Lowongan kerja wartawan, deadline 5 Agustus

Sahabat dimanapun berada, saya sebarkan lagi info lowongan kerja dari milis wartawan. Ingat deadline lamaran adalah 5 Agustus 2006. 

Jika Anda senang menggeluti dunia penerbitan majalah.
Pekerja keras. Penuh motivasi dan inisiatif. Senang bekerja dalam tim. Imajinatif dan kreatif…..

Atas nama klien kami, sebuah penerbit yang akan meluncurkan majalah baru, kami mengundang Anda untuk bergabung dalam posisi-posisi di bawah ini:

- Reporter Senior
- Reporter Yunior
- Fotografer
- Redaktur Bahasa
- Sekretaris Redaksi
- Desainer Grafis
- Ilustrator
- Manajer Pemasaran
- Manajer Iklan

Kirimkan Lamaran Anda ke:
Personalia Pena Indonesia,
Gedung Sarana Jaya Lt 2, Ruang 216-217
Jl. Tebet Barat IV/20
Jakarta, 12810

- Tuliskan Kode Posisi pada Sampul Lamaran
- Sertakan alamat email dan nomor HP Anda dalam Surat Lamaran
- Dikirim paling lambat: 5 Agustus 2006

REPORTER SENIOR (REPS)
- Pernah bekerja di media-massa profesional minimal 4 tahun
- Umur Maksimal 30 Tahun
- Melampirkan dua karya jurnalistik terbagus
- Berbahasa Inggris aktif, lisan maupun tertulis (TOEFL)
- Mahir menggunakan Internet dan Email
- Mahir menggunakan Microsoft Office/Open Office

FOTOGRAFER SENIOR (FOTO)
- Pernah bekerja di media-massa profesional minimal 4 tahun
- Umur Maksimal 30 Tahun
- Melampirkan dua karya foto terbagus
- Berbahasa Inggris aktif, lisan maupun tertulis (TOEFL)
- Mahir menggunakan Internet dan Email
- Mahir menggunakan Microsoft Office/Open Office
- Mahir menggunakan software semacam Adobe Photoshop

REPORTER YUNIOR (REPY)
- Lelaki atau perempuan berusia 20-25 Tahun yang berminat menjadi wartawan.
- Bersedia menjalani Tes Wawancara, Tes Bahasa Inggris, Tes Psikologi dan Tes Jurnalisme Dasar.
- Jika lulus tes, bersedia ditempatkan di salah satu dari kota-kota ini: Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Denpasar, Yogyakarta atau Makassar.
- Mahir menggunakan Internet dan Email
- Mahir menggunakan Microsoft Office/Open Office

REDAKTUR BAHASA (RBHS)
- Pernah berpengalaman minimal 3 tahun menjadi editor bahasa di media massa atau penerbitan buku profesional
- Umur Maksimum 30 Tahun
- Berbahasa Inggris aktif, lisan maupun tulisan (TOEFL)
- Mahir menggunakan Internet dan Email
- Mahir menggunakan Microsoft Office/Open Office

SEKRETARIS REDAKSI (SRED)
- Berbahasa Inggris aktif, lisan maupun tulisan (TOEFL)
- Umur Maksimal 25 Tahun
- Mahir menggunakan Internet dan Email
- Mahir menggunakan Microsoft Office/Open Office (terutama Exel, Word dan Project)

DESIGNER GRAFIS (GRAF)
- Berpengalaman minimal 3 tahun sebagai desainer grafis di majalah profesional.
- Usia maksimal 30 Tahun
- Berbahasa Inggris aktif, lisan maupun tulisan (TOEFL)
- Mahir menggunakan Internet dan Email
- Mahir menggunakan Microsoft Office/Open Office
- Mahir menggunakan Adobe PageMaker/QuarkXPress, Photoshop, Illustrator, Macromedia Freehand dan Flash.
- Memahami aspek pracetak dan cetak majalah
- Melampirkan contoh karya dalam Lamaran.

ILUSTRATOR (ILUS)
- Mahir menggambar dan melukis untuk kebutuhan media
- Usia maksimal 27 Tahun
- Mahir menggunakan Internet dan Email
- Mahir menggunakan Microsoft Office/Open Office
- Mahir menggunakan Adobe PageMaker/QuarkXPress, Photoshop,Illustrator, Macromedia Freehand dan Flash.
- Memahami aspek pracetak dan cetak majalah
- Melampirkan contoh karya dalam Lamaran.

MANAJER PEMASARAN (MPSR)
- Berpengalaman dalam distribusi majalah/koran minimal 3 tahun
- Inovatif dan kreatif dalam pendekatan pemasaran
- Berbahasa Inggris aktif, lisan maupun tulisan (TOEFL)
- Usia maksimal 30 Tahun
- Mahir menggunakan Internet dan Email
- Mahir menggunakan Microsoft Office/Open Office

MANAJER IKLAN (MIKL)
- Berpengalaman dalam memasarkan iklan untuk majalah/koran minimal 3 tahun
- Inovatif dan kreatif dalam pendekatan pemasaran
- Berbahasa Inggris aktif, lisan maupun tulisan (TOEFL)
- Usia maksimal 30 Tahun
- Mahir menggunakan Internet dan Email
- Mahir menggunakan Microsoft Office/Open Office
Jangan lupa segera kirimkan lamaran Anda, ingat tips yang telah diberikan, tetap optimis dan siap bersaing. Selamat mencoba.

111 thoughts on “Lowongan kerja wartawan, deadline 5 Agustus

  1. saya pria ber usia 25 tahun, bekerja sebagai reporter di “majalah info franchise indonesia”, sebuah majalah yang fokus mengulas berita usaha waralaba, sudah bekerja sejak majalah tersebut terbit hingga sekarang (8 bulan), saya humoris, tidak mudah menyerah, selalu yakin dan PD, dan senang bekerja dengan tim. Saya ingin melamar sebagai reporter junior di majalah anda yang akan terbit. Motivasi saya adalah ingin menambah wawasan baru. thanks atas infonya

    salam.

    Zaziri
    Hp. 0852 178 94 121

  2. I am a man 24 years old; Technical High School graduated in 1999, have studied at many College and have been studying at AKOM BSI majoring in Broadcasting. I have worke at PT TARGET Magazine and have been working at PT Radio Kayumanis for approximately three years as operator and promoted as reporter for a year.
    I would like to apply for the position you advertised as Junior Reporter.
    Thank you.

    Agung Pambudi (ipang)
    +628159202460

  3. saya wanita yang menyenangi dunia jurnalistik, artikel saya pernah di terbitkan di salah satu nedia cetak di jakarta yaitu di suara pembaruan. saat ini saya ingin sekali terjun langsug di dunia jurnalistik, saya melihat web ini membuka lowongan pekerjaan di bidang duna jurnalistik, saya sangat senang sekali bila ada yang mengajak saya untuk bergabung di salah satu media yang bergerak dibidang jurnalistik. saya bisa berkeja dengan tem yang ada dan mampu berkerja di bawah tekanan.
    saya tidak akan pernah berhenti untuk mencari ilmu apalagi itu seputar dunia jurnalistik, karena saya senang sekali menulis dan tidak akan ada yang bisa melarang saya untuk menulis, karena bagi saya menulis itu adalah bagian dari hidp saya yang harus tetap saya kerjakan…
    apabila ada kesempatan untuk menjadi wartawan saya tidak akan menolaknya. walaupun itu saya harus memulai dari bawah, karena menurut saya sesuatu hal yang besar berawal dari sebuah kesempatan yang kecil….

    terima kasih …….

    Ilfirahmi ( ipi )
    0818.08164013 – 021.8578428

  4. thanks for your information
    Saya lulusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang usia 25 tahun dan pernah bekerja jadi reporter di Jawa Pos berminat ingin gabung di majalah Anda.

