Perhatikan cara berpakaian di lapangan

Mungki hal sepele tapi bisa menjadi masalah besar. Saat terjun ke lapangan perhatikan busana yang dikenakan. Maksudnya bukan untuk memberitahukan bagaimana kita selayaknya berpakaian namun perlu diperhatikan bagaimana dan dimana saja pakaian tertentu bisa digunakan.

Jika Anda ikut rombongan presiden yang sedang berkunjung ke Washington misalnya, tentu tidak pantas memakai sepatu sport dengan kaus T-shirt. Ini bisa dirasakan sendiri betapa tidak pantasnya pakaian yang dikenakan itu.

Wartawan di bidang apapun juga manusia. Mereka bertugas di sekitar manusia dalam acara tertentu. Oleh karena itu pehatikan dimana kita akan bertugas dan dalam suasana apa nantinya.

Seorang yang akan meliput sepakbola ke stadion tentu tidak perlu mengenakan dasi. Cukup T-shirt, topi dan mungkin celana jeans. Sepatu sport cocok untuk di stadion. Busana sport seperti itu juga memudahkan berbaur dengan penonton.

Sebaliknya kalau datang ke daerah konflik, tentu perbekalan yang sifat keamanan lebih penting. Makanan dan ransel yang kuat juga penting. Peta perjalanan, telepon seluler yang selalu dibawa bila sinyal masih tertangkap dan juga diperhatikan ketebalan baju, pelindung dari hujan dan panas serta alat-alat keamanan menghadapi binatang kecil.

Cara busana ini bisa diperluas dan dirinci lebih lanjut dalam perjumpaan lainnya. Hanyasanya seorang wartawan karena juga manusia perlu memperhatikan dimana dia bertugas.

3 thoughts on “Perhatikan cara berpakaian di lapangan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s