Power of Beckham’s Brand

BeckhamApa yang Anda bayangkan dengan honor £ 500 ribu per minggu ? Itulah transfer David Beckham dari Real Madrid di Spanyol menuju Los Angeles Galaxy. Pemain bola asal Inggris berusia 31 tahun ini mendapatkan kontrak lima tahun dengan nilai £ 128 juta, sebuah nilai yang tinggi dalam sejarah olahraga.

Menjelang perpindahan itu media Inggris berspekulasi mengenai terpuruknya Beckham kelahiran Leytenstone di London Timur ini sesudah tiga tahun mendekam bersama namab-nama besar seperti Zidane di Real Madrid. Sejumlah koran melecehkan masa depan Bekcham sesudah “disingkirkan” oleh pelatih Inggris dari tim nasional.

Berita olahrawagan terkenal apalagi sudah menjadi selebriti merupakan salah satu perhatian media. Beckham adalah nama yang menjual. Kekuatannya tidak hanya terletak dalam kepiawaiannya menendang dan menyundul bola tetapi juga tampil gaya dan trendi. Nama Beckham tidak hanya sepakbola tetapi juga iklan, cindera mata dan berbagai suvenir lainnya.

Bagi media ini adalah peluang untuk meningkatkan oplah dan menyedot penonton atau pendengar. Namanya sudah cukup untuk membuat banyak orang ingin tahu. Meski mantan kapten tim nasional Inggris ini bukan lagi idola tetapi masih laku untuk dijual. Media massa pun terutama di Inggris habis-habisan menulis mengenai Beckham bahkan sampai rumahnya di kawasan elit Hollywood yang bertetangga dengan Tom Cruise.

Di dunia jurnalistik, salah satu satu pilar menulis berita adalah nama. Nama orang jika memang sangat menarik ucapan, perilaku dan penampilannya maka dialah menjadi ikon berita.  Saya teringat ketika Gus Dur menjadi presiden, hari Jumat adalah hari yang ditunggu untuk mendapatkan berita menarik. Sesudah Jumatan adalah makanan empuk untuk menanyakan berbagai hal kepada Gus Dur yang dengan senang hati menjawabnya.

Kekuatan Beckham tidak hanya bersifat nasional tetapi sudah menjadi global brand, menjadi perhatian desa dunia. Televisi, radio, surat kabar, majalah dan bahkan internet memuat berbagai sisi dari kehidupan dia. Inilah salah satu hal yang perlu dipelajari dalam peliputan bahwa nama membawa berita. Tidak hanya berita kecil satu kolom atau hanya beberapa detik tapi bisa merupakan laporan lengkap bahkan kalau perlu langsung mengirim ke Los Angeles tim wartawan musim panas nanti untuk menyaksikan langsung Beckham memainkan bola bersama tim barunya.

10 thoughts on “Power of Beckham’s Brand

  1. beckham mang w bgt,,
    gak perduli org bilang beckham gimana’
    yg penting w tw kalo beckham ntu mank w bgt…
    kalau w di suruh ketemu dia,
    w bakal relain paan jach supja bisa ketemu dia.

  2. saya sangat senang dengan david beckam dengan umpan crossingnya dan tendangan bebasnya,……………………?

    tapi kalau untuk fisik dan tenaga saya rasa sudah berkurang ,maklum sudah tua……..? tapi untuk pengalaman ………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s