    Salam
    Lukman Hakim
    085649591749 or 03171004554

  5. eh, aku pengen banget tuh jadi reporter junior. aku udah pernah kerja di sebuah media. tapi udah telat nggak ya. kalau belum aku siap dipanggil untuk wawancara. call me..0811276787 ( arief )

  6. Mohon tanya, apa masih ada lowongan untuk menjadi reporter yunior? Saya sekarang bekerja di harian lokal di Provinsi Bengkulu, tetapi saat ini saya ingin mencari kerja yang lebih baik dan menjanjikan. Saya alumni D3 Jurnalistik Unib.
    Kalau ada lowongan posting ke email saya.

    Raje

  7. Saya seorang penulis buku. Buku-buku sudah beberapa kali diterbitkan beberapa media di Yogyakarta dan Bandung serta Malang. Ingin sekali berkecimpung dalam dunia jurnalistik.Pernahbekerja sebagai wartawan pada media lokal.saya alumni Universitas Isalam negeri (UIN) Malang mengambil jurusan Bahasa Arab.
    Jika ada lowongan, saya ingin bergabung media Anda. JIka berminat hubungi saya.
    ilham : 08175125097/0341586394

  8. Saya mau tanya lowongan fotografernya masih ada atau tdk,saya punya pengalaman fotografer,tapi skarang saya kerja di farmasi dan saya ingin kembali kerja di foto,kalau masih ada saya minta informasinya ya,thks

  9. Mohon dengan hormat bagi teman – teman sesama wartawan, untuk dapat membagi informasi kepada saya lowongan kerja di media televisi lokal di daerah sumatera atau jawa .. trims infonya…wasalam semuannya. saya punya pengalaman 4 tahun di tv lokal.
    saat ini saya sebagai wartawan paroh waktu di media televisi..

  10. Kalo Ada informasi perusahaan media televisi yang baru dibuka, mohon tanpa mengurangi rasa hormat saya untuk saya dapat direkomendasi agar dapat bergabung … menjadi wartawan TV atau bagi TV Nasional yang membutuhkan saya menjadi Coresponden TV di Daerah Madiun atau pelosok Jawa Timur, ataupun dipelosok Jawa Tengah saya berharap dapat diinformasikan … di email saya ini aja …. edu_gabe@yahoo.com atau tlp 0271 7502880, saya tunggu yach SAHABAT ku… kemapuan saya dilapangan sudah 3 tahun bergelut menjadi video jurnalis di salah satu di daerah jawa tengah… untuk sebuah televisi.

  11. mahasiswa D3 Broadcast. Interested in : Reporting, Production, Editing. Sample: Reporting on Cam Available. Full Time or Part Time. Experience: Photoshop, Macro Media Flash, Radio Announcing, Production TV & Radio, Cool Edit .
    Wishes: to become Yunior Reporter (in Jakarta) or work parttime or fulltime in fields where i have experience

  12. saya mahasiswa FFTV ikj ( fotografi ) saya sangat menikmati jurnalistik dan tantangan,dan mengapresiasikan karya saya pada bentuk tulisan…dan saya tertarik pada tema – tema sosial dan budaya,saya punya banyak port folio ttg wajah indonesia,saya juga telahmembuat beberapa film dokumenter ttg salah satu situs budaya di jawa timur,saya sangat appreciated…semoga saya bisa berkarya disini

  13. Konsultasi Perizinan Perusahaan
    ( Urus Cepat Izin Perusahaan)
    ———
    (DOMISILI, AKTE NOTARIS, NPWP, SIUP, SK KEHAKIMAN, TDP, PKP, BKPM, BERITA NEGARA} ————–

    PT = 6.5 Jt PMA = 18 jt CV = 3 jt UD/PD = 2 jt —————–

    UUG/HO, API, APIT, NPIK, ETPIK, BRIK, SIUJK, KADIN, GAPENSI, AKLI, MERK, KEAGENAN, DLL. ————–

    PT. MULIA ESA MANDIRI Jl. Cikini Raya no. 90 Jakarta Pusat Telp. 021-70940216, 88990026 Up. M. Samosir SH Email: madihon69@plasa.com

  14. saya pernah bekerja sebagai wartawan di koran harian di malang. Terakhir pertengahan september 2006 lalu. Tolong di kasih tahu jika ada lowongan wartawan terutama di daerah jatim. Emailku sastrue7@yahoo.com Telp 081805043378. Makasi banyak ya friend!

    salam
    sastro

  15. Nama saya Sugeng Kurniwan, lulusan DIII Perpajakan FISIP UI. Sekarang bekerja sebagai reporter/jurnalis Indonesian Tax Review (ITR) Digest. Selain itu saya juga bekerja sebagai konsultan pajak di LM Formasi, penerbit ITR Digest. Saya ingin melamar sebagai Reporter Yunior dong, ini no HP saya 0816 14 58 562. Saya siap dihubungi, dipanggil dan di tes kapan saja…trims.

  16. saya yohanes berchmans ba’i mari, lulusan Filsafat Universitas Parahyangan. ingin melamar sebagai wartawan. ini no HP saya 081394158761. saya siap dihubungi kapan saja.

  17. KONSULTASI PERIZINAN PERUSAHAAN PT = 6 JT, PMA = 18 JT, CV = 3.5 JT, UD/PD = 2 JT ==DOMISILI, NPWP, SIUP, SK KEHAKIMAN, TDP, PKP, BKPM, BERITA NEGARA== Dokumen lain: API, NPIK, APIT, EPTIK, BRIK, KEAGENAN, MERK, KADIN, SIUJK, AKLI, DLL
    Hubungi : M. Samosir SH Alamat : Salemba tengah 42C Jakarta Pusat
    Telp : 021-70940216, 88990026

  18. Dear and respect Sir/Madam,

    I wish to apply for the position above, as reporter ,i am look on newspaper.
    please look completed my resume at http://ijazahdd.multiply.com

    Thank you.

    Sincerely

    Sidiq Subandriyanto Setiawan

    Dengan hormat,

    Saya ingin sekali bekerja di perusahaan bapak/ibu kelola untuk posisi wartawan jurnalistik . Sebagai bahan pertimbangan dan evaluasi, bersama ini saya lampirkan CV saya.

    Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak terima kasih.

    Hormat saya,

    Sidiq Subandriyanto Setiawan ( hp : 081315633366 )

  19. saya sedang mencari pekerjaan sebagai reporter? kalo ada teman yang tahu, tolong kasih infonya!

    Latarbelakang saya dari SI Jurnalistik IISIP JAKARTA, pernah magang di Suara Pembaruan (2004). 081380802017

    saya bersedia kerja di media cetak kapan pun dibutuhkan!

    Terima kasih

  20. SAYA KIKI BERUMUR 24THN, SEDANG MENCARI PEKERJAAN DI BIDANG DESIGNER GRAFIS MEDIA CETAK / MOTION GRAFIC (BROADCAST TV/ POST PRODUCTION) DI DAERAH BANDUNG, ADA YANG BISA BANTU SAYA? TOLONG INFORMASINYA ..
    LATAR BELAKANG SAYA S1 DESAIN KOMUNIKASI VISUAL,SAMPAI SEKARANG MSH KERJA DI SALAH SATU STASIUN TV SWASTA DI JAKARTA 2 THN SEBAGAI COMPUTER GRAFIS.KEAHLIAN DAPAT MENGOPRASIKAN SOFTWARE GRAFIS SEPERTI ADOBE(ILUSTRATOR,PHOTOSHOP,AFTER EFFECT,PREMIERE)
    COREL DRAW,3ds MAX + KONSEP DESAIN DNGN BAIK.
    BERSEDIA DITAMPATKAN DI BANDUNG.
    HUB:08562172511/ work_areaku@yahoo.com
    TERIMA KASIH

  21. Dear Sir…

    Saat ini saya sedang bekerja di salah satu Media cetak group terbesar di Jakarta dan di Indonesia Jawa Pos Group dengan posisi sebagai Fotografer. Saat ini saya tengah mencari pekerjaan sebagai fotograferfer baik media asing atau nasional.
    Apabila ada informasi lowker sebagai fotografer, mohon untuk diinformasikan ke alamat e mail yang telah tertera di atas. Atas kerjasamanya kami ucapkan. Terima Kasih

