yg baik dan konsisten..Mulai kemarin cari-cari situs yang beri inspirasi ttg nulis, ehh..nggak tahunya ketemu situs Aa Asep.
    Dulu pernah tertarik mau ikutan kursus Penulisan Advokasi di Media Massa, tapi nggak kuat bayarnya..hehehe..Semoga Aa Asep bisa menginspirasi banyak orang lagi agar mulai terbiasa dg budaya menulis.

  9. ass. wr.wb
    saya tamatan statistika 2003 trus skarang nyambung ke ekonomi manajemen…sebenarnya saya aja ga tau mo nrusin kmn. tapi klo liat presenter, trus pembawa acara.pokoknya yg berhubungan dgan media tv…saya jadi tertarik…apa saya masih bisa menuju kearah sana…??? gmn caranya ya…???
    sebelumnya terima kasih banyak mas…
    wassala

  10. Bung Budiono, tips masuk ke televisi swasta ada beberapa cara. Yang paling mudah adalah masuk ke televisi lokal dulu baik di Bali, Sumatra atau Jawa. Atau magang di TVRI. dengan bekal itu bisa diperluas pengalaman dan siap memasuki saluran TV besar dengan keahlian yang sudah diasah, selamat merencanakan karir Anda

  11. Bung Irwan, tips menulis untuk media sebenarnya tidak sulit. Kalau Anda minat pada satu masalah misalnya pendidikan. Kumpulkan kliping berita dan opini mengenai pendidikan setiap hari atau setiap minggu. Nah dari sana Anda pelajarai cara penulisan dan pengajuan topiknya. Kemudian tiru yang paling Anda bisa untuk diterapkan pada kasus baru. Latihlah ini, minimal seminggu satu tulisan dengan panjang 4-5 halaman kertas A4 dua spasi, selama berkarya

  12. Rekan Yon, kalau mau menjadi presenter tentu harus terbiasa dulu dalam presentasi di depan umum, nah ada beberapa kursus di bidang televisi, bisa Anda ikuti untuk latihan ke arah itu. Tapi yang penting lagi, terjun ke dunia jurnalistik dulu

  13. Cool…:) mas asep sepertinya sangat ahli dalam bidangnya :))) Two Thumbs Up :))) Ajarin saya dong mas asep, bagaimana cara terbaik untuk menjalani/menekuni pekerjaan seperti yang mas jalani? thanks and God bless u and fam🙂

  14. Yth Rosemary, terima kasih atas pendapatnya. Saya juga masih belajar. Banyak dari rekan saya yang hebat. Setelah 10 tahun berkarir di Kompas saya mendapat kesempatan bekerja di lembaga siaran BBC Indonesia yang berkantor di London. Bagaimana cara menempuh karir di jurnalistik ini ? Nanti coba saya bahas namun sebagian artikel yang saya tulis mengulas bagaimana berkarir di media massa sehingga Anda bisa berkeliling baik di dalam maupun luar negeri. Keep in touch !

  15. Oallow mas Asep Setiawan apa kabar dan salam kenal…….. woowwwwwwwwwwwww mas Asep Setiawan benar2 orang yang luar biasa……., jujur saya benar2 mengagumi anda. Dan sayang pengen sekali bisa seperti mas Asep. Saat ini saya bekerja di radio Swasta di bali sebagai penyiar kurang lebih ada 6 bulan.Saya ingin sekali menguasai dunia jurnalistik, mulai dari media elektronik dan media cetak.Tanpa sengaja saya iseng masukin lamaran ke TV lokal bali dan ternyata di terima. Namun saya bingung karena di TV Lokal tersebut menuntut saya untuk bekerja secara penuh dan di radio juga menuntut hal yang sama. Saat ini saya diberi waktu dan kesempatan untuk berfikir kurang lebih selama 3 bulanan untuk memilih. Jujur saya sangat bingung sekali. Padahal saya ingin kedua2nya bisa berjalan, yaa di radio, yaa di TV………………jujur saya sudah jatuh cinta pada keduanya. Karna inilah mas Asep saya bingung dan takut karna bnyak orang bilang kesempatan hanya datang sekali saja. Mas Asep, apasaja yang di perlukan untuk benar2 menjadi seorang jurnalis sejati???????????………………………………………thx…….

