Tips masuk dunia jurnalistik (1)

Banyak pertanyaan seputar bagaimana memasuki dunia jurnalistik ketika sebuah lowongan dipasang. Bagaimana caranya ? Mengapa saya gagal ? Saya baru lulus bisakah masuk ke dunia jurnalistik. Lalu mau melamar bagaimana caranya ?

Pertanyaan serupa pernah muncul dalam benak saya sebelum memasuki dunia jurnalistik.

Salah satu tip untuk memasuki dunia jurnalistik adalah kesiapan dari dalam diri kita ? Apakah kita benar senang melihat bagaimana kesibukan para wartawan, presenter televisi atau radio dan berbagai tokoh jurnalistik berbicara soal media ? Jika ya, maka teruskan pada tahap berikutnya.

Mengapa minat menggebu ini penting ? Karena dengan modal inilah semua kesulitan bisa diselesaikan. Minat yang tinggi dinggal digabung dengan skills, misalnya membuat cv dan wawancara.

Jika minat sudah ada, maka mulailah bertindak menuju dunia jurnalistik dengan banyak menulis, banyak membuat analisa dan membuat opini di media massa di kota Anda. Identifikasi minat Anda. Bila bermimat di dunia sastra, mulailah dengan menulis puisi, prosa atau cerpen. Mulailah sekarang juga apalagi bagi yang akan lulus. Tulisan Anda di sebuah media daerah atau bahkan media nasional akan memperkuat bobot Anda dibandingkan dengan rekan lainnya ketika sama-sama mengajukan lamaran ke sebuah perusahaan.

Jika tidak bisa dimuat, saran Mochtar Lubis, buatlah tulisan setiap hari – sekali lagi setiap hari – di buku harian Anda. Membiasakan memberi komentar dan deskripsi akan memberikan kekuatan dan modal penting dalam liputan di masa datang. Saran Mochtar Lubis – tokoh sastra ini – sangatlah berarti karena begitu Anda memang tuts komputer atau pena, kadang-kadang Anda tidak berani mengungkapkan perasaan, opini atau argumentasi. Anda menjadi pemalu.

Nah bagaimana Anda bisa pemalu menulis komentar tentang peristiwa di sekitar Anda mulai dari kasus korupsi, banjur, got mampet, kemarau panjang dan angkot yang tidak disiplin, kalau bisa berbicara dan berdebat dengan rekan Anda tentang suatu masalah yang lagi hot. Kebiasaan menulis buku harian – tidak selalu tentang romantisme Anda – mengenai topik sosial, nasional dan internasional akan membuat Anda terbiasa dan terbuka dalam mengajuka pendapat. Anda juga bisa terbiasa menuliskan secara runtut dan logis.

Bila sudah selesai, kaji dan baca kembali. Siapa tahu memang dari situ kelihatan bakat Anda dalam penulisan. Tidak selalu tentu tulisan pertama akan menjadi karya yang terpuji, tetapi Anda telah mengawali langkah untuk memasuki karir di dunia jurnalistik.

Sekali lagi mulailah menulis. Tulis apa saja, beri komentar apa saja. Lalu perlahan-lahan buatlah ulasan terhadap peristiwa yang menarik minat Anda. Keluarkanlah seluruh pengetahuan dan daya analisa Anda, niscaya ini akan menuntun ke dunia lebih luas dalam tahap awal dunia jurnalistik.

Jangan menyerah jika selama satu hari, Anda tidak menulis apapun karena merasa buntu pikiran. Saat kesulitan seperti itulah yang menentukan apakah Anda menyerah atau terus maju.

About these ads

204 thoughts on “Tips masuk dunia jurnalistik (1)

  1. saya saat ini sedang menunggu hasil tes di National Geographic. tapi dada rasanya nyesak begitu mendengar ada kabar tentang ‘perjanjian setan’ antara Media Grup (Media Indonesia) dan Gramedia Grup untuk tidak saling membajak karyawan. mas pernah dengar kabar seperti ini?