  22. Dear Sir…

    Saat ini saya sedang bekerja di salah satu Media cetak group terbesar di Jakarta dan di Indonesia Jawa Pos Group dengan posisi sebagai Fotografer. Saat ini saya tengah mencari pekerjaan sebagai fotograferfer baik media asing atau nasional.
    Apabila ada informasi lowker sebagai fotografer, mohon untuk diinformasikan ke alamat e mail yang telah tertera di atas. Atas kerjasamanya kami ucapkan. Terima Kasih
    Hub. 021 93884003

  23. Sudah tiga tahun saya menjalani dunia jurnalistik antar Kabupaten untuk peliputan di daerah Purwakarta, Karawang dan Subang. Pengalaman tugas yang berat sebagai koresponden sudah terbiasa saya lakukan. Untuk mengejar berita terbaru naik kenderaan roda dua dari Purwakarta, Karawang dan Subang sudah nggak aneh. Pengalaman di harian Perintis, harian Radar Karawang dan Ka. Biro M2 Media Bekasi telah menerpa saya untuk kuat terus menulis dan menulis. Saya cowok berusia 29 tahun saat ini sedang mencari lowongan di Media harian di Jakarta untuk tugas didaerah. Apabila ada informasi Lowker sebagai koresponden Purwakarta – Subang – Karawang, mohon untuk diinformasikan ke alamat e mail saya yang tercantum diatas. Atas bantuannya saya haturkan,
    terima kasih …….

    Rekson Hermanto Ilfirahmi ( son )
    08172308961 – 0264.216567

  24. Dulu saya sudah pernah menjadi wartawan kampus di Unnes, sempat pula menjadi wartawan kriminal DOR, dan tabloid Ungaran Pos. Ada pengalaman di bidang editing dan kamera. Tolong bila ada info dan formasi bagi saya bisa kontak ke email atau phone ke 08157753108. Merima kasih.

  25. saya seorang wanita 25 tahun lulusan sarjana matematika(mipa) Univeritas Islam Bandung, pekerjaan yang saya inginkan staff kantor. apakah ada pekerjaan yang cocok bagi saya

  26. saya ingin belajar menjadi wartawan yang bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya. pada masa percobaan saya bersedia tidak dibayar jika kerjaan saya tidak becus. itupun kalau dibayar

  27. Saya seorang fotografer yang ingin bekerja dengan atau tanpa tekanan.
    umur saya 21 tahun.
    lulusan Darwis Triadi School of Photography.
    jika ada lowongan pkerjaan yang sesuai dengan keterampilan saya,
    Mohon untuk menghubungi saya di nomer 081514335454.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  28. saya seorang phogrpher freelance,dan pernah bergabung dengan salah satu penerbitan yang cukup besar di jakarta kurang lebih 3 tahun terakhir.menguasai camera analog maupun digital slr.mampu mengoperasikan program2 photo di computer,berjiwa petualang,mampu bekerja secara team.pertama mengenal dunia photography sejak 1990

  29. Wah senengnya tau ada website ini..saya jadi lebih mudah cari lowongan kerja di bidang jurnalistik…Kerja di dunia jurnalistik, khususnya reporter adalah cita-cita saya ketika saya smu, sekarang saya kuliah di jurusan ilmu komunikasi sebagai salah satu jalan untuk mewujudkan cita-cita saya tersebut, sekarang saya sudah smt 8, tinggal selangkah lagi saya memasuki dunia kerja yang sesungguhnya,,,pengalaman tidak banyak. saya cuma pernah ikut workshop2 dan seminar jurnalistik, trus magang selama 2 bulan di salah satu tv lokal dan sekarang kalo diterima saya bergabung di channel tv kampus yang bekerjasama dengan tv lokal, saya mau tanya mas…apakah saya bisa mewujudkan cita-cita saya sebagai reporter setelah lulus dengan pengalaman yang minim ya?

  30. saya seorang mahasiswa semester 6 di jurusan Desain Komunikasi visual. Saat ini saya sangat ingin bisa bekerja part time di bidang jurnalist. Saya mampu berbahasa inggris baik oral maupun writing. Pekerjaan part time apa yang cocok untuk saya, mengingat status saya yang masih mahasiswa? Saya harap saya dapat punya pengalaman di dunia jurnalistik. Sekian dan terima kasih.

  31. Saya penggemar tulis menulis (korespondesi) saya tertarik untuk menjadi wartawan yang profesional, dan selama ini saya sudah menggeluti dunia jurnalistik tetapi saya belum mendapatkan media yang bagus, kendalanya akau belum selsai kuliah. maklum kemarin sempat putus.

    Mengingat hal itu, saya belum berani melamar kemedia lain, namun saya sangat tertarik untuk bergabung dimedia terbitan pulau Jawa, sekian dan terima kasih
    wassallam

  32. saya sangat menyukai membuat tulisan-tulisan.
    sangat tertarik menjadi wartawan di media cetak lokal (karawang)
    pernah menjadi wartawan lepas dan menulis di berbagai media cetak ibukota. namun sejak bekerja di salah satu advertising, saya berhenti menjadi wartawan. dan sekarang minat saya menjadi wartawan kembali muncul.

    hubungi saya di 081573135091.

    terima kasih

  33. sy senang menngeluti dunia jurnalis, aditor dan liputan..hingga kini sy masih manilis naskah berita di televisi..dan sy tertarik menulis di media cetak..Terima kasih.

    hubungi sy..021-93396719

  34. saya telah sejak tahun 1996 sudah menggeluti dunia jurnalistik. Pertama kali menjadi wartawan adalah di Surat Kabar MIngguan SENTANA dan kini berubah menjadi harian Sentana. Beberapa media lainnya yang pernah saya berbernaung adalah, SKM Inti Jaya, SKM Transparan, SKU Dharma Nusantara, Majalah Kasyaf, Majalah Visi, Sinar Pagi.
    Artinya, sudah banyak media dimana saya bekerja sebagai seorang journalist. Terakhir adalah saya bekerja di Harian Ibu sebagai wartawan. namun nasib lagi kurang baik, baru saja bekerja sekitar 8 bulan, media yang sangat saya cintai itu telah tiada karena owner nya enggan lagi mendanai.
    kini saya menjadi pengangguran baru. Padahal, minat untuk menjadi wartawan masih sangat tinggi. Saya tidak ingin jiwa seornag journalist saya lenyap di telan jaman. karenanya Saya ingin berkarya menjadi journalist sejati.
    Bagi yang mau membantu ku dapat menghubungi saya di nomor 0813 1928 37 48

  35. saya mantan wartawan tabloid desa(tabloid pemerintah propinsi sumatera selatan) saya bergabung sejak tahun 2004, sampai tahun 2006. karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan sayapun mengundurkan diri, saya juga perna menjadi wartawan HU Birokrasi Jakarta timur. tahun 2007 ini saya resmi menjadi pengangguran. padahal, saya sangat berminat sekali menjadi seorang wartawan profesional yang mampuh berjuang dalam untuk kemaslahatan umat, dengan segalah tekad dan upaya sudah saya lakukan untuk mencari pekerjaan baru di media massa dan elektronik, namun kesempatan belum juga menghampiriku,

    kalau ada sumur diladang bolehlah kita menumpang datang
    kalau ada lowongan wartawan yang akan datang jangan lupa telepon saya
    Dafid Susanto. Hp.081377660882

  36. Saya seorang reporter sejak tahun 2003 lalu di salah satu media harian di Kota Makassar.Saya berminat akan berkecimpung di media harian di Jakarta, sebagai Koresponden di Kota Makassar dan Sulawesi Selatan.Jadi saya harapkan bantuan dari teman-teman wartawan, agar bisa menghubungi saya, bila ada lowongan menjadi koresponden atau kontributor di Kota Makassar, pada media harian di Jakarta.Terims nomor Hanphone saya : 081355071525.

