Memahami apa itu berita

Dalam setiap berita biasanya ada cerita di baliknya. Tidak semua cerita itu muncul dalam pemberitaan. Mungkin karena keterbatasan durasi atau halaman bisa juga karena kebijakan editorial.

Oleh sebab itulah dalam berita itu di belakangnya kadang terdapat rahasia yang tidak bisa diberitakan.

Berita sebenarnya bisa lahir dari tangan penulis atau jurnalis bukan semata-mata dari peristiwa. Dalam satu peristiwa setiap jurnalis dan media memiliki cara memberitakan yang berbeda. Kalimat dan sudut pandang juga berbeda meski hadir dalam peristiwa sama. Itulah mengapa berita sudah dikemas dengan berbagai sentuhan termasuk kebijakan editorial dan penyuntingan isinya.

Lalu apa berita yang dimuat di media massa itu ?

Definisi klasik adalah berita adalah semua yang tercetak dalam surat kabar atau media cetak. Juga semua yang ditayangkan dengan audio atau video juga disebut berita. Jadi dalam pandangan ini berita sebenarnya adalah peristiwa yang dilaporkan oleh media massa. Oleh sebab itulah maka setiap media massa memiliki sudut sendiri dalam melaporkan sebuah peristiwa.

Berita tidak semua peristiwa. Ini yang perlu dicamkan oleh seorang jurnalis. Banyak peristiwa yang terjadi tetapi tidak semua menjadi berita. Artinya bahwa banyak peristiwa terjadi setiap hari di sekeliling kita atau di dunia, namun media akan memiliki mana saja yang akan diberitakan dan dilaporkan. Dalam memilih apa yang akan dilaporkan inilah kemudian muncul kemampuan seorang jurnalis dan editor untuk menyaring apa yang layak di dengar, dibaca atau dilihat.

Sebuah definisi tentang berita yang dimuat Media Awarness menyebutkan bahwa:

News has two priorities: it must be current, and it must mean something to people. A story about the environment and a story about the Oscars can both be newsworthy, for different reasons.

Berita itu menyangkut sesuatu yang baru dan berarti bagi sebagian orang.

Sifat current, sedang terjadi merupakan pilar penting dari sebuah berita. Namun arti sedang terjadi bisa juga sebuah peringatan terhadap peristiwa sejarah.

Untuk lebih mendalam saya sertakan sebuah definisi news dari berbagai kalangan versi Newsmanual:

When a dog bites a man that is not news, but when a man bites a dog that is news.
Charles Anderson Dana, American journalist, 1819-1897

News is what somebody somewhere wants to suppress; all the rest is advertising.
Lord Northcliffe, British publisher 1865-1922

Well, news is anything that’s interesting, that relates to what’s happening in the world, what’s happening in areas of the culture that would be of interest to your audience.
Kurt Loder, American journalist, b. 1945

Put it before them briefly so they will read it, clearly so they will appreciate it, picturesquely so they will remember it and, above all, accurately so they will be guided by its light.
Joseph Pulitzer, American publisher, 1847-1911

News is anything that makes a reader say, `Gee Whiz’!
Arthur MacEwen, American editor,

No one says “Gee Whiz!” very much these days, of course, not even in America — both because that expression has long since been supplanted by others more colourful and less printable, and because our capacity for surprise has long since been dulled by a surfeit of sources.
Shashi Tharoor, Indian writer and diplomat, b. 1956

What you see is news, what you know is background, what you feel is opinion.
Lester Markel, American journalist, 1894-1977

It is hard news that catches readers. Features hold them.
Lord Northcliffe, British publisher 1865-1922

To a journalist, good news is often not news at all.
Phil Donahue, American entertainer, b. 1935

No news is good news.
Ludovic Halevy, French author, 1834-1908

[News is] a first rough draft of history.
Philip L. Graham, American publisher, 1915-1963

For most folks, no news is good news; for the press, good news is not news.
Gloria Borger, American journalist, b. 1952

The real news is bad news.
Marshall Mcluhan, Canadian communications theorist, 1911-1980

News is what a chap who doesn’t care much about anything wants to read. And it’s only news until he’s read it. After that it’s dead.
Evelyn Waugh, British author, 1903-1966

Good stories flow like honey but bad stories stick in the craw [gullet]. What is a bad story? It’s a story that cannot be absorbed in the first time of reading. It’s a story that leaves questions unanswered.
Arthur Christiansen, British newspaper editor, 1904-1963

Hard news really is hard. It sticks not in the craw but in the mind. It has an almost physical effect, causing fear, interest, laughter or shock.
Andrew Marr, British journalist, b. 1959

Never awake me when you have good news to announce, because with good news nothing presses; but when you have bad news, arouse me immediately, for then there is not an instant to be lost.
Napoleon Bonaparte, French Emperor, 1769-1821

Journalism consists largely in saying Lord Jones died to people who never knew Lord Jones was alive.
G.K. Chesterton, British writer, 1874-1936

News reports stand up as people, and people wither into editorials. Clichés walk around on two legs while men are having theirs shot off.
Karl Kraus, Austrian satirist, 1874-1936

A master passion is the love of news.
George Crabbe, British poet, 1754-1832

Reblog this post [with Zemanta]
About these ads

25 gagasan untuk “Memahami apa itu berita

  1. Jurnalistik itu bahasa populernya kan wartawan. Tugas wartawan itu kalau menyimak Bung Karno “penyambung lidah rakyat”. Jurnal itu kan seperti laporan harian dan biasanya seorang yang bergerak di bidang jurnalistik melaporkan harian kejadian di sekelilingnya.

  2. haloo ma, bung atau siapapun nama anda. saya wartawan kelas teri. terang saya bilang demikian, karena otak saya terganggu dengan diskripsi dan narasi yang anda tuangkan ke dalam penjelasan diatas.sebagai seorang senior tentu anda lebih memahami kode etik, nurani dan nilai agama. apa yang anda sajikan apa yang dimaskdud dengan pemahaman berita kayaknya anda justru menyesatkan orang banyak. mengapa anda setega itu nurani anda. atau anda tidak mengenal dunia jurnalistik. kalo anda ingin memberikan ilmu kepada orang jgn setengah-setengah gitu dong. ahkirnya sayapun dapat merendahkan kepribadian anda. kenapa anda enggak terangkan apa itu ruang lingkup ilmu jurnalistik beserta apa yg dimaksud karya jurnalistik. Kalo loe udah terangkan ruang lingkup ilmu jurnalistik, orang juga akan tau. kemudian apa itu berita dan berita mana yg layak bernilai dan layak jual. LOE WARTAWAN SOK tau atau memang tidak tau.

  3. Terima kasih Bung Daus atas komentarnya. Seperti di dalam kolom keterangan diri di blog ini, nama saya Asep Setiawan sekarang tinggal di London.

    Tentu kalau penjelasan mendalam mengenai apa itu jurnalistik bisa panjang lebar. Kolom ini mungkin tidak cukup. Barangkali perlu kuliah di jurusan jurnalistik selama lima tahun untuk mengenalnya.

    Barangkali istilah jurnalistik yang saya jelaskan lebih bernada praktis. Artinya, tugas jurnalistik bisa berbentuk peliputan acara terjadwal, peliputan peristiwa seperti banjir atau peristiwa perang.

    Hasilnya tidak semua karya liputan jurnalistik itu bisa ditayangkan langsung oleh media karena berbagai pertimbangan. Oleh sebab itulah sebuah karya jurnalistik yang bisa disebut berita di dalam media cetak tidak selalu mencerminkan apa yang sebenarnya terjadi. Pengalaman wartawan dan kebijakan editorial menghendaki sebuah media mengambil sikap tertentu dalam memperlakukan berita. Misalnya apakah akan dibuat headline atau berita biasa.

    Kalau mengenai wawasan teoritis apa itu jurnalistik dan apa karya jurnalistik, mungkin perlu dibahas dalam tulisan lain.

  4. Bang Asep, saya mahasiswi jurnalistik di salah satu PTN di Bandung. Tolong beritahu saya dong ruang lingkup jurnalistik itu apa aja? dan tolong jelaskan

  5. mas, tolongin saya donk! saya mau nanyak nih… apasih pengertian berita dan unsur-unsur berita itu? tolong ya mas, please!

  6. mas, saya baru banget di dunia jurnalis
    saya ingin tahu tentang jurnalis, berita, dan hal yang bersangkutan dengan jurnalis
    tolong jelasin ya mas.
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  7. Mas, saya seorang dosen Jurnalistik di salah satu kota kecil di Sumatra, Jambi. Meski saya pernah kuliah di Jogja tapi karena kesibukan saya, maka saya ga sempat untuk mencari referensi terbaru tentang ilmu ini. Saya juga sempat menjadi wartawan sekitar 2 tahunan di salah satu media lokal… Bisa tolongin saya ndak mas?? makasih sebelumnya…

  8. Nama Gw dhewy,gw masih sekoLah 3SMA IPS di jakarta,lulus nanti thn.2008 gw mau kuliah yang insya allah mau ambil jur.Jurnalistik,tolong donx kasih tau gw secara detail apa jurnalistik itu?pLiiizZz..Sebelumnya thanx banget yach!!

  9. saya sangat tertarik dengan dunia jurnalist…saya mw nanya gmana c dunia jurnalis,tentang jurnalis dh mas?soalna saya gy bnu mw masuk jurnalis apa broadcast!!saya sanagt tertarik!!

  10. Berita yang dapat dipercaya harus mengandung 5w 1H yaitu What, Where, Who, When, Why dan How.. Jadi kalau anda tidak menemukan unsur unsur itu.. jangan percaya kalau itu berita. Sebuah berita / kejadian akan menjadi menjadi OPINI ditangan pengamat. dan bahkan oleh seorang seniman akan menjadi Novel bahkan Film.
    jadi gampang aja khan.

  11. Sorang Jurnalistik akan peka terhadap analisis berita. Mereka akan selalu menghubungkan dari hal yang satu dengan yang lain. Tugas seorang Jurnalistik adalah menyangkut hati Nurani. kalau Anda Tidak Punya Hatinurani.. Kamu bukan JURNALISTIK.

  12. Salam!

    Saya kurang sepakat dengan “berita lahir dari tangan penulis.” Sebab, berita tak tumbuh di ruang hampa. Ia ada karena persitiwa yang mendahuluinya.

    Bayi lahir karena cinta bersemi di kedalaman sanubari orangtuanya. Daus kalap dengan tulisan Anda karena dia tak puas atas penjelasan Anda soal jurnalistik. Lagu ‘Tak Gendong ke mana-mana disenandungkan banyak orang karena (alm) Mbah Surip melantunkannya dengan cara yang amat atraktif.

    Semua ada karena sesuatu yang mendahuluinya. begitu pun berita; ada karena peristiwa yang mendahuluinya. Sedangkan tangan penulis yang menoreh tinta di kertas, hanyalah perantara…

    Salam!

  13. Penting memisahkan antara “penulis” dan peristiwa.” Sebab jika keduanya bercampur-aduk akan sulit memilah antara fakta dan opini. Padahal berita cuma menulis fakta. Sementara opini adalah perkara lain yang sama sekali tak ada dalam berita.

    Jika Anda berpandangan “peristiwa cuma membantu melahirkan berita” dan “berita lahir dari tangan penulis,” maka Anda sudah mengaduk-aduk antara fakta dan opini.

    Peristiwa adalah fakta. Sedangkan penulis yang menjembatani peristiwa dan berita, kerap sukar menghindari opini. Setidaknya ‘kesan’ penulis atas sebuah peristiwa, bisa jadi lebih kental opini ketimbang fakta.

    Jadi, persitiwa-lah muasal sebuah berita. Bukan penulisnya…

  14. mas.
    mohon bantuaanya..untuk mengulas mengenai berita utama?pengertian berita utama,lalu kriteria berita yang dapat dijadikan berita utama?

    mohon dbalas
    thanks ya ^_^

  15. barangkali perlu dibedakan tentang jurnalistik, jurnalisme, dan jurnalis agar tidak rancu. Jurnalistik itu bidang kejurnalistikan, jurnalisme itu bidang pekerjaan, jurnalis adalah orang yang berkecimpung dalam dunia jurnalistik. wartawan adalah seorang jurnalis. tetang pengertian berita, kita tidak bisa mematok satu pengertian berita. semua pengertian di atas benar, menurut saya berita adalah laporan baik lisan maupun tertulis tentang suatu peristiwa atau kejadian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s