Optimalisasi halaman berita di Cyberspace

Dengan kemudahan membuat audio dan video, maka halaman berita di cyber space akan terbuka peluang lebih bervariasi. Selama ini seperti situs detikcom atau kompas online lebih mengutamakan gambar dan cerita. Untuk ke depan banyak variasi bisa dilakukan bahkan sudah dilakukan oleh para blogger.

Pencinta blog ini bisa dengan mudah memuat gambar, suara dan bahkan video. Fasilitas penyimpanan audio dan video sudah sangat banyaknya sehingga halaman web akan lebih hidup dengan content yang dibuat para pengguna internet.

Lihat saja bagaimana youtube begitu populernya untuk membuat berbagai eksperimen membuat video. Bahkan ada yang menyimpan film seri di situs youtube ini. Demikian juga peluang membuat link ke grouper sangat mudah.

Dengan kata lain, halaman cerita saja tidak cukup untuk membuat pengakses mengetahui persis apa yang terjadi dengan berita tersebut. Adanya audio dan visual melalui video akan semakin memperkaya dan mendorong pembaca internet mendapatkan informasi yang komprehensif.

Soal akses karena broadban masih langka seperti di Indonesia. Ini hanya soal waktu saja seperti halnya telepon seluler. Sebuah telepon seluler atau istilahnya telepon satelit bentuknya seperti tas kecil dan harganya puluhan juta rupiah. Hanya orang-orang kaya tertentu bisa memegang telepon canggih yang bisa dibawa kemana-mana. Peristiwa itu tinggal sejarah. Anda bisa membawa telepon seluler dengan link ke seluruh jagat, bisa mendownload, bisa merekam, membuat foto dan merekam short video. Perkembangan ini ditempuh dalam kurun waktu sekitar sepuluh tahunan.

Dan koneksi internet seperti di Barat telah menjadi bagian kehidupan ekonomi. Transaksi bank dan belanja sudah hal tak aneh lagi. Demikian juga memesan tiket pertunjukan atau kereta api dan mobil sudah menjadi barang sehari-hari. Lebih lagi digunakan untuk lelang seperti eBay yang setiap menit berlangsung beberapa transaksi.

5 thoughts on “Optimalisasi halaman berita di Cyberspace

  1. Fasilitas video hosting yang marak di tahun ini (selain YouTube ada juga Sharkle.com atau Blip.TV) membuka banyak peluang bagi jurnalis baik yang pro maupun amatir untuk mempublikasikan hasil reportase mereka.

    Bandwith.. yaaa sekali lagi bandwith negeri ini yang masih jadi kendala mengingat file video sendiri yang besar (untuk durasi 3 menit saja bisa 5 – 6 mega dalam format MPEG4). Sehingga sebagian besar masyarakat kita masih ‘ogah’ menggunakan media ini sebagai media penyampaian pesan.

    But.. we’ll see. Salam kenal dari saya & keluarga.

  2. kayaknya perlu dipikirin lagi sama programer2 itu, bagaimana menciptakan suatu mekanisme baru buat upload video, misalnya kayak sistem kompresi file format video itu🙂

  3. Tampaknya google sudah memulainya, silahkan coba program video google. Bisa disimpan di server google bahkan film yang durasinya satu jam kalau tidak salah bisa disimpan di google dan bisa dilink ke blog kita.

  4. Sebenarnya mekanisme upload di situs penyedia jasa video hosting sudah cukup simple dan ngga ribet. Bahkan format video MPEG4 pun sudah cukup kecil dari segi besar file-nya, dibanding WMV atau AVI. Dari segi kualitas gambar pun, kompresi format MPEG4 masih cukup layak tonton.

    Proses upload dan nonton hasilnya lewat YouTube misalnya, sudah relatif kencang jika kita ber-wifi ria di tempat-tempat yang berfasilitas hotspot atau bahkan Speedy-nya Telkom. Namun, tetap saja jatuhnya ‘mahal’. Karena yha itu.. bandwith masih jadi barang mewah.

    Apalagi jika kita berurusan dengan materi berita yang beraudio visual. Masih lebih up-to-date nonton berita visual di TV atau baca berita ‘verbal’ di Detik.com. Hehehehehe… kesannya apatis banget ya?😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s