  37. Ass.Wr.Wb
    Saya seorang mahasiswa angkatan 2002yang masih kuliah dijurusan Teknologi Pendidikan (T.P.)Universitas Negeri Jakarta,sayasangat hoby motret…hingga sewaktu saya masih menjadi mahasiswa teknik mesin dikampus yang sama saya sangat ingin serius menekuni seni visual ini.karena saking keenakan motret saya sampe pindah jurusan yang menurut saya itulah jalan yang sangat terbaik bagi saya….karerna saya ingin serius kuliah…maka saya ingin sekali bekerja sebagai fotografer…saya juga salah satu anggota baru diFOTOGRAFER.NET.terima kasih
    Wass.Wr.Wb

  38. Saya Salim (karel), pengalaman kepala perwakilan Surabaya Post di Jakarta hingga 2002, redaktur ekonomi di Koran 5 Jakarta hingga 2004, Marcomm di Harian Ibu 2006-2007.
    Saya cukup kreatif untuk dapat berkiprah di dunia media massa baik cetak maupun elektronik jika ada lowongan saya siap dihubungi ke email: muhammadsalim_1@yahoo.co.id atau hp:0818941093, terima kasih atas dukungannya

  39. saya laki-laki berusia 23 tahun, dan pernah bekerja di salah satu media cetak majalah pendidikan yang ada di kota solo, dan saya juga pernah magang di harian umum solopos dan suara merdeka, kalo boleh tau untuk tesnya akan diselenggarakan di kota mana?, di jakarta atau daerah yang nantinya akan ditempatkan

  40. Sebelumnya terima kasih atas adanya info lowongan di website ini.
    Saya christin, 24 Tahun. Ingin sekali mewujudkan cita-cita saya menjadi seorang reporter.
    Saya pernah mengikuti DIKLAT REPORTASE du TVRI Jakarta. Walaupun saya belum berpengalaman, dan hanya berbekal pengalaman dikat dan magang Tapi saya yakin saya bisa dan mau untuk belajar lebih giat lagi.
    Untuk itu mohon pertimbangannya untuk menerima saya bekerja di tempat anda. saya bersedia ditempatkan dimanapun tempat bekerja saya dengan penuh tanggung jawab.
    Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan banyak terima kasih.

    christin 0812 130 4584

  41. mohon tanya saya eddie skill yang saya miliki adalah fotografi & digital imaging. saya terjun dibidang fotografi sudah 4 tahun, selama ini saya bekerja sebagai freelancer di beberapa perusahaan jasa fotografi dan beberapa project pribadi. kalo masih ada posisi kosong untuk fotografer di perusaaan yang bapak / ibu pimpin saya siap.trims

  42. mohon informasi untuk lowongan di Radio Komunikasi,
    radio komunikasi yang digunakan utuk semua area (outdoor-indoor),
    saya bekerja menggeluti dibidang radio komunikasi selama 5 tahun diperusahaan maupun diNGO,
    tolong hubungi saya telp. 085868438790 atau email. terima kasih

  43. Saya sejak tahun 1998 bergelut di media lokal di Makassar, hingga terakhir di Media Harian Pedoman Rakyat.Saya ingin sekali meniti karier di media harian nasional menjadi koresponden di Makassar.Jadi mohon Journalist Aventure bisa memfasilitasi saya.Saya tunggu ya…khabarnya.

  44. saya mencari kerja di TV, Ph, dan EO, pengalaman sebagai kameramen tv dan reporter.posisi yang saya inginkan yang sesuai dengan pengalaman saya.jika ada yang membutuhkan bisa hubungi saya by email.

  45. Saya tertarik unutuk bekerja sebagai reporter.Saya mempunyai pengalaman kerja :
    1. Sebagai Reporter & Staff Redaksi di Next Magazine (majalah anak muda katolik)2004-2005.
    2. News writer di tabloid berjangka 2006
    3.Reporter di tabloid Indonesiaku 2006-sekarang.
    Saya sangat berharap dan menunggu panggilannya jika masih ada posisi tsb.
    Terima kasih
    Nama : Oktasia S
    HP : 0815-8225621

  46. yoo klo masieh da bagian illustrator mau dong ikutan. saya berumur 24 tahun pernah bekerja sebagai 2D artis di sbuah perusahaan game devloper di tangerang … no tlp (021) 98013646

  47. saya fotografer freelance disebuah studio foto SULUT, photoshop tingkat mahir. bekerja dibidang digital image adalah hobiku.. kalau butuh materi untuk daerah sulawesi utara bisa hub. saya. insya allah saya bantu..

  48. Saya seorang pria berumur 23 th, saya pernah bekerja sebagai photografer di majalah ternama di jakarta, pernah juga menjadi Cameraman di salah satu stasiun televisi swasta terbaik, mengharapkan bekerja kembali di dunia jurnalistik.

  49. Saya Mochtar Ismail salah satu Stringger media Elektronik ANTV wilayah kota Surabaya, saya berminat untuk melamar sebagai wartawan junior. Basic pengalaman saya dalam menggeluti dunia jurnalistik hampir tiga tahun lebih. Contoh artikel saya bisa anda lihat di media cetak Surabaya Sore tahun 2003 – 2004, Media cetak tabloid Kisah Nyata. Saya juga menguasai penulisan berita cetak maupun elektronik. Dan saya pun sanggup bekerja dalam tim maupun perorangan. Demikian isi surat saya, besar harapan saya jika anda berkenan untuk memberikan kesempatan pada saya untuk bergabung pada perusahaan anda. Sekian dan Terima kasih.

    Contact Person :
    031-71870786 / 031-70896628 / 081330-32-4242

  50. saya faiz fakhruddin. 26 tahun, sebentar lagu 27 tahun. saya belum pernah bekerja di tempat penerbitan, majalah atau media apapun yang bersifat resmi. tetapi pengalaman saya selalu berkewcimpung disitu. saya pernah menjadi dewan redaksi di wana arga news, sebuah zine terbitan MAPALA UNWAMA Yogyakarta, Seruling (seruang lingkungan) terbitan Mapala peduli lingkungan Indonesia, Anakseribupulau, terbitan nya bidang lingkungan LBH taring padi.
    saya menguasai photoshop, corel draw dan Microsoft Office secara mahir. tulisan (idealis tentang lingkungan hidup) saya juga banyak dimuat di beberapa zine dan terbitan independen.
    eh… ijazah saya cuma SMK karna saya putuskan untuk meninggalkan kuliah.
    pengalaman organisasi, saya pernah menjadi ketua mapala unwama, ketua BEM unwama, kabid konservasi sekber PPA DIY, dan saya anggota sarda, dan ketua relawan Bebekan Village gempa Jogja.
    pengalaman kerja, saya pernah menjadi desain grafis di percetakan ellea. Public Relation di Bledheg evan organisation.
    bisa nggak ya saya bekerja disana? karna bahasa inggris saya nggak karuan.
    terimakasih mohon tanggapannya.

  51. saya fathur rochim,23 di surabaya saya kuliah di sunan ampel surabaya jurusan komunikasi, saya pernah bekerja di tabloid hukum kriminal milik divisi humas mabes polri,saya berminat masuk sebagai wartawan yunior di media ini. saya siap masuk lagi di dunia jurnalist.email, chim_hk_com.yahoo.co.id, hp. 085649403397.

  52. ini CV Aku ya jika ada lowongan tolong kabari ya

    CURRICULUM VITAE

    Personal Data

    Nama : Malik Ridwan
    No. KTP/ NIK : 481/02/03/BA/2003
    Tempat/ Tanggal Lahir : Beutong Ateuh (Nagan Raya) 02 April 1982
    Alamat : Jalan Tgk Chik Dipineung V No 4
    Kp. Pineung Banda Aceh, 23116
    Nomor Telpon (HP) : 0812 6943 216
    Email : acehputra@yahoo.com
    Jenis Kelamin : Laki-laki
    Status : Belum Kawin
    Tinggi : 160 cm
    Berat : 48 Kg
    Kesehatan : Baik
    Mampu Berbahasa : Indonesia, Inggris (pasif), Aceh
    Kewargaan : Indonesia, Aceh
    Skill : Computer Literate on Windows Applications, MS Office, Page Maker,-
    Photoshop, CorelDraw, Internet, Repair Computer, Fotografer, Cameraman video, Komunikasi dengan masyarakat, dapat berkerja bersama team, etc.