  16. salam kenal bang,
    saya saat ini magang di tabloid khusus ponsel. setelah 6 bulan berlalu rasanya sedikit sekali pengetahuan tentang ponsel. saya pun berangan-angan untuk kerja di koran harian. bagi saya lebih menantang dan menyenangkan bekerja di harian. saya merasa jenuh bila setiap harinya hanya di kantor saja. mendekan ditemani dinginnya ruangan.
    selain itu kontrak saya dua bulan kedepan akan berakhir. stress rasanya membayangkan tidak lagi bekerja di perusahaan ini. oh ya bang, saya ingin sekali mendapatkan kesempatan untuk bergabung dengan teman-teman di harian (perusahaan memiliki beberapa kelompok media ada harian dan tabloid) khusus ekonomi.
    langkah apa yang harus saya ambil untuk dapat bergabung dengan tim di harian. sebagai informasi, saya sudah mengontak ke GM Manajer, jawabannya akan ada lowongan tahun depan untuk ditempatkan di Semarang.
    oh iya bang, tabloid ini sudah lama digonjang isu akan ditutup. maka, saya tanyakan perihal ini ke redaktur, apakah nantinya saya akan mendapat kesempatan di harian, jawabnya saya belum tahu mekanisme nanti seperti apa.
    apakah sopan jika saya bertanya kembali perihal ini sama redaktur saya?
    terimakasih telah bersedia membaca posting ini.

  17. Sdr Eno, kalau diminta memilih dengan melihat trend masa depan, saya anjurkan terjun ke dunia televisi. Selain akan banyak belajar mengenai cara presentasi audio visual, Anda juga banyak menimba ilmu baru. Di masa depan dunia televisi akan sangat penting tidak hanya bagi kalangan jurnalistik tetapi juga bagi berbagai bidang kehidupan masyarakat. Jadi jangan ragu-ragu pilihlah televisi lokal, siap tahu Anda bisa tampil di televisi nasional kelak. Good Luck.

  18. Kalau Anda kenal kepada redaktur secara pribadi, tanya saja langsung dan apakah ada peluang dalam waktu dekat. Karakter seorang wartawan adalah berani bertanya meskipun mungkin sungkan. Cobalah berani sekali ini saja, siapa tahu beruntung. Tapi jangan takut gagal, coba dan coba lagi. Masih banyak peluang di depan Anda. Pengalaman Anda di tabloid ponsel gunakan untuk belajar dengan rekan wartawan lain, kontak berbagai media dan kenalkan Anda, perluas jaringan di dunia media, saya yakin akan ada manfaatnya.

  19. mas, aku kan mo magang tapi tv swasta dah penuh, jadi aku alihkan ke tv lokal. Aku mo tanya tv lokal yang terbaik tu mana?Klo menurut saran mas aku harus magang dmn?Aku ingin belajar banyak tentang broadcast, makasih ya buat jawabannya

  20. Beberapa tv lokal yang sudah lama jam tayangnya adalah Bali TV, Surabaya TV ( Jawa Pos Grup) dan Riau TV (Jawa Pos Grup), jadi sebaiknya cek ke customer servicenya, namun saya belum cek apakah televisi tersebut masih beroperasi.

