Persiapan liputan ke luar negeri

Jika Anda telah mendapatkan  tugas ke luar negeri pertama kali bersykurlah. Sekalipun itu hanya pergi ke Malaysia atau Singapura, sudah bisa dikategorikan sudah awal liputan internasional dalam karir Anda. Langkah kecil ke negeri jiran ini bisa berarti langkah besar dalam tugas-tugas jurnalistik ke depan. Selain itu, tugas "kecil" inipun akan menjadi timbangan bagi tugas-tugas besar lainnya.

Ada beberapa hal kalau sudah dimulai penugasan ke luar negeri.

1. Buatlah sesegera mungkin List barang-barang yang akan dibawa dan kategorikan antara list kerja dengan list pribadi. Yang termasuk daftar barang yang dibawa berkaitan dengan profesi misalnya laptop, baterai, kamera, alat perekam, notes dll. Barang pribadi yang perlu dibawa misalnya jacket.

2. Paspor harus disimpan dalam list pertama katergori kerja. Paspor perlu dicek masa berlakunya. Ada beberapa kasus, teman sekerja tidak jadi pergi karena paspor habis masa berlakunya. Bagi Anda yang pertama kali ke luar negeri, biasanya paspor juga baru. Jadi tidak ada kekhawatiran paspor Anda kadaluarsa.

3. Tiket. Tiket perlu dicek ulang baik waktu maupun rutenya. Jangan sampai Anda ketinggalan pesawat karena akan mengacaukan jadwal selanjutnya. Pada umumnya perjalanan ke luar negeri memerlukan waktu dua jam sudah berada di airport. Sebelum check in, barang akan diperiksa dan biasanya setiap orang dapat jatah 20 kg bagasi. Sedangkan tas tangan normalnya 5 kg. Setelah check in jangan sampai ketinggalan boarding pass Anda kalau tidak ingin ditolak masuk pesawat.

4. Setibanya di bandara luar negeri pastikan semua barang dicek dan tidak ada ketinggalan. Pastikan barang berharga seperti lap top, kamera alat perekam tidak rusak. Oleh sebab itu perlu tas penyimpan yang tahan banting untuk barang elektronik yang rawan goncangan.

5. Daftar alamat, telepon dan kontak jangan sampai ketinggalan. Biasanya ini dilupakan sehingga mengalami kesulitan ketika akan mengontak nomor-nomor yang perlu.

6. Mata uang perlu dipersiapkan juga supaya kalau naik taksi atau memerlukan uang recehan akan memudahkan tugas Anda. Seorang teman pernah bersama keluar negeri dalam sebuah liputan dan dibekali beberapa juta rupiah. Setibanya di luar negeri uang itu tidak bisa ditukar dengan mata uang lokal karena memang tidak laku. Jadi jangan lupa membawa matang uang dollar atau mata uang negara yang kita tuju.

Ada beberapa hal lagi yang perlu dipersiapkan saat perjalana pertama ke luar negeri namun akan ditambah di kemudian hari.

Powered by Qumana

One thought on “Persiapan liputan ke luar negeri

  1. saya mau ke inggris untuk pertama kali. Insya Allah besok tanggal 3 oktober 2009. selama 14 hari dengan tujuan kunjungan bersama 12 orang teman kasek lainnya, dalam rangka melihat proses pendidikan di negara sana. apa saran buat saya. saya tunggu balasannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s