    Pendidikan Formal

    SDN Seumot, Nagan Raya Tahun 1988 – 1994
    SLTPN 1 Beutong Tahun 1994 – 1997
    SMUN 4 Banda Aceh Tahun 1997 – 2000
    IAIN Ar-Raniry Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Tahun 2000 –

    Training/ Pelatihan

    Trainer Jurnalistik Radio (internews indonesia) di Banda Aceh Tahun 2005
    Pelatihan Photografer (Instruktur Tarmizi Harfa dan Hermanto tobing) di Banda Aceh Tahun 2006
    Pelatihan Jurnalis Konflik, ICFJ di Banda Aceh (Instruktur Prof. Peter Do Toid) Tahun 2006
    Training Reporter Radio, ICFJ di Banda Aceh (Instruktur Sophie bourdre). Tahun 2006
    Pelatihan Jurnalistik In House Training Pers Mahasiswa Aceh di Lhok Seumawe Tahun 2006
    Pelatihan Tehnisi Radio Broadcast, ICFJ ( Instruktur Roni dan Hendra) di Banda Aceh Tahun 2006
    Workshop Video Dokumenter (Instruktur John baynard) di Banda Aceh Tahun 2007

    Pengalaman Kerja

    Penelitian Media di Infoaceh Banda Aceh Tahun Maret- Agustus 2006
    Wartawan Radio suara Perempuan Tahun Agustus- Des 2006
    Pemimpin Redaksi Majalah sumbepost Tahun April 2006-April 2007
    Koordinotor Liputan Radio Komunitas Ar-Raniry 107.7 FM Tahun 2006
    Indoor Campaign (Tim Kampanye) Jurdil Aceh Tahun Juni-Des 2006
    Pemimpin Redaksi tabloid Ar-Raniry Pos Tahun Juli 2006- April 2007
    Instruktur Pelatihan Internet Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam –
    pada IAIN Ar-Raniry di Banda Aceh Tahun Februari 2007

  53. CURRICULUM VITAE

    Nama : Mikael Imanuel Melandy
    Tempat/Tanggal Lahir : Bogor,13 Februari 1988
    Alamat : Babakan Menan,Sukamaju Jonggol-Bogor
    Hp : 085697231718
    E-mail : http://www.shinigami_chii@yahoo.co.id
    Status : Single
    Tinggi : 171 cm
    Berat : 47 kg
    Skill : Menguasai B.Inggris (pasif),Komputer(Ms.Office,Internet,Grafice Design),B.Jepang
    Pendidikan Terakhir : SMA(tahun 2006)
    Kursus : Job Seekers Program

    Kalau ada lowongan tolong kabarin ya..

  54. CURRICULUM VITAE

    Nama : Yudha Prayoga
    Alamat : Kp.Jeprah Ds.Jonggol Kab.Bogor
    TTL : Bogor,18 Desember 1986
    Status : Single
    Hp : 085694891214
    E-mail : http://www.aldie4kira@yahoo.co.id
    Tinggi : 172 cm
    Berat : 48 kg
    Skill : Mengusai sistem elektronik,B.Inggris(pasif),Art Design,Graphic Design
    Pend.Terakhir : STM Elektronik
    Kursus : Design Graphic

    Hubungi aku kalau ada lowongan…

  55. saya angga sanya biasa motret freelance..saya beusia 20 th…saya berminat bergabung di tabloid ini..bila perusahaan ini tertarik bisa hub ke no:085692342450.saya tertarik jd fotografer di tabloid ini!

  56. CURICULUM VITAE
    Nama : Anwar thohir
    Alamat : Dsn. Bedingin Ds. dadapan Kec. Kendal kab. Ngawi Jawa Timur. RT. 03 RW. 04 Kode Pos 63261
    TTL : Ngawi, 10 Januari 1981
    Status: Mahasiswa
    HP. : 085 649 189 456
    E-Mail : www. anwar_at@.id.yahoo.com
    Tinggi :175 cm
    Berat : 55 Kg
    Skill : Menulis dan oprasional computer
    Pend.terakhir : SMA Madiun
    Pengalaman : sebagai wartawan Lokal Kota Madiun

  57. Saya Mahasiswa semester 3 Ilmu Komunikasi di salah satu Universitas di Bandung. Saya ingin mencari pekerjaan di bidang Jurnalistik yang bersifat FreeLand.
    Sebagai gambaran, Saya bisa melakukan pekerjaan informasional di sekitar area Bandung dsk.
    Terima kasih.

  58. data:
    nama arie afrizal
    saya berniat sekali untuk menjadi seorang jurnalistik,karena hoby saya suka menulis dan baca,saya lulusan smu diponegoro 01 jakarta jurusan ips.2004.
    berpengalaman kerja di perusahaan retail toko buku gramedia selama 2 tahun,
    hp: 08138116621
    alamat : Jl i gusti ngurah rai bulak klender no.2 rt01\16 jaktim 13470

  59. Nama saya Heni Tristiawati,saya mahasiswa STIE GICI BUSINESS SCHOOL semester 1,,saya ingin sekali bergabung dengan trans.walaupun saya belum mempunyai pengalaman kerja,saya berani untuk berusaha dan saya siap. apakah ada lowongan magang untuk saya yang belum mempunyai pengalaman kerja?? saya mohon bantuannya.terimakasih

  60. pekerja keras menjadi prioritas dalam setiap melakukan pekerjaan agar dapat dipertanggung jawabkan dengan sebenar-benarnya dan memuaskan bagi yang meminta.menjadi seorang jurnalis yang baik menjadi cita-cita yang saya inginkan dari dulu
    walawpun harus ditempatkan dimedan perang.
    kabar-kabari jika ada lowongan kerja menjadi jurnalis(wartawan,fotografer,kameraman & editor).

  61. Nama saya Erwin Budi Prastiawan 27 th, saya nomor 2 (dua) dari 4 ( empat ) bersaudara, saya tertarik dengan posisi reporter junior walaupun belum ada pengalaman dibidang tersebut. Saya yakin dengan training & pembelajaran yang rutin bisa mendalami di bidangnya, sebab saya sendiri lulusan T.Kimia Industri ( ITATS) yang pernah bekerja dibagian Marketing Komputer, memang dulunya saya awam masalah komputer, dengan adanya ketertarikan pada dunia komputer saya mencoba mempelajarinya, dan akhirnya saya tahu apa yang disebut hardware dan shoftware, disitu saya mulai belajar merakit dan menginstal program, ternyata tidak ada yang tidak bisa kalau tidak dipelajari. Yang membuat saya tertarik akan reporter ini adalah keingintahuan saya terhadap berita yang secara langsung menambah wawasan & pandangan saya, terimakasih.
    Alamat : Tempel Sukorejo V/26, Surabaya
    Tlp. : (031) 5460554 / 72123256

  62. apa masih ada lowongan apa saja untuk saya,dgn spesifikasi:

    nama : syan rasyid
    ttl : Bandung , 10 september 1986
    status :single
    pengalaman : 1-3 tahun

    saya sedang dalam study s1 ekonomi di STIE KUSUMA NEGARA JAKARTA ( kuliah malam )

    jika masih ada lowongan diharapkan kemurahan hati Ibu / Bapak untuk menghubungi saya di no
    021- 93543805
    081908067129

    terima kasih

  63. Saya Rudi Agung, 27 tahun, domisili Jakarta. Saya berniat sekali menjadi jurnalis, terutama untuk media cetak. Kecintaan pada dunia jurnalistik dan pengalaman di dunia jurnalis baru dimulai selama menjadi mahasiswa, yakni menjadi reporter dan koordinator liputan rubrik Laporan Utama pada pers kampus “Bestari” Universitas Muhammadiyah Malang, selama dua tahun. Secara kebetulan juga pernah menjadi “reporter magang” di Harian Umum Republika, Jakarta. Pada kesempatan ini saya di tugaskan pada desk Laporan Utama Ahad dan Dialog Jumat, sesekali pernah juga menuliskan features yang alahamdulillah di muat pada HL. Selanjutnya saya juga pernah magang di sebuah SDIT di Jakarta sebagai redaksi pelaksana sebuah buletin di tempat terkait. Sebelum menjadi mahasiswa saya bekerja di perusahaan otomoif, Astra dan perusahaan farmasi selama empat tahun.
    Saat ini saya ingin sekali mendalami dunia jurnalistik dan menjadi jurnalis, dengan motivasi ibadah, menambah wawasan, jaringan, dan mencari segala manfaat yang bisa diperoleh dari “profesi mulia” ini. Jika ada perusahaan pers yang tertarik, dapat hubungi ke 0852. 349. 05995 atau posting mail di untukrap@gmail.com
    Saya siap untuk dibutuhkan kapanpun dan di tempatkan di kota manapun. Terima kasih.