  21. halo…saya mau bergabung disitus ini…kebetulan saya sedang akan menyusun tesis tentang pengaruh berita terhadap volume penjualan media cetak…tolong dibantu mengenai informasi apapun…thanks…saya tunggu jawabannya

  22. Silahkan Yuyun, klik juga situs saya yang baru journalist-adventure.com. Setahu saya ketika berada di Kompas, berita mempengaruhi sekali oplah. Misalnya ketika Piala Dunia atau ketika BBM naik hampir pasti oplah naik

  23. Wah keren nih ada jurnalist aku selalu ingin jd jurnalis adventure karena suka adventure…sebenrnya mau aja disuruh mblusuk2 hutan, tapi udah ketuaan malu sm anak2 hehehe…bisa ga ya jd jurnalis adventure di kamar emergency aja, seru2 lho kasusnya, Mas, anak buah pak robby ya waktu di kompas? Salam kenal

  24. hallo bang . saya berminat nih jadi wartawan, tolong dong saya.saya ingin sekali bergabung dengan komunitas ini.oh ya syratnya apaan ya bang biar bisa ikut jadi komunitas sini?.. thanks

  25. hallo bang Setiawan, saya Krispianus Bheda, Mahasiswa Semester akhir pada sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Jakarta. saya sangat berminat terjun ke dunia jurnalistik. saya yakin saya bisa bergabung dalam komunitas ini jika diperkenankan.

  26. Hallo bang asep setiawan, saya begitu antusias dengan portal anda ini. Ibaratnya ini ajang buat bertukar info dan membangun tali silaturahmi dengan kawan-kawan yang berminat terjun di dunia jurnalistik. Begitupun dengan saya, saya ingin menggeluti bidang yang penuh resiko ini. Saya msh kerja di salah satu tv swasta nasional sbg scriptwriter news. Kesehariannya saya berkutat dengan materi liputan yang diliput para reporter. Saya ingin sepenuhnya sbg jurnalis. Tapi apa day, kecil kemungkinan jalan saya terbuka sbg reporter. Sejujurnya saya ingin ke kompas. Langkah2 apa yang harus saya lalui untuk melamar jadi reporter kompas? makasih bang asep

  27. Teman-teman mohon maaf jawabannya terlambat. Saya sekarang sedang mengalihkan kegiatan ke situs http://www.journalist-adventure.com.

    Saya mulai dari Mas Anton. Luar biasa anda sudah berada di media walaupun tidak full jurnalis di lapangan. Modal yang sangat besar. Sebaiknya anda fokus saja kepada tugas sekarang dan jadikan lebih profesional dan menjadi terbaik. Nanti banyak jalan menuju wartawan di lapangan, saya kira. Beberapa teman di Kompas ada yang mulai dari staf perpustakaan dan di BBC pun ada yang mulai dari studio manager.

    Bung Kris, saya bisa dikontak juga di asep@asepsetiawan.com Saya senang bertukar fikiran apalagi dengan mahasiswa filsafat.

    Jack, tidak ada syaratnya, silahkan saja bergabung. Suatu saat mungkin saya buat forum supaya semua arsip dan filenya bisa disimpan rapih.

    Mbak Evy juga thanks telah mampir

    Dian, Biho dan Onney semuanya terima kasih.

  28. Apa kbr Kang Asep ?
    Resep nya apa ya Kang Asep bisa betah di London ? Bagi resepnya dong !!!
    Crita dong gimana rasanya kerja di negeri orang, dan gimana caranya ?
    Soalnya pengen jg bisa kerja di luar Indonesia tp takut klo homesic, hehe….
    TQ & God Bless U, Kang….

  29. Hallo Pak (atau Kang aja nih:)) Asep.. nice to see your site. Interesting, karena saya juga pernah jadi reporter di sebuah majalah baru di Bandung.. baru sebulan yang lalu saya resign (utk keamanan alasannya off the record :)). Trakhir saya tahu edisi ke 10, majalah ini tidak terbit dulu (saya resign di edisi ke-8. Terbit sebulan sekali), katanya mau refreshment..

    Itulah pengalaman pertama saya terjun langsung jadi jurnalis, boleh dibilang saya telat (kelar kuliah th 2002).. Dulu saya tak yakin bisa menjadi wartawan media cetak (meski background pendidikan saya fikom unpad).. Tapi ternyata saya cukup menikmati jadi jurnalis, bagaimana prosesnya sebuah majalah terbit; menentukan tema edisi, nara sumber, mewawancarai, dan menuliskannya menjadi berbagai tulisan (stright news, feature, etc).. meski tak mudah (bisa dibilang saya pemula), tapi saya menikmati..