  2. Saya belum dengar itu. Sebaiknya tetap berpikir positif saja. Jangan biarkan pikiran terganggu dengan hal-hal negatif. Siapkan juga langkah-langkah untuk mengembangkan karir. Saya akan coba mengungkapkan beberapa hal dalam berkarir dalam tulisan mendatang. Sekali lagi, tetaplah berpikir positif semua ada hikmahnya.

  3. salam perkenalan mas…
    saya berminat dengan dunia tulis menulis
    sampai saat ini saya sudah mulai mencoba menulis, tapi belum pede untuk kirim ke harian lokal maupun nasional, tapi itu lebih kepada faktor non-teknis
    sementara yang jadi perhatian saya adalah ketika saya mengirimkan tulisan ke suatu media dan tidak diterbitkan berarti ada yang kurang baik dengan tulisan saya, sementara saya tidak bisa mengetahui dimana letak kesalahan saya
    mohon sarannya, terima kasih ya mas

  4. salam kenal mas….
    Saya sekarang masih SMA kelas 3 gitu…dan jujur aja saya tertarik banget ama yang namanya tulis menulis…
    Tapi saya ga tau univ mana yang bagus buat mempelajari tentang jurnalistik…
    Saya juga ga terlalu PD buat mublikasiin hasil tulisan saya…
    Ya takut salah gitu…
    ada tips2 laen yang harus saya ketahui ga’??
    Thx mas….

    • Mungkin buku “Jurnalist?Ah,Gampang?” dapat membantu keberanian Anda untuk menulis dan mengiriman karya Anda ke media massa. Buku ini sangat lengkap untuk media cetak dan elektronik. Gaya tuturnya cerdas, homuris dan gampang. Sehingga Anda mudah mempelajarinya. Coba klik di tokobagus.com atau berniaga.com. Trims. Semoga Sukses!

  5. wah modal bagus kalau sudah berminat ya Mas Yurista. Mochtar Lubis menyarankan tuliskan pengalaman setiap hari – ya setiap hari – untuk melancarkan bahasa Anda. Niscaya akan berguna nanti. Tulis pendapat apa saja! Universitas banyak pilihannya: Unpad perintis utama fakultas komunikasi, tapi Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada juga OK. Di Jakarta ada Univ Dr Sutomo, jurusan jurnalistiknya bagus. Publikasikan pendapat Anda meskipun hanya puisi atau humor empat baris. Do it now!

  6. saya suka dunia jurnalistik,tapi saya beum menemukan bakat menulis saya saya hanya sering menyadur atau mengcopy tulisan orang atau omongan orang lain. Apa itu salah dan pada saat saya ingin menulis kejadian sesuatu, saya sulit sekali menetukan karakter tulisan saya. dan lagi saya sering pasang surut semangat atau sesaat semngat kemudian males melanjutkan nya. tolong kasih komentar dan opini untuk saya. saya sangat ingin menjadi jurnalis.

  7. saya sekarang lagi menempuh kuliah denag jurasan jurnalistik………………………..
    tapi saya belom tau langkah apa yang saya akan ambil dalam dunia jurnalistik,apakah wartawan,reporter,atau penulis????????????
    jujur saya senang banget ma yang namanya jurnalistik dan saya kadang nulis-nulis apa yang saya rasakan ke dalam buku2 pribadi saya……
    tolong kasih saya komentar apa yang harus saya lakukan selanjutnya untuk ngejalanin nya dalam dunia jurnalistik yang sedang saya tempuh dan untuk ke depan nya.terimakasih

    • Mungkin buku “Jurnalist?Ah,Gampang?” dapat membantu keberanian Anda untuk menulis dan mengiriman karya Anda ke media massa. Buku ini sangat lengkap untuk media cetak dan elektronik. Gaya tuturnya cerdas, homuris dan gampang. Sehingga Anda mudah mempelajarinya. Coba klik di tokobagus.com atau berniaga.com. Trims. Semoga Sukses!