  64. Saya berusia 21 tahun, Alumni dari Universitas Padjajaran, Fakultas Ilmu Komunikasi, Program Studi DIII Penyiaran. lulus tanggal, 27 April 2007. pengalaman: Penyiar LAdeeJay RAdio SkyFM Bandung 2006, Magang Kerja pada Stasiun Televisi INDOSIAR JAkarta 2007 bidang Produksi NonDrama. lulus dengan predikat “CUMLAUDE” IPK 3,53. Saya memiliki kesehatan yang baik, loyalitas tinggi, disiplin, jujur, cepat memahami bidang baru yang sedang dikerjakan, dapat mengendarai kendaraan motor maupun mobil. dan saya bersedia diletakan pada bagian yang sesuai dan yang sedang dibutuhkan perusahaan. atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih banyak.
    0818 0213 2344.

  65. Buat anda yang merasa memiliki jiwa Jurnalis. Kami menerima karya tulis dengan mengangkat tema “Sukses”.

    Silahkan kirim tulisan Anda melalui email:

    nol.tujuh@yahoo.com

    “Jangan Berfikir Apa Yang Kita Tulis Tidak Akan Di Baca, Tapi Yakinlah, suatu saat nanti Tulisan Kita Akan Berguna Untuk Diri Sendiri, dan Orang Lain”
    :)

  66. Assalaamu’alaikum wr.wb

    kepada saudara/saudari sekalian . . .
    Saya seorang mahasiswa etnomusikologi ISI Yogyakarta. Hendak meminta saran, terkait dengan dunia kerja dalam bidang jurnalistik. Menurut saudara, dengan latar belakang studi yang kini sedang saya jalani, kira-kira hal seperti apa yang akan mampu mengawinkan saya dengan dunia jurnalistik . Sekian saya berpesan, harap sambut dengan balasan.He3x

  67. saya pernah kerja di LKBN antara Biro Palembang, pernah kerja di Surat Khabar Suara Rakyat Semesta anak Perusahaan dari Pikiran Rakyat Bandung.
    juga pernah di harian lokal sumatera selatan Media Sumatera.
    saat ini masih aktif di media mingguan terbitan jakarta.
    bila ada perusahaan penerbitan pers baik cetak maupun televisi yang memerlukan tenaga saya boleh dicoba, karena saya juga memiliki kamera camcorder untuk menjadi kontributor broadcasting televisi.
    tapi kalau bisa yang kerjanya diwilayah provinsi Sumatera Selatan saja

  68. saya pernah kerja di LKBN antara Biro Palembang, pernah kerja di Surat Khabar Suara Rakyat Semesta anak Perusahaan dari Pikiran Rakyat Bandung.
    juga pernah di harian lokal sumatera selatan Media Sumatera.
    saat ini masih aktif di media mingguan terbitan jakarta.
    bila ada perusahaan penerbitan pers baik cetak maupun televisi yang memerlukan tenaga saya boleh dicoba, karena saya juga memiliki kamera camcorder untuk menjadi kontributor broadcasting televisi.
    tapi kalau bisa yang kerjanya diwilayah provinsi Sumatera Selatan saja

    contak aku 081373073931 atau email adriyan_eka@plasa.com

  69. nama saya ghamal noordiansyah, usia saya hampir 21 tahun, saya masih kuliah jurnalistik di Universitas Indonusa Esa Unggul (UIEU) angkatan 2005, ipk saya 3.25, saya belum memilki pengalman sebagai jurnalist, saya mampu menggunakan kamera photo slr, kamera video, menggunkan aplikasi photoshop dan adobe promire. saya juga mampu berbahasa inggris pasif. saya sangat membutuhkan pekerjaan sebagai wartawan karena pekerjaan inilah cita2 saya.
    saya sangat suka menulis dan saya suka sekali bertualang mencari tempat baru, sehingga pekerjaan dan berkarier sbg wartawan yang paling cocok untuk saya.
    saya mengaharapkan pekerjaan sebagai wartawan di media cetak maupun tv. saya berjanji akan menjaga kepercayaan dari orang yang memberi kesempatan.
    saya memiliki setifikat pelatihan dari Universitas Negeri Jakarta dan School Broadcast for media, dan LIA.
    saya aktif sebagai organisatoris sejak SMA menjabat sebagai Wakil ketua OSIS, kemudian saya jug aktif pernah menajabat sebgai ketua BEM FIKOM UIEU, periode 2006-2007. saya juga aktif di IMIKI (ikatan mahasiswa ilmu komunikasi)

    saya tunggu tantangan anda semua, karena saya sngat mengingikan tantangan sebagai jurnalis
    no telp 021- 91856559

  70. Saya mencari kerjaan di tv nasional sebagai editor gambar, design graphic. saat ini saya sedang bekerja di salah satu tv lokal di pekanbaru. saya memiliki kemampuan adobe premiere, sony vegas, photoimpact, after effect. jika ada lowongan buat saya, tolong di kabari ke email saya lili_dya09@yahoo.com. atas perhatian nya saya ucapkan terimakasih….=)

  71. saya mahasiswa komunikasi jurusan Public Relations semester 5, di universitas Mercu Buana angkatan 2005, ipk saya 3,3.
    apakah ada lowongan magang yang sesuai dengan jurusan saya?

    skill
    english
    read – average
    written – average
    speak – average
    serta memiliki sertifikat LIA

    saya aktif di organisasi kampus HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) berjabatan sebagai Ketua HMJ PR.
    saya juga memiliki sertifikat ESQ.

    diharapkan respon yang kira – kira berguna bagi saya.
    no. telp 93306116

  72. apakah ada lowongan/magang menjadi wartawanm/ reporteer di koran lokal jateng, seperti: solo pos, koglo semar, suara merdeka, radar solo, radarbanyumas, dan sebagainya. trims

  73. saya masih kuliah di Univ. Bung Karno dan masih dalam tahap penyelesaian skripsi, di kampus saya menjadi editor dan layout bagi koran kampus “Jas Merah” yang baru berdiri, saya juga senag menggeluti fotografi, travelling, hiking, sampai menjadi seorang relawan SAR yang tergabung dalam FRPBA (ForumRelawan Penanggulangan Bencana Alam) pwngalaman saya dalam dunia ini cukup banyak dan banyak mengenal daerah. saya juga masih aktif sebagai mahasiswa di Akademi Teknologi Grafika Trisakti Jakarta angkatan 2005 (agak telat), sekarang saya bekerja bekerja membuat usaha bersama advertising “BulbTempayan” dan “Esa Production” bersama kawan – kawan, saya sangat ingin sekali bergabung apabila ada kesempatan untuk menjadi seorang reporter yang bertugas ke luar daerah , karena saya cenderung lebih menyukai kegiatan outdoor dibandingkan bekerja dikantor dan hanya duduk. Apabila di beri kesempatan, perkenankan saya untuk bergabung seagai reporter liputan ke daerah. Atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

  74. saya baru masuk di situs ini. Kebetulan selama kuliah [lulus 2007] aktif di pers mahasiswa [2001-2006]. Sekarang bekerja di penerbitan sebagai korektor bahasa. Berminat jika ada lowongan pekerjaan jurnalistik. Mohon jika ada, saya disertakan infonya.

    email: tamam_mam@yahoo.com [http://tamam-inspirati.blogspot.com

  75. Dua Pulau Seribu Satu
    *)F. Moses

    Desember, aku menganggapnya sebagai bulan kemuliaan, dalam ingatan. Setidaknya ihwal pertobatan—entah tobat karena apa. Dan, ihwal yang di antaranya ingatan akan pekerjaan pernah terlewati. Aku dan pekerjaan bagai awan yang menggantung di tengah hamparan cakrawala. Suatu ketika kebersamaan jadikannya air: hujan menyejukan. Suatu ketika pula, bagai sepasang awan hitam yang mampu keluarkan kilat membahayakan saat bersentuhan. Sentuhan yang mampu mematikan orang yang sedang ada di bawah. Entah bawah mana. Entah bawah apa. Suatu Desember kelabu jika memang demikian. Apa boleh buat, Desember. Bulan terakhir di akhir tahun. Bulan yang menggenapi suatu masa selama setahun.