    Jujur saja setelah baca site ini saya jadi kangen jadi wartawan lagi meski pekerjaan ini tak mudah buat saya yang pemula dan orang rumahan..

  30. Ike resepnya ya jalani saja karir Anda, niscaya bisa kita nikmati.

    Asri, mengapa Anda tidak menulis blog saja mengenai pengalaman jurnalistik Anda. Ribuan orang akan menikmati karya Anda. Boleh dimulai sekarang ?

  31. Salam pang wanoh Kang Asep! Nepangkeun, sim kuring oge “jurnalis petualang”, tapi lokal, sering pindah-pindah media, jadinya teu paruguh kerja sebagai jurnalis teh. Mampir ke weblog abdi nya kang, haturnuhun. Content web akang selalu saya simak, sering-sering update atuh kang nya… Nunun.

  32. Ass,kang Asep..kumaha damang?
    salam kenal ya kang ..
    saya senang membaca blog-nya..
    dulu sekali saya cita2 ingin gabung di KKG..
    sempat test di Angkasa th 1996 kalo ga salah ingat
    dan di-interview pak Robby, pak Dudi Sudibyo, pak Ninok Leksono ..namun gagal euy karena dianggap belum lulus kuliah..Tapi skrg masih aktif nulis dikit2…

    Sukses selalu ya kang…
    saya masih suka dengerin BBC siaran Indonesia
    saban pagi..

    Wass
    iRs@N

  33. Untuk mejadi seseorang yang berpengaruh memerlukan banyak usaha dan kerja keras agar ia menjadi pribadi yang berkompeten.

    Seharusnya kita semua bisa menyadari.

  34. kang asep…maff gangu niehh….

    kira2 jurnalisme citizen bakalan berkembang pesat di indonesia nggak yach???

    kalo untuk forum2 jurnalistik slain di sini buka di web yg lain nggak???

  35. Kepada Irsan selalulah produktif.

    Untuk Riyan, Jurnalisme Citizen apapun namanya semakin pesat penetrasi broadband akan semakin melaju.

    Inna, orang Tasik ya. Saya alumni SMAN 1 dan SMP 2 Tasikmalaya.

  36. Hai, Kang Asep…pengen nanya nich…boleh ngga saya posting lowongan untuk kontributor di situs ini? apakah ada terms and condition untuk hal ini? Mohon bimbingannya ya….terimakasih.

  37. assalamualaikum..kang
    duh kang, gimana ya..saya mau banget ke Inggris. coba kira-kira ada kerjaan yang okeh ngga buat saya di Inggris. Kini, saya masih bekerja sebagai wartawan di Bandung, di JP Group. Kang saya hampir ngerampungin thesis, rencananya, berses kul mo ke Inggris..mau ketemu kang Asep utamana. nuhun kang
    wassalam..

  38. Hello Kang Asep,.salam kenal ya kang, secara ngga sengaja saya liat2 nih blognya seneng bisa liat blognya. Kang Asep boleh ngga ya,.. saya posting lowongan kerja disini untuk cari Journalist/Editor/Writer for lifestyle magazines d Jakarta.
    Thanks alots sebelumnya

    Regds

    Grace

  39. halo kang Asep dan semua yang suka buka 2 blog ini, saya sangat belum mengerti sekali dengan jurnalistik, tapi belakangan ini saya tertarik dengan dunia ini mungkin karena kebiasaan sy sewaktu kecil memang hobi nulis walaupun tidak pernah di muat tapi giroh untuk memperdalam dunia ini sungguh mengelitik jiwa saya dan sy berharap ada yang bisa memberikan saya tempat dan ruang untuk kembali menekuni dunia ini…..

