Television Market and Community

Faktor besar yang menentukan berita apa yang akan muncul di stasiun televisi kita tergantung pasar dan audiensnya. Karena setiap pasar dan komunitasnya berbeda maka pilihan terhadap beritanya oleh seorang produser akan berbeda. Dan karena berbeda, maka produser yang handal akan selalu belajar mengenai pasar dan komunitasnya.

Pahami dimana kita hidup dan bekerja

Setiap produser seperti dalam sebuah studi di Amerika Serikat bertahan di sebuah stasiun TV selama 2,5 tahun. Seorang produser kadang bertahan tidak lama karena perubahan program.

Untuk menghindari matinya karir kita maka ketahuilah pasar yang baru dengan cepat. Kembangkan rencana dan jadwal untuk mempelajari pasar sebagai bagian dari pekerjaan kita. Langkah ini merupakan investasi untuk sukses kita di sebuah stasiun televisi dan modal untuk menjadi produser handal.

Apa pasar (market)  itu ?

Sebelu mengetahui pasar perlu dibedakan antara pasar dan komunitas.

Kata “pasar” (market) merupakan peristilahan pertelevisian. Istilah ini merujuk kepada satu kluster wilayah dimana siaran televisi dipancarkan. Nielsen Media Research menyebutnya DMA atau Designated Market Area. 

Komunitas (community) berarti sebuah kota atau kelompok masyarakat yang memiliki kesamaan mengenai tempat mereka tinggal. Untuk memahami audiens kita maka istilah komunitas lebih mudah dipahami.

Dalam televisi berita kita dipaksa untuk berhadapan dengan istilah pasar dan komunitas. Stasiun televisi kita memasang iklan berdasarkan sebuah pasar sehinga sukses kita sebagai produser didasarkan pada kemampuan untuk menentukan rating di pasar secara keseluruhan.

Untuk membuat keputusan pemilihan berita (news judgement) dan bobot berita maka mengetahui komunitas merupakan sesuatu yang penting. Sebagai produser kita bertanya kepada diri sendiri seperti : Apakah seseorang di luar kita peduli akan berita ini? atau Apakah berita ini begitu kuat sehinga setiap orang di pasar kita akan tertarik?

Lalu apa yang penting dalam sebuah berita? Setiap produser aka menghadapi masalah sama. Di pasar manapun, memproduksi sebuah berita hampir tidak mungkin untuk memuaskan semua orang. 

Bagaimana kaitan antara pasar dan audiens?

Karakter dari pasar televsi kita akan membentuk setiap berita apakah berita kriminal, spot, politik, ekonomi atau lingkungan. Dalam menentukan apa yang diliput, bagaimana meliputnya dan bagaimana menayangkannya maka keunikan audiens merupakan faktor menentukan.

Produser berbeda dengan audiens

Mengetahui audiens kita merupakan tantangan yang sulit. Kita berbeda dengan pemirsa kita. Pengalaman hidup kita, minat dan kepedulian berbeda dengan audiens kita.

Produser kadang lebih muda dan berpendidikan. Sedangkan pemirsa kadang berusia lebih tua dan berpenghasilan lebih rendah. Sebagian pemirsa mungkin dari kelompok minoritas, mungkin sudah berkeluarga, sudah memiliki anak dan memiliki KPR. Bahkan mungkin audiens lebih konservatif dari produser.

Bagaimana mempelajari market dan audiens kita

Jika kita mempelajari market dengan cepat tetapi sistematis kita mampu menguji asumsi kita berdasarkan pengalaman pribadi. 

Selain itu untuk mempelajari pasar maka kita bisa membaca surat kabar, membeli sebuah buku mengenai kawasan dimana pasar kita berada, membeli peta, menjelajah internet, meminta bantuan pengusaha, menjelajah kota, terlibat dalam kegiatan sosial atau menjadi relawan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s