  8. haloo.,.. salam kenal,, saya baru lulus dari SMIP PARAMITHA 1 JAKARTA,,, saya sangat berminat pada dunia journalist,, ingin mendalami bahkan menjadi seorang journalist / wartawan…khususnya dalam bidang pariwisata,, umur saya sekarang 18 tahun,,saya sangat suka menulis tentang dunia pariwisata,, mungkin karena basic sekolah saya dari pariwisata,,saya suka menulis tentang kebudayaan suatu negara….
    saya penen banget masuk ke sekolah journalist,, tapi biaya yang tidak mendukung… karena ayah saya sudah pensiun,,awal saya suka,, adalah karena ayah bbekerja di koran BISNIS INDONESIA,,SAtu waktu pernah dibawa ayah ke percetakan koran,, saat itu tengah malam saya meliat mereka mengerjar deadline koran terbit pagi itu… impian saya sebenernya jadi presenter di acara pariwisata,, contoh: jalan-jalan..tapi sepertinya impian saya akan terputus gitu aja,, karena saya tidak bisa melanjutkan sekolah,,, dan karena saya sekarang sudah bekerja di dwidaya travel agent,, saya sebenernya pengen banget ikut kursus journalist, tapi gak tau dimana tempatnya???
    waktu yang saya punya cuma hari minnggu… impian saya pingin banget ngeliput dunia pariwisata indonesia dan mancanegara dengan basic bahasa asing dan ilmu pariwisata yang saya punya…. tolong bantu saya ya….

    • slam knal juga buat smua x. nma sya sarah,, jujur sya msh SMA lz 2. tp sya sngat tertrik dngan dunia jurnalistik,, bxk hal xg pngen q tw dri dunia jurnaliostik trsebut…
      qt hrus optimis ???? dmna ada kemauan dstu ad jalan ???

    • Mungkin buku “Jurnalist?Ah,Gampang?” dapat membantu keberanian Anda untuk menulis dan mengiriman karya Anda ke media massa. Buku ini sangat lengkap untuk media cetak dan elektronik. Gaya tuturnya cerdas, homuris dan gampang. Sehingga Anda mudah mempelajarinya. Buku ini juga disertai media untuk latihan yang secara rutin akan memuat karya Anda. Coba klik di tokobagus.com atau berniaga.com. Trims. Semoga Sukses!

  9. Salam kenal sebelumnya…
    Tulisan anda sangat menginspirasi saya yg saat ini sedang belajar menulis. Sudah lama saya menyukai dunia tulis menulis namun sering tidak bisa tersalurkan dengan baik. Herannya ketika kita ngobrol tentang suatu topik, mengapa bisa berjam2 tapi ketika disuruh nulis kita seperti kehabisan kata. Saya sendiri merasa sangat sulit untuk bisa konsisten menulis meskipun suka menulis dari dulu. Ternyata suka saja tidak cukup, harus dimulai dg latihan2 menulis juga ya…

  10. Sy mahasiswa baru angkatan 2006 pada jurusan ilmu komunikasi di salah satu universitas negeri. Memang, jurnalistik adl hal yang baru bagi saya. Yang saya tahu sebelumnya i. komunikasi hanya fokus pada bidang publik relation saja. Wow, tapi saya sering baca koran dan berpikir, gimana sih suatu erita di koran dibuat?Kok mereka sampai tahu suatu peristiwa di suatu tempat yg terpencil sekalipun ,dan melaporkannya dengan susunan berita yang berbahasa baik dengan tenggang waktu yang sangat 2 tight sampai ke redaksi ?
    Belum lagi para penulis tetap di media cetak terkemuka, kok ngga keabisan ide gitu ? Ya saya jd ingin mendalami (dan itu harus, karena sesuai jurusan sy..)dan untuk menjadikan bidang jurnalistik ini sbg profesi tetap…?! mengapa tidak..?