  40. yth editor…
    langsung saja,,saya masih duduk dibangku kls 12 smk,saya mau tanya,,kalo masuk kuliah ke jurusan jurnalis,,prospek karirnya seberapa banyak?
    yang saya pengen sih jadi kameramen,,fotografer atau pembawa acara berita…
    saya emg suka nyari nyari berita,terutama berita tentang tempat wisata atau semua yang ada hubungan dengan pariwisata,,untuk masalah tulis menulis..saya ga terlalu sering buat karya tulis tapi kalo lagi ktemu mood buat nulis pastilah saya buat tulisan yang ingin saya bagikan ke publik..
    saya emg tertarik didunia jurnalis akan tetapi,,,hal yg saya anggap paling sulit adalah ketika saya ingin membuat laporan kejadian ke dalam tulisan…
    mohon sarannya …trims

  41. salam kenal kang Asep. kalau boleh tanya nih kang. kang Asep kan bekerja di BBC, apakah kang Asep bisa memberi masukan dimana bisa mendapatkan informasi scholarships training journalist di London?

    terima kasih sebelumnya🙂

  42. Pak asep…thanks buat tulisan2 dan info2 sbelumnya…mantep n menambah wawasan! hehe…
    Saya fresh graduate d3 komunikasi yang akan wisuda bulan depan. Saya sangat tertarik bekerja di dunia jurnalistik. Kalau ada lowongan jurnalis untuk fresh graduate seperti saya, tolong informasinya yah…thanks before…

  43. Blog tentang aktifitas journalis dari Bang Asep setiawan dituangkan ke dalam blog, Menarik, membuat saya (walaupun bukan pekerjaan utama) menuangkan tentang realita sesuatu yang sangat langka di daerah
    terima kasih

  44. Selamat sore dan salam kenal
    kepada bapak editor pengurus blok ini,perkenalkan nama saya Listya Anindita berusia 20 tahun pd bulan Juni mendatang,mahasiswa Akuntansi angkatan 2009 di Universitas Al-azhar Indonesia.
    saya sebelumnya minta maaf apabila bahasa saya mungkin berbelit-belit dan agak sulit dimengerti.
    yang saya ingin konsultasikan adalah, awal saya masuk kuliah di jurusan ini bukanlah atas kemauan saya, saya agak kurang berminat pada jurusan saya, minat saya dari awal adalah lebih ke bidang sastra,sejarah,arkeologi,hubungan internasional,hukum dan komunikasi. dan salah satu cita – cita saya dari dulu adalah menjadi jurnalis atau news reader. awalnya saya diterima di jurusan sastra perancis di Universitas Padjajaran, namun mama saya tidak mengizinkan karena letak kampusnya di bandung. sehingga akhirnya saya masuk di jurusan akuntansi. namun dengan seiring berjalannya waktu saya merasa bahwa kuliah yang saya jalankan adalah “bukan saya banget”. dan saya juga sudah mulai memikirkan bahwa nantinya pun saya tidak ingin bekerja di bidang akuntansi, yang saya ingin tanyakan apakah bisa dari latar belakang akuntansi menjadi seorang jurnalis ? sedangkan saya tidak memiliki basic dalam hal ini yang berkaitan dengan jurnalistik. jika masih memungkinkan, kira – kira hal apa yang harus saya lakukan untuk memulainya ?
    sekian surat yang saya tujukan, besar harapan saya mendapatkan jawaban yang bisa lebih memotivasi saya untuk mewujudkan apa yang sebenarnya saya inginkan. terimakasih banyak dan mohon maaf apabila surat saya kurang berkenan.

  45. Dear All, mohon maaf tidak terjawab semua pertanyaan Anda. Yang terakhir saja, jurnalis tidak selalu harus masuk jurnalistik. Kalau Anda senang ekonomi teruskan saja nanti kan bisa menjadi wartawan dan editor ekonomi. Yang penting Anda menguasai satu bidang ilmu dan kemudian selaraskan dengan kerja jurnalistik.

    Untuk kontak silahkan ke asepsetia at yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s