    Entah kenapa sampai demikian hebatnya Desember aku anggap sebagai bulan kemuliaan bahkan ihwal pertobatan. Aneh. Setidaknya, bukankah seharusnya aku sibuk berpikir tentang langkah awal tahun nanti. Sekalipun harus kembali bersusah payah kembali bekerja di awal tahun yang baru. Atau setidaknya lagi berpikir di awal nanti menjadi lebih berpengharapan. Ah, lantas kemarin tidak berpengharapan? Seingatku, sebaliknya. Tapi entahlah, aku tidak tahu. Yang kutahu, sejak Januari hingga Desember adalah bekas luka di tubuhku. Ingatanku. Sebagian orang pernah bilang bahwa ingatan kadang menjengkelkan. Tapi ingatan tinggalah ingatan. Ingatan tidak punya salah, sekalipun mampu menjadikannya luka cukup menahun. Luka yang tidak berarti sakit bagiku, karena kadang ia kerap menyembuhkan. Sudahlah, persetan dengan luka. Paling tidak, bernostalgia dengan ingatan.

    Januari sampai Desember, kala itu, sampai kini masih terbaring dalam ingatanku. Aku terpisah dari keluarga, terlebih ayah: kepergian yang selamanya pergi dan tak akan pernah kembali—kecuali, sesekali ayah pernah hadir sebagai bunga mimpi. Bunga mimpi; tergambar kehangatan yang masih seperti dulu. Juga ibu, bayangnya selalu di antara langkah maupun separuh waktuku. Ibu serupa udara di sekeliling. Sekadar mengingatnya, bagiku detak jam adalah kata-katanya. Rasanya, petanda supaya kulekas pulang saja. Barangkali. Mungkin karena ibu kerap ingatkanku akan waktu: dia tidak pernah bisa di ulang. Kecuali, di ingat. Dan waktu ini pula mengharuskanku sejenak pisah dengannya.

    Kemudian kekasih, Sejak saat itulah berkomitmen untuk tetap setia meski terpisah oleh jarak. Ruang dan waktu kian jauh, sekalipun cinta kami terbilang hebat. Tetap jauh. Lagi-lagi, meski orang pernah bilang bahwa jauh mata dekat hati. Entah seberapa hebat kata orang bilang demikian. Entah seberapa dahsyat pula pembuktiannya.

    Sejak itu pulalah, kami sama-sama hidup di masing-masing pulau. Pulau yang sungguh unik. Betapa anehnya. Keanehan yang membuat kami punya kesamaan cerita tentang pulau kami yang ternyata tidak berpenghuni. Penghuni manusia. Kecuali, sekawanan binatang. Ya, hanya binatang. Mereka cerdik dan pintar. Berakal cemerlang. Kami menyebutnya: inilah dua pulau seribu satu. Ajaib sepanjang masa. Dan hanya kami yang tahu.

    Sejak januari hingga Desember itu pula, kami seperti melakukan hubungan jauh: kata hanya terhubungkan oleh perasaan. Berangkat dari rasa. Semacam firasat—yang ingin saling menggugat ketika berlainan ruang. Menggugat takdir. Sementara takdir kadang tak tergugat. Entah kenapa kami berdua mesti jauh. Walau demikian, kami tetap punya kesamaan; bekerja di lain pulau. Pulau unik. Dua pulau seribu satu. Betapa hebatnya.

    Sekali lagi, dalam hati yang selalu terkatakan, inilah ingatan terdahsyat. Januari hingga Desember waktu itu terus membayang. Dalam lamunan tanpa terasa hingga petang ini aku terus berpikir: dua pulau seribu satu, aku ingin kembali padamu. Tidakkah kau tahu? Hanya kami yang tahu.

    Dalam lamunan. Dalam ingatan. Tanpa terasa lamunanku terputus, tiba saja Ibu mendekat. Cukup mengagetkan.

    “Apa yang kamu lakukan? Sudah berbulan-bulan sejak awal tahun itu kerjamu cuma melamun,” kata Ibu ringan sambil terus berjalan. Hanya itu yang Ibu ucapkan. Ya, singkat saja. Pertanyaan yang hanya terus bertanya seperti itu.

    Aku hanya diam. Seperti kian ternikmati oleh ingatan. Sambil menatap ke arah daun jendela yang perlahan terdorong oleh angin utara. Sungguh, betapa aku ternikmati oleh ingatan.

    ***

    Tanpa terasa, hampir dua tahun, aku masih bermain-main dengan ingatan. Dan sudah berkali-kali pula Ibu mengeluarkan banyak pertanyaan. Barangkali kini ia bosan untuk bertanya-tanya lagi. Entahlah. Hanya aku yang tahu. Ya, hanya aku yang tahu: ingin kembali bekerja di pulau itu. Ibu, andai saja kau tahu. Sayangnya, tidak tahu. Rasanya tak perlu kau tahu. Dan orang-orang di sini juga tidak perlu tahu.

    Dan, sekali lagi, dalam keseharian yang penuh ingatan hanya ingin aku katakan padamu. Kau pasti tahu. Aku hanya ingin kembali bekerja di pulau itu. Pulau unik. Dua pulau seribu satu. Sangat lain daripada yang lain.

    Tapi, kadang dalam ingatan aku berpikir, entah kenapa mereka waktu itu di pulau itu tidak melanjutkan agar aku tetap bekerja. Setidaknya; setahun, dua tahun, atau bahkan tiga tahun lagi mereka mempekerjakan aku lagi. Jika perlu sampai selamanya—sampai aku tidak mampu lagi bekerja. Karena, toh sekalipun tiba saatnya aku tak mampu lagi bekerja, mereka cukup lebih lama untuk terus bekerja. Bagaimana tidak, dari segi usia saja mereka jauh lebih panjang. Asal kau tahu, di antara mereka bahkan ada yang mampu hidup sampai usia 250 tahun-an. Betapa hebatnya. Betapa uniknya.

    Sekali lagi, hanya aku katakan kepadamu: ingin kembali bekerja di pulau itu. Dua pulau seribu satu. Entah kenapa mereka waktu itu tidak mempekerjakan aku lagi. Hanya setahun. Hanya Januari sampai Desember. Suatu masa yang membatu dalam ingatan.

    ***

    Dalam lamunan. Dalam ingatan. Aku ingin kembali bekerja di pulau itu. Dan sungguh tidak ada angan sedikit pun untuk bekerja selain di pulau itu. Pulau yang telah membekas dalam ingatan. Sekalipun pernah menjadi luka. Luka ingatan. Luka yang menyembuhkan dari pulau unik itu. Dua pulau seribu satu.

    Dalam lamunan, terkadang masih kuingat kekasihku: entah bagaimana kabar kamu di sana sekarang. Seperti yang telah aku katakan. Aku dan kekasih hanya terhubungkan oleh rasa. Rasa menjadikannya kata. kata hanya terhubungkan oleh perasaan. Berangkat dari rasa. Semacam firasat—yang ingin saling menggugat ketika berlainan ruang. Barangkali.

    Karena bagiku jelas sekali, kehidupan di sini sangat berbeda dengan kehidupan di pulau itu. Pulau itu sangat menakjubkan. Kehidupan sungguh ada di mana-mana. Semua kehidupan amat terasa begitu bersahaja. Damai. Waktu itu, awalnya memang cukup menakutkan. Seluruh tubuhku sepertinya hanya terisi oleh kengerian. Seolah ketakutan amat menyatu bersama daging-daging di tubuh. Lama-lama, perlahan-lahan, rasa itu hilang.

    Terlebih kehidupan sesama pekerja di sana, sekalipun aku dan lainnya adalah pribadi yang terlahir dari bentuk rupa yang sangat lain daripada yang lain, suasana terasa begitu harmonis. Tidak ada persaingan. Sekalipun ada, semua itu disikapi oleh rasa saling menghargai.

    Masing-masing dari kami mempunyai kekhasan dan ciri yang sangat berbeda pula, yaitu bahasa. Terkadang, di antara kami sangat tidak mengerti dari masing-masing bahasa ucap. Jika sudah demikian, kami menggunakan bahasa rasa. Sebuah bahasa dari perasaan—yang semacam mengisyaratkan dalam berperilaku dan memperlakukan lawan bicara. Entah siapa pun lawan bicaranya itu.

    Terlebih masalah pembagian pendapatan, sungguh terasa begitu jujur dan adil. Tidak ada korupsi, kolusi, nepotisme, kesewenang-wenangan kekuasaan, dan entah apalagi namanya. Betapa hebatnya. Pulau unik. Dua pulau seribu satu: dua pulau antara aku dan kekasih.

    Kehidupan di pulau itu, sesama makhluk hidup, juga sangat rukun. Padahal mereka berasal dari asal nenek moyang yang sangat berbeda-beda. Tidak pernah ada perselisihan dalam kehidupan mereka. Betapa hebat dan uniknya. Betapa aku iri.

    ***

    Musim tidak berubah. Dari arah utara masih setia mengembuskan angin. Perlahan menyibak dedaunan di antara pohon. Perlahan pula mendorong daun jendela rumahku. Menjadikannya terbuka. Semilir yang datang perlahan pun membasuh wajahku. Semakin menyejukan ingatanku saja.

    Dalam lamunan. Dalam ingatan. Pulau unik. Dua pulau seribu satu. Tidak terasa betapa aku lamunkannya tiap saat dan paruh waktu. Entah telah memasuki tahun keberapa aku kemas dalam ingatan. Ingatan yang setidaknya menyembuhkan semua luka kehidupan di sini.

    Dalam kesibukan lamunan dan ingatan, kemudian tiba-tiba saja, setelah sekian lama tidak kembali bertanya, dalam lamunan Ibu kembali mendekatiku. Perlahan. Dari wajahnya terbaca sebuah kegelisahan. Dugaanku. Ternyata benar. Ibu kembali oleh pertanyaan yang sama.

    Aku hanya diam. Aku masih melamun. Aku masih ingin bernostalgia dengan ingatanku. Ketimbang memikirkan kehidupan di sini: dunia yang amat terbalik dengan kehidupan pulau itu. Jauh sangat berbeda. Ya, pulau unik. Dua pulau seribu satu. Yang hanya berisi makhluk hidup sekawanan binatang. Aku ingin kembali ke pulau itu. Aku ingin kau sudahi ingatan ini. Aku di sini iri kepadamu. Bagaimana dengan kau?

    Telukbetung, Januari 2008
    Telepon:081318514911

    mampukah bekerja di pulau itu?

  76. Hallo nama saya Noesseno, biasa dipanggil seno, saya seorang fotografer pemula, usia 23 tahun, saya lulusan darwis triadi school of photography, pengalaman saya antara lain dokumentasi acara musik, launching produk, foto model. Saya jg menyukai bidang jurnalistik, walaupun blm punya pengalaman. Bila berminat bs email saya di noesseno@hotmail.com, atau telp saya di 08129671450. thx

  77. mas saya sangat tertarik dan membutuhkan pekerjaan tersebut, saya pernah kuliah di ITS (jurs D3 mesin) tahun 1996 tapi 2000 mengundurkan diri. sedangkan pengalaman saya, didunia jurnalistik pernah di majalah pendidikan,(waktu kuliah), koran umum nasional, tabloid hoby (nama tabloidnya trend hobi. satu group di media kemala group, nota bnenya milik dari yayasan kemala bayhangkari). dan sampai saat ini saya bekerja di majalah Dunia Hoby yang kantor pusatnya di Bali. saya siap apabila untuk diwawancara, dan menunjukan karya tulis saya. untuk informasi pekerjaan lain bisa di postingkan di email saya “inxra_lee@yahoo.co.id” atau di nomer 0817581580, sekali lagi terima kasih

  78. saya lulusan dari PKN LPKIA Bandung dari jurusan Administrasi Bisnis Kesekretarisan dengan IPK 3.32. Kualifikasi pekerjaan yang saya inginkan yaitu dibidang sekretaris redaksi (sred).
    Besar harapan saya untuk bergabung di media anda. Terima kasih.

    email : nie_boo@yahoo.com
    no.telp : 081322076668
    085754490044

  79. Saya Rovitavare, 33, sebelumnya sebagai wartawan Majalah Tenis Indonesia selama 3 tahun..hobi foto dan selalu suka memotret..terlebih jurnalistik…lebih suka lagi ofot olahraga..

    Tolong kalau ada info perusahaan media yang membutuhkan wartawan foto khususnya sport photography, hubungi saya di rovitenis@yahoo.co.id…..Terima Kasih Sebelumnya…

  80. salam kenal dari saya, mahasiswa s1 ui. saya ingin sekali menjadi seorang reporter junior. selama ini saya telah memiliki pengalaman menjadi wartawan kampus dan luar kampus (tidak terlalu jauh) tetapi minat saya didunia jurnalistik sangat besar. saya juga senang yang namanya nulis menulis(cerpen, karya ilmiah, opini dan cita2 novel).

    abilabila ada lowongan kembali tolong di posting…trim’s
    ini e-mail saya……bekti.vanvries@yahoo.com dan no.hp saya
    08989254291

  81. ini CV Aku ya jika ada lowongan tolong kabari ya

    CURRICULUM VITAE

    Personal Data

    Nama : Aron jefri sitorus
    No. KTP : 12.14.14.070278.0004
    Tempat/ Tanggal Lahir : tapanuli / 07 Februaru 1978
    Alamat : Jalan Arjuna CF ; 04 Tropodo waru Sidoajo jawa timur.
    Nomor Telpon (HP) : 081396520778
    Email : jefry_aron@yahoo.com
    Jenis Kelamin : Laki-laki
    Status : Belum Kawin
    Tinggi : 167 cm
    Berat : 64 Kg
    Kesehatan : Baik
    Mampu Berbahasa : Indonesia, Batak ,jawa
    Kewargaan : Indonesia, Aceh
    Skill : Computer Literate on Windows Applications, MS Office, Page Maker,-
    Photoshop, CorelDraw, Internet, Repair Computer, Fotografer, Cameraman video, Komunikasi dengan masyarakat, dapat berkerja bersama team, etc.

    Pendidikan Formal

    SDN Tapanuli
    SLTPN Tapanuli
    STM Tapanuli

    Pengalaman Kerja

    sekarang lg aktif jadi reporter portal nasional ciber media

  82. salam,

    nama saya ori,berpengalaman di bidang media.Bila ada informasi lowongan untuk posisi wartawan saya harap bisa diberi info.Pengin mengasah di bid jurnalistik serta menambah wawasan dan pengalaman petualangan.

  83. lowongan ini bisa buat posisi part-time gak? saya mahasiswi semeseter 7, pernah bekerja sebagai editor in chief buletin bahssa inggris kampus, reporter radio kampus, penyiar radio, penerjemah berita di RRI jakarta dan penulis freelance. saya tertarik di bidang jurnalistik. tapi semester depan saya cuma ambil skripsi.p engen bisa gabung d majalah anda.

  84. saya seorang lulusan serjana kedokteran hewan,
    tapi saya menyenangi bidang pertelevisian seperti reporter, dan pembaca berita.
    bisa tidak saya melamar
    tolong kirem saya syaratnya
    Trim’s
    085260322710

  85. Salam kompak !! Saya dari Jambi dan pernah menekuni dunia jurnalistik selama 4 tahun lebih. Apakah ada lowongan untuk wartawan ?
    Handpone: 082269077551
    085368823609

Tinggalkan Balasan

