Banyak membaca kolom dan budaya

Salah satu kiat jika kita meliput ke sebuah negara apalagi dalam waktu singkat, datanglah ke toko buku kemudian cari buku-buku tentang kebudayaan serta buku mengenai kolom di surat kabar.

Banyak hal dalam buku tulisan kolom seorang pengamat memberikan latar belakang penting bagi sebuah peristiwa. Ketika saya datang ke Manila, saya menembukan sebuah buku kumpulan tulisan yang menarik dari segi budaya, politik dan ekonomi yang banyak menjelaskan mengenai kebiasaan, masalah dan berbagai aspek yang tidak terungkap dalam berita sehari-hari.

Buku-buku tersebut sangat mudah diperoleh di sebuah negara yang  memang gemar menulis. Tidak hanya membantu tetapi juga bisa memberikan perspektif lebih dalam daripada membaca buku standar mengenai politik atau ekonomi sebuah negara.

Kadang-kadang cerita-ceritanya lucu dan memberikan warna mengenai budaya sebuah bangsa termasuk dalam kegiatan politik.

Di Inggris buku seperti ini banyak. Yang bisa dijelaskan misalnya apa sih bedanya Partai Buruh dan Konservatif. Lalu siapa saja konstituen utamanya serta bagaimana mereka bisa menyajikan program yang berbeda meski secara ideologis tidak berseberangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s