  11. trs trng sy sdng bngung krn bru 2bln msk LPM DIDAKTIKA UNJ sdh dbri tgs u/mnuls LapUt bultn kmps.mmbwt TOR n wwncr sdh dlkkukn,sy sdh mnmukn angle yg akn dbhs.sy bngung bgmn hrs mnuangkn ide dng bhs jurnlst krn hl tsb bru.sy mmpljri gaya pnulsn LPM kmps dr bultn sblmny,tp sy ttp bngung bgmn bs mnghslkn tlsn2 yg mnrk sprt snior2 sy,sy agk pmalu u/brtny kpd mrk mk sy mncri info sbnyk mngkn dIntrnt,krn yg sy ingnkn a/tlsn sy jd dng bgs dan mnrk n mrk mmbri kmntr baik trhdp sy tnpa tw bhw sbnrny sy blm tw bnyk ttg dunia jrnkstk.bysny sy mmbwt tlsn yg sdh sd krngka krngnny smntra dlm hl ini tdk.sy tdk tw elemen2 ap sj yg hrs dmsukkn dlm LapUt atw rubrk2 lain yg dkmudyn hr mngkn sj dtgskn kpd sy.SY MHN SRN N INFO SBNYK MUNKIN U/PNULIS JURNLSTK PMULA SPRTI SY,KRN INI HL BRU.SY INGN PNY BNYK TMN YG BS MENSUPPORT N MMBRI SRN KPD SY.BS KRM E-MAIL KE de_greenlovers@yahoo.com.SY SDH MNCOBA SRN dWbsite ni tp hslny blm trlht,sy hmpr khlngn smngt,tp sy tdk mw jk sy smpai pts asa,krn sy sngt trtrik dng dunia jurnlstk sjk SMU.TLG BNTU SY…

    dSy-mhsswa jur.Bhs dan Sastra Indonesia
    Fak.Bhs dan Seni UNJ angk.2006

    • Mungkin buku “Jurnalist?Ah,Gampang?” dapat membantu keberanian Anda untuk menulis dan mengiriman karya Anda ke media massa. Buku ini sangat lengkap untuk media cetak dan elektronik. Gaya tuturnya cerdas, homuris dan gampang. Sehingga Anda mudah mempelajarinya. Buku ini juga disertai media untuk latihan yang secara rutin akan memuat karya Anda. Coba klik di tokobagus.com atau berniaga.com. Trims. Semoga Sukses!

  12. Salam kenal ya mas….
    Saya sangat tertarik pada dunia tulis menulis…sejak SD hingga sekarang saya kuliah di Univ Tarumanagar Jur Psikologi. Saya suka sekali menulis puisi, artikel, cerpen ataupun tulisan lainna. Saya ingin sekali dapat bekerja atau magang di suatu redaksi majalah atau surat kabar sehingga dapat menambah pengetahuan dan pengalaman di dunia tulis menulis. Qra-kira gimana ya mas caranya?dan redaksi majalah apa yang menerima mahasiswa sebagai magang. Untuk perhatiannya saya ucapkan terima kasih….

    • Mungkin buku “Jurnalist?Ah,Gampang?” dapat membantu keberanian Anda untuk menulis dan mengiriman karya Anda ke media massa. Buku ini sangat lengkap untuk media cetak dan elektronik. Gaya tuturnya cerdas, homuris dan gampang. Sehingga Anda mudah mempelajarinya. Buku ini juga disertai media untuk latihan yang secara rutin akan memuat karya Anda. Coba klik di tokobagus.com atau berniaga.com. Trims. Semoga Sukses!

  13. saya sukaaaaaaaaaa bgt sama yg namanya jurnalistik,apalagi pelajaran bahasa. Prospek saya ke depan ingin skali menjadi news reader seperti rossianna sillalahi, meutya hafid, virgy baker,dll. tp saya ga tau bgaimana caranya utk mencapai smua itu. sekarang saya baru kekas 1 di SMA 62,Jakarta. saya merasa belum ada apa2nya. dr skrng saya sdh mulai aktif menulis puisi,cerpen, dan aktif dalam adu argumentasi disekolah. yg saya tanyakan, apa yg hrs saya lakukan agar lebih nyata saya dpt menekuni dunia jurnalistik khususnya reporter/news reader. mohon sarannya yach……

    • Mungkin buku “Jurnalist?Ah,Gampang?” dapat membantu keberanian Anda untuk menulis dan mengiriman karya Anda ke media massa. Buku ini sangat lengkap untuk media cetak dan elektronik. Gaya tuturnya cerdas, homuris dan gampang. Sehingga Anda mudah mempelajarinya. Buku ini juga disertai media untuk latihan yang secara rutin akan memuat karya Anda. Coba klik di tokobagus.com atau berniaga.com. Trims. Semoga Sukses!

  14. salam kenal mas…
    saat ini, saya bekerja di perusahaan jasa televisi multichannel. saya berpikir untuk mencoba kemungkinan menjadi seorang jurnalis namun ada beberapa kendala yang mungkin menghambat diri saya, saya orang yang berkeringat dan kemampuan bahasa inggris tidak begitu bagus.
    tolong beri motivasi pada saya agar berani melangkah menjadi seorang jurnalis
    terimakasih mas

  15. saya kebetulan lagi bikin makalah buat tugas bahasa indonesia di sekolah. saya butuh bahan2 dan data2!! topik yg saya angkat yaitu peranan jurnalistik di segala bidang.
    mudah2an ini akan membantu

  16. saya juga pernah dengar kabar ‘perjanjian setan’ semacam itu. ada teman yang sudah wawancara dengan petinggi majalah wanita x, bahkan sudah dijanjikan hanya tinggal membicarakn masalah gaji saja, eh…sampai hari ini tidak dikabari apa-apa. Dengar-dengar, karena majalah wanita X dan Y membuat perjanjian sejenis. Sangat tidak dewasa!

  17. aku tertarik bagt , ma dunia jurnalistik. Bahkan itu adalah cita2ku selama ini…..
    soal tulis menulis, aku dah bikin 2 novel, asli bikinanku sendiri. aku kirim ke gramedia by POS, kok gak ada konfirmasi kembali ke aku dari juli 2006. katanya naskah novelku gak sampe…duh aku kecewa bgt ma POS INDONESIA. naskah novelku hilang sampe sekrang. tapi sekarang aku lagi dalam proses naskah novel ke 3. aku gak pernah pinjemin naskah itu ke temen2 ato orang terdekatku. aku malu kalo novelku gak menarik.
    masalahnya gimana caranya bisa masuk dunia jurnalistik sesunggunhnya. lulusan SMA????
    aku juga dah konsultasi dengan salah satu reporter metro TV yang aku knl. ada lembaga pelatihan jadi jurnalis di jogja, tapi dengan syarat minimal pendidikan S1 apa aja, ikut pelatihan selama 6 bulan….

    mohon petunjuknya untuk ini….
    trima kasih……

  18. salam pak,
    nama saya putri.umur 23 dan saat ini saya sedang kuliah di fakultas hukum ekstensi universitas indonesia.saya sangat ingin mejadi jurnalis.karena saya ingin menceritakan kepada semua orang apa yang saya lihat.saya sudah tahu keinginan saya ini.tetapi saya masih kebingungan apa yang harus saya lakukan.dulu saya masih rajin membuat tulisan2 baik di buku harian atau di komputer.tapi saya selalu merasa tidak yakin.yakin belum tentu dengan kemampuan kan pak?
    untuk suka dengan para jurnalis dan menulis mungkin saya rasa saya bisa mengembangkannya.tetapi untuk tahap berikutnya..saya tidak tahu.
    apakh menurut bapak saya harus mengambil jurusan atau kursus untuk ini?
    mohon sarannya
    terima kasih

  19. artikel kek gini bguna banget buat bahan novel yang lagi aku tulis. mudah-mudahan aku cukup bisa mlukiskan dunia jurnalis yah! walaupun ngga gtu kentara…

  20. Dunia wartawan kerap kali identik dengan wartawan amplop. Masih banyak perusahaan surat kabar yang mempekerjakan wartawannnya dