Selintas Jalur Gaza

Jalur Gaza adalah sepetak tanah tandus Palestina yang berada di ujung dekat perbatasan Mesir. Tandusnya Jalur Gaza dengan Gaza City sebagai ibu kotanya sangat kontras dengan daerah seputar Jerusalem yang luar biasa suburnya. Kebun anggur, jeruk dan kurma merupakan andalan dari daerah Jerusalem dan sekitarnya.

Tidak mengherankan ketika tahun 1995 berkunjung ke sana, Israel membiarkan daerah ini menjadi ibu kota dari Palestina.  Di kota Gaza inilah terdapat istana sederhana dari Presiden Arafat yang saat itu baru terpilih.

Suasan saat itu kumuh. Rumah berdempetan tidak seperti di ibu kota negara lainnya. Gaza City bagaikan kampung besar saat itu.

Di pasar campuran antara dokar, mobil, motor dan kendaraan lainnya campur aduk. Pasar yang merupakan aktivitas utama penduduk Gaza City juga terlihat padat dan tidak teratur. Kesan semrawut barangkali lebih tepat untuk menjelaskan suasana itu.

Jika kita memasuki Jalur Gaza dari Israel kita akan melewati daerah kosong antar dua pos pemeriksaan. Kita diharuskan berjalan melewati daerah tidak bertuan antar dua pos pemeriksaan. Saat berjalan membelakangi pos tentara Israel terpikir apakah bisa kembali lagi masuk Jerusalem. Di tengah terik pun kita harus berjalan tidak peduli siapa dia.

Barulah saat masuk ke pos perbatasan suasana lebih terasa dekat meski pemeriksaan tetap ketat.

Jalur Gaza ini mendapat gempuran dari Israel. Daerah miskin dan sulit ini semakin menderita karena tekanan militer Israel sekarang ini. Jalur Gaza menjadi arena berbahaya bagi kalangan jurnalis sekaligus menarik untuk tugas liputan.

86 thoughts on “Selintas Jalur Gaza

  1. Artikel Menarik..
    Bagi yang mengklaim dirinya adalah jihat-ers silahkan ke jalur gaza. jangan hanya bisa membom negeri sendiri. untuk kasus israel-palestina, allah menguji apakah “kita” yang katanya umat pembela muslim sedunia, mau mengorbankan jiwa dan raga untuk jiwa-jiwa tertindas di palestina….

  2. Palestin tak cukup hanya diberi empati.
    ringankan tangan, sumbangan kita dperlukan mereka.
    Alhamdulillah teman2 MER-C akan segera berangkat.
    ayo jangan omong doang, buktikan kita peduli

  3. ini bukan saatnya saling menuding dan menghakimi satu sama lain. yang perlu kita lakukan sekarang adalah buat sesuatu semampu kita untuk membantu Palestina yang sedang menangis. jangan sebatas mengkritik, mengutuk, berdemonstrasi. Baasssiiiii. semua itu tidak menyelesaikan konflik, yang ada malah memicu bibit masalah baru. kita bantu mereka sebagai saudara kita yang sedang menderita, jangan karena “yang lain”…

  4. tanggapan dina ok banget,kita tidak pernah sepakat dengan adanya suatu pembunuhan yang dilakukan oleh israel itu terhadap umat manusia yang ada dipalestina. penderitaan yang berkepanjangan yang dialami oleh penduduk gaza sangat amat memprihatinkan sekali. tapi apa yang telah dilakukan oleh umat di indonesia yang mayoritas islam ini kenapa kita hanya bisa mengirim 2m yang seharusnya bisa lebih dari itu.

  5. Ya Allah… tempat2 bersujud kepada-Mu telah mereka (red=israel Laknat) hancurkan… tidakkah Engkau Marah…
    Tunjukkan Kekuasaan-Mu……….
    Tunjukkan keagungan-Mu………
    Hancurkan Israel dan Sekutu2nya dari muka bumi ini…
    Aku akan selalu berdoa untuk mu Palestina…

  6. ALLAH SWT Maha tahu… Jika sebagai saudara Muslim kita Tidak Mampu memberi bantuan Tenaga atau Nyawa, setidak tidak nya kita bantu dengan HARTA BENDA dan sekurang kurang – nya kita bantu dengan DOA ICHLAS kepada ALLAH SWT agar kepada Bangsa Palestina diberi kekuatan dan Keta bahan lahir Bathin dan mendapatkan Mugjizat. dan Kepada Zeonist Israel diberi kutukan/Laknatullah……… Tiada yang Mustahil bagi ALLAH SWT.

  7. tapi kok kayaknya israel gak bisa berhenti nyerang yaaa??

    jangan2 mereka robot….

    masak gak kasian sih ma kehidupan….

    wanita dan anak- anak lagi….

    Tuhan ampuni mereka…

  8. Israel negara yang kejam. sebagai bangsa mereka tidak mempunyai perikemanusiaan. Kalau saya mampu ingin rasanya punya sejuta sayap, sejuta nyawa, dan sejuta senjata…..akan saya bantu rakyat tak berdosa di palestina dan saya bela anak-anak yang menderita dengan membungkam misil-bom dan pesawat tempur israel

  9. minyak di jazirah arab dieksploitasi habis-habisan oleh amerika(agar habis), sedangkan di benua amerika banyak tersimpan minyak. nantinya minyak itu akan dipake untuk mengontrol dunia

  10. SEHARUSNYA latar belakang kita berempati pada warga palestina perlu diperbaiki dan perlu diluruskan.. Kita HARUS kasihan, berempati dan membantu mereka dengan alasan bahwa mereka adalah makhluk ciptaan Tuhan yang sama mulianya dengan kita. Karena manusia adalah makhluk paling mulia yang diciptakan secitra dengan Tuhan. Bila kita tidak mengasihani (apalagi menganiaya) sesama manusia berarti kita tidak menghormati Penciptanya..
    Sungguh tidak beradablah kita..

    Jadi, jangan mengasihani dan membantu orang karna dilatarbelakangi oleh adanya persamaan baik ras, agama, tujuan, dll.. Apalah upah kita??? Pembunuh aja menolong teman mereka sesama pembunuh.. Kita harus menolong sesama karena dilandasi oleh rasa cinta kita yang tulus pada sesama dan Penciptanya, Tuhan kita yang satu.. Tuhan YME.. BUKAN KARENA PERSAMAAN KITA DENGANNYA.

    Mohon maaf bila perkataan sy terasa menggurui.. Ini hanya sebagian dari pendapat dan perasaan saya yang sering merasa miris melihat kita semakin membenci satu sama lain. Membuat kita semakin fanatik dengan kelompok kita saja.. Sehingga merasa bahwa manusia lain di luar kelompoknya adalah biadap..

  11. Mungkin bagi Israel & Palestina bahwa perang itu sudah menjadi tradisi buat mereka.Tapi alangkah murkanya sang pencipta manusia melihat CiptaanNYA saling membunuh.Aku juga gak ngerti kenapa seperti itu yang harus terjadi.

  12. kata2 yang mungkin bsa q smpaikan adalah bagaimana cara dunia melhirkan per damaian bagi gaza dan pihak tyang terkait di dalamnya…..terutama the fuckest israel……

  13. Ada kejanggalan2 yg saya dapatkan di Google Map…..!

    Coba ketik “Gaza”, maka hasilnya adalah Gaza, ISRAEL. Artinya Gaza sudah dicaplok Israel.

    Sedangkan kalo diketik “Palestina” / “Palestina” maka yang ketemu Palestine, TEXAS dan Palestina, COLUMBIA. Artinya negara Palestina sudah tidak diakui/dianggap hilang.

    —————————————————————————
    Saya prihatin dengan bangsa sekecil palestina dengan mudah dimusnahkan oleh rezim Israel yg tersebar di seluruh dunia dan memegang kekuasaan.

