Persiapkan yang rinci

Kita masih membicarakan bagaimana liputan yang berhasil di lapangan karena persiapan yang matang.

Selain angle yang ditentukan juga jadwal pemuatan. Untuk surat kabar misalnya, kita dtugaskan meliput Pemilu selama seminggu maka jadwal pemuatan harus dipersiapkan dengan matang jauh-jatuh hari sebelum kelapangan.

Data-data dasar mengenai pemilu seperti jumlah pemilih, hasil pemilu lalu, partai-partai yang ikut pemilu serta persaingan utama di daerah yang diperebutkan perlu mendapatkan garis bawah.

Salah satu ilustrasi adalah meliput pemilu Malaysia tahun 1995. Menurut rencana akan dimuat peta kekuatan politik dan dinamika politik menjelang pemilu. Kemudian tulisan pada hari pemilu. Lalu liputan pasca pemilu dan hasil serta trend-nya.

Sebagian wartawan yang terjun kelapangan seringkali mengandalkan apa yang ada dilapangan tanpa perencanaan matang sehingga kesulitan menggabungkan fakta-fakta dasar pemilu dengan liputan di lapangan.

Dalam liputan Pemilu Malaysia misalnya direncanakan dua tulisan aktual mengenai kekuatan politik di Malaysia akan diturunkan dua hari sebelum pemilu. Tulisan ini akan mengeksplorasi bagaimana persaingan partai-partai besar dalam kancah pemilu. Dimana saja persaingan itu akan sangat ketat dan bagaimana kinerja partai-partai besar menjelang pemilu.

Misalnya di salah satu partai besar terjadi skandal yang menghebohkan, maka dibuat catatan khusus yang akan mempengaruhi perolehan kursi di parlemen.

Dalam tulisan yang sudah dipersiapkan kerangkanya ini juga ditambahkan bagaimana profil partai kecil. Partai mana yang paling berpengaruh. Di Malaysia UMNO merupakan partai Melayu terkuat dan membentuk koalisi dengan partai cina dan partai etnik India. Tiga pilar besar ini kemudian membentuk Barisan Nasional sebagai sebuah koalisi.

Lawannya adalah partai kecil seperti Partai Islam se-Malaysia, Partai Aksi Demokratik dan beberapa partai lainnya.

Interaksi partai ini dianalisa dan dikaitkan dengan peristiwa aktual. Kemudian ditambah komentar masyarakat dan sejumlah tokoh partai setibanya di Malaysia.

Karena kita sudah merancang tulisan pertama pada dua hari sebelum Pemilu Malaysia dengan tema fokus kepada partai maka ini juga memudahkan dalam wawancara. Satu kali wawancara akan mendapatkan kutipan untuk tiga tulisan sekaligus secara berturut-turut.

Kerangka laporan ini sangat memudahkan dan mengefektifkan di lapangan sekaligus membuat karya-karya produktif dengan kualitas tinggi. Hal ini disebabkan ada persiapan matang mengenai angle penulisan dan sumber di lapangan yang kaya.

Dalam liputan pemilu ini juga dipersiapkan untuk tulisan satu hari sebelum Pemilu adalah fokus kepada aktor-aktor pemilu. Siapa saja tokoh besar yang memerintah dan bagaimana profil serta kinerjanya belakangan.Lalu apakah popularitasnya tinggi di mata masyarakat.

Bagaimana dengan tokoh oposisi ? Sejauh mana mereka memiliki kemampuan untuk bersaing dengan tokoh di arena politik papan atas.

Perlu juga disebutkan apa yang menjadi tempat kampanye para tokoh itu baik oposisi maupun penguasa. Ini akan memudahkan pembaca mendapatkan gambaran mengenai masalah yang menjadi fokus kampanye sekaligus sorotan para pemimpinnya serta kutipan-kutipan pada hari kampanye.

Itulah satu hari sebelum pemilu yang bisa disajikan. Kita bisa mencari angle lain namun mengarah kepada pemilu adalah fokus kepada partai dan profil para pemimpinnya.

Pada hari H pemilu, kadang-kadang sebagian wartawan kebingungan mencari angle penulisan karena semua topik sudah dibahas pada tulisan sebelumnya. Hendaknya membiasakan diri untuk menyimpan dan mempersiapkan tulisan pada hari H pemilu sebaik-baiknya.

Salah satu angle yang bisa diturunkan pada hari H pemilu adalah rangkaian jajak pendapat terakhir mengenai trend hasil pemilu, isu yang menjadi sorotan, keunggulan dan kelemahan partai yang besar. Dengan demikian laporan hari H pemilu akan kaya dan bervariasi serta merupakan alur yang sejalan dengan laporan sebelumnya.

Laporan H pemilu sebaiknya mencakup tema, tokoh dan daerah persaingan yang menjadi ajang pertarungan ketat partai-partai peserta pemilu.

Selanjutnya laporan sesudah pemilu dapat dengan mudah menuliskan dalam hasil awal.

Dua hari sesudah pemilu, laporan akan diperkaya dengan berbagao cerita naik dan turun para polisi serta sejauh mana berbagai jajak pendapat itu menunjukkan kebenarannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s