TUJUH PERAN PRODUCER TELEVISI BERITA

Produser yang handal (power producer) memiliki beberapa karakter yang sama karena mereka menyadari tuntutan produksi televisi berita. Produksi televisi berkaitan dengan peran berbeda dalam menciptakan dan menjalankan program berita. Setiap tugas produser terkait dengan satu dari tujuh peran dasar produser.
1. Jurnalis
Produser handal adalah jurnalis dan reporter andalan. Mereka memiliki dorongan profesional untuk menyampaikan pandangan mereka mengenai dunia kepada audiens. Produser di tingkat ini seperti reporter memiliki kontak dengan nara sumber berita dan berbagai komunitas. Sebagai seorang  jurnalis produser handal mempersembahkan laporan yang akurat, adil dan berimbang. Mereka memperlihatkan peran ini dalam rundown dan laporan yang mendalam.
2. Penulis naskah berita
Produser handal merupakan penulis naskah berita yang mumpuni. Mereka menulis untuk didengarkan oleh telinga dan memahami penyelarasannya dengan video, suara dan kata-kata untuk merangkai laporan.
3. Ahli dalam produksi
Produser handal menguasai mekanisme dan pertunjukkan televisi. Apa ciri-cirinya? Mereka memeriksa rundown dan menyadari dalam naskah berita di dalamnya ada yang luput, mengetahui berapa lama proses editing video dan mampu bagaimana mengendalikan proses produksi yang kompleks. Jika kita tidak terbiasa dengan teknis produksi akan sulit menjadi produser yang handal.
4. Penulis bidang promosi
Menulis naskah yang membuat pemirsa terpana dan membuat mereka tetap menonton sampai selesai merupakan bagian yang perlu diketahui dalam bidang promosi. Produser handal mengetahui pentingnya membujuk penonton dan bagaimana tugas harian ini terkait dengan bagian promosi dan marketing. Namun mereka juga tahu bahwa promosi yang baik adalah akurat secara jurnalistik dan tidak menyesatkan audiens.
5. Pemimpin sebuah tim
Meskipun memimpin sebuah tim bukan bagian dari deskripsi pekerjaan, kepemimpinan penting untuk mengembangkan seorang produser handal. Seorang produser yang handal memimpin sebuah tim. Dia menyatukan puluhan orang dari berbagai departemen untuk menayangkan sebuah program. Produser handal mampu memanfaatkan sisi terbaik bidang lain untuk timnya. Ini berarti bekerja sama dengan sikap saling menghargai dan menciptakan lingkungan yang positif.
6. Peneliti
Bagaimana kita berkomunikasi dengan audiens jika kita tidak memahami bagaimana mereka hidup dan apa yang mereka harapkan dari berita televisi? Agar berhasil menyajikan berita yang dibutuhkan audiens kita harus memiliki bayangan secara akurat tentang pemirsa kita. Ini sesuatu yang tidak mudah namun kita perlu untuk melakukan kajian soal audiens kita.
7. Tahu hukum dan etika
Seorang produser yang handal memiliki pengetahuan berita mana yang dapat menimbulkan masalah hukum dan berita apa yang dapat menimbulkan masalah etika yang bisa mempermalukan stasiun televisi kita dan merusak kredibilitasnya.
Disarikan dari  Power Producer by Dow Smith, Senin (16/4/12)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s