  14. Israel bangsa yang sebentar lagi akan dihancurkan sebagaimana bangsa sodom yang telah ditenggelamkan di laut mati, tunggu tentara Allah akan meluluhlantakkan. Yaa Allah kuatkan hati saudara2 kami. hancurkan musuh-Mu (israel “kafir” yahudi) Allahu akbar

  15. peperangan di jalur gaza jangan sampai dikaitkan mslh agama. Menurut hemat sya, banyak terdpat muatan politik dan kepentingan golongan maupun pribadi. Cobalah bapak/ibu atau kita semua berupaya untuk mengakhiri kejadian tersebut. Dan jangan sampai kita2 memperkeruh suasana. Tuhan Yang Maha Esa selalu berpihak kepada umatnya yang cinta damai!!!

  16. Kalau orang islam diserang seharusnya kita bantu membela, karena terhalang sama jarak yang cukup jauh maka kita berdo’a saja supaya cepat selesai dan allah pasti menghukum orang yahudi

  17. Jangan JIHAT jauh-jauh, jihat di Negeri sendiri tidak Bisa. Malu DONG. Omong Besar, Tong KOSONG, KATAK dalam TEMPURUNg.
    Mengutuk negeri Orang cepat sekali, Kutuk Negeri sendiri tidak Mau.
    Beri Pendapat selalu Selalu PERANG

    Teroris di NEGERI sendiri aja tidak Bisa di ATASI, GEMPA di PAPUA Minimin BANTUAN. Kelaparan & Kekurangan yang ada.

    Ayoo bantu bantu di NEgeri Sendiri, selesaikan setiap masalah yang timbul.

  18. HALO HALO SEMUA, SAYA DENGAR PERANGMYA SUDAH USAI. ISTIRAHAT MAKAN ATAU……….! cuiiiiiiiit dummmm…. lha kok perang lagi. stop war stop war stop war stop war stop war stop war

  19. Bagi yang mengaku beragama Islam sebaiknya jangan langsung meng-klaim bahwa krisis di gaza adalah krisis antar agama.

    Al-Qur’an (saya tidak mengatakan Islam), sama sekali tidak mengijinkan adanya kerusakan di muka bumi. tidak hanya kerusakan fisik, tapi juga kerusakan hubungan baik, persaudaraaan, kerjasama dll. Berarti Al Qur’an tidak mengijinkan untuk merusak dan mengutuk perusaknya, siapapun dia.

    Al-Qur’an untuk semua orang di bumi (bukan hanya untuk orang Islam). Apabila ada orang/sekelompok orang yang tidak menyukai AL-Qur’an, jangan salahkan mereka, jangan musuhi mereka, tetapi berbelas kasihanlah kepada mereka. Orang Islam sebaiknya introspeksi, sudahkah “berdakwah” kepada mereka? bagaimana cara “berdakwahnya”? berapa kali dan berapa lama “berdakwah” kepada mereka?

    Misi/perjuangan Nabi Muhammad S.A.W. belum berhasil, karena baru +- seperlima manusia di bumi yang mengakui Al Qur’an sebagai way of life-nya. Untuk melanjutkannya dibebankan kepada orang-orang yang telah mengakui Al Qur’an sebagai “manual book” manusia di bumi.

    Jika Al Qur’an telah menjadi way of life semua manusia di bumi, maka tidak akan ada yang “sengsara” di bumi ini, bumi akan langgeng dan menjadi surga bagi semua manusia yang hidup di atasnya. Semoga tidak terlambat.

    Selamat berjuang.

  20. Untuk saudaraku silahisabungan………………………………..

    untukmengetahuinya tolong pelajarai sejarah orang2 israel mulai dari nabi Ibrohim sampai dia berdiri / merebut tanah palestine. dan sejarah mengapa orang2 yahudi selalu diusir dari belahan dunia ini……ex: oleh nazzi

  21. serangan israel ke gaza akan membentuk anak2 gaza (Palestine) menjadi lebih kuat dari Hamas suatu saat nanti.

    siap2lah israel!!! kau akan memanen apa yang kau tanam

    Hacker Indonesia Menyatakan perang dengan israel

  22. Teruslah berjuang rakyat Palestina…………kami mendo’akanMu …..hancurkan jionis-jionis israel …….. yakinlah bahwa kebenaran pasti akan menang…………. semoga Allah selalu melindungi rakyat Palestina amin.

  23. Apapun yang terjadi … tetap majulah dan jangan percaya sama iblis yahudi … ! Ya Allah berikanlan kekuatan fisik dan mental kepada para muhajiddin di palestina … amin.

  24. israel itu adalah bangsa yang congkak yang di kutuk oleh Tuhan YME, dan sulit untuk di basmi dari sejak jaman nazi sampai sekarang yang namanya orang yahudi itu tidak habis karena apa, dia sedang mencari negerinya kelak jika negeri asli dia diketemukan maka katanya danau yang ada di wilayah yordan itu makin susut airnya dan habis maka dari orang-orang terkutuk itulah lahir dazal yang akan merusak dunia, semua akan kena imbasnya atas kemrazalelaan tersebut dan nanti israel dan amerika juga negara-negara yang congkak akan hancur setelah turunnya imam mahdi dan di lanjutkan dengan turun Nabi Isa as. dari menara mesjid putih sebelah timur negara siria katanya wowlloh alam.

  25. KENAPA SAUDARA – SAUDARA KITA YANG BERADA DI NEGARA ARAB SANA HANYA BISA DIAM DAN TIDAK MELAKUKAN APA – APA..!!!???????????
    KALI AJA MEREKA ITU ANTEK – ENTEK ZIONIS YA……!!!!!!
    BUMI HANGUSKAN AJA DENGAN MEREKA….!!!!!
    SAMA JUGA SAUDARA KITA DI INDONESIA, WAHABI, SALAFI CS.. KOK MEREKA CUMA BISA DIAM DAN HANYA MENYARANKAN KITA BERDOA TANPA MELAKUKAN TINDAKAN APAPUN. MUNGKIN AJA MEREKA ITU MATI RASA ATAU APALAHHHH…..!!!
    SEDANGKAN KITA TAU DITEGAKAN ISLAM ITU BUKAN HANYA DENGAN DOA TAPI DI BARENGI DENGAN TINDAKAN (JIHAD) DI JALAN ALLAH SWT.

    BUMI HANGUSKAN Z I O N I S DAN ANTEK – ANTEKNYA…….!!!!
    MERDEKA…..!!!!!!!
    TEGAKAN AJARAN NABI DAN AHLUL BAIT NYA..!!!! JANGAN PERNA TAKUT HADAPI SETAN – SETAN YANG MENGHADANG…!!!!

  26. Serangan israel ke Palestina adalah upaya menutupi rasa malu kaum zionis yg ternyata selama ini menempati tanah yg bukan untuk mereka tidak juga untuk nenek moyangnya karna zionis sendiri tidak punya sejarah zionis adalah sekelompok orang dari kalangan rendah yg terdampar di negri itu dan mengaku sebagai pemilik tanah israel kasihan skali ya…di Alquran ngga disebut-sebut adanya zionis begitupun di kitab injil trus mereka dari mana yaa…. ? jadi sudah jelas mana yg sebenarnya harus diusir dari Israel dan Palestina.gimana kalau diusulkan ke PBB ? Biar zionis tau diri …

  27. Sudah lah, jangan diusik-usik lagi tentang jalur Gaza (Israel v Palestina) sekarang sudah gencatan senjata yang terpenting yang salah pasti dihukum sang pencipta. Takut Israel ngamuk lagi habis lah kita. Belum mau mati nie….. yang penting damai…damai….damai dan mari kita maknai tahun Kerbau (2009) berjuanglah untuk mendapat rezeki yang halal.

  28. kalo mau hancurkan israel gampang kok boikot produk semua negara yang dukung israel ,sekarang kan komunikassi buat jaringan keberbagai negara bila perlu bentuk semacam organisasi. lawan yahudi harus pakai otak jangan pakai kayu insa Allah berhasil

  29. kalo mau hancurkan israel gampang kok boikot produk semua negara yang dukung israel ,sekarang kan komunikassi buat jaringan keberbagai negara bila perlu bentuk semacam organisasi. lawan yahudi harus pakai otak jangan pakai kayu insa Allah berhasil

  30. JIka kita perlu berpihak, maka landasan saya adalah mana yang sedang menderita, dan apa yang kita bisa lakukan untuk mereka. Saya sependapat dengan marina… dan jika harus menghukum sang penindas biarlah penghakiman Allah yang berlaku… agar tidak memperlebar perang yang terjadi di jalur gaza.

  31. mau memboikot malah terboikot……contohnya , kita klenger karena produk kita tidak dibeli oleh amerika, pengangguran berlipat lipat. harus tahulah kita negara miskin. Miaskin kok sombong.

  32. Israel….menang….hidup israel….dasar ga tau malu Israel .ngelawan orang sipil palestina,Ibu – ibu,Anak-anak aja ngakunya menang perang…gak ada dari sono nya coy.yang namanya menang perang itu harus membela kebenaran…coy. buat zionis israel mendingan kalian ngaca deh…kalo gak punya kaca di comberann tuh ngacanya…percayalah iblis akan slalu bersamamu wahai israel…..

  33. Mari saudara2 sekalian kita doakan saudara di Palestina ;

    1. Palestina jadi negeri penuh hidayah Allah bagi yg menginjakkan kaki nya di sana siapapun manusianya.

    2. Palestina menjadi negeri yg penuh barokah & terpelihara.

    3. jadikan siapa pun orang yg hidup dinegeri itu cinta kepada Allah & Rasul SAW.

    Amin ya robal alamin.

  34. israel negara yanag mempunyai adm yg paling luar biasa di dunia jadi jangan coba-coba cari masalah pasti kan menyesal.
    tidak ada 1negara yg biosa melawan israel karna MEREKA umat pililhan TUHAN dan sampai kapan pun israel tak kan terkalahkan…..
    saya mengimbau jangan ada yang menghina atau memaki israel karna jika mereka marah maka kita tidak akan bisa melawan nya,ini adalah fakta yg harus kita terima…….

  35. sy bkn jurnalis ato apa,cuma suka mengintip&pgn tau perkembngn sospol,ekonomi ato maslh2 yg terjd di planet ini..

    smua agama didunia ini mengajar kan qta untuk tdk membunuh&Tuhan mengutuk peperangan krn perang bukan lah jln keluar untuk suatu maslh,perang hny akan menyisakan,darah,air mata&dendam..

    sy cuma mengajak tmn2 smua untuk intropeksi diri,tidak ada ajarn Tuhan yg mengajar kan untuk berperang,membunuh untuk kepentingn sesuatu yg sifatnya bls dendam..sudah saatnya qta menghentikan sgala kesombongan diri,krn kaum minoritas jg sama,pny tempt&kedudukan yg seimbang di mata Tuhan..

    dan perang di israel,enggak mutlak krn agama,disana ada jg orang2 yang sama dgn israel tp ada diantr org2 plestina..

    smoga energi positif datang dr sgala arah..cheeerrrz..

  36. Allah SWT tidak tidur….Maha segalanya….Warga Palestina bersabarlah….Allah SWT Maha Mengetahui….Suatu saat kelak Azab akan datang untuk orang Yahudi yang sesat….Pasrahkan kepada Allah SWT….Tuhan Maha Bijaksana….

  37. Ha..ha…. tentara zionis israel itu meskinya pake androk aja, sangat pengecut, membantai warga palestin yang tidak berdaya dan tanpa senjata. Menodongkan senjata pada anak-anak tidak berdosa, menjarah tanah dengan serakahnya.

    Usulan cerdas, PBB itu dihilangkan saja tidak ada gunanya, banci tidak bisa berbuat terhadap keberutalan zionis pada warga gaza.

  38. mua cuma aplikasi mereka dari perjanjian lama.untuk melawannya ya aplikasi dari al qur an jg……skrg siapa yang sanggup melakukan amanat qur an???????????????????? Apa ada yang sanggup?????kalo ada yang sanggup dialah pemimpin islam dunia di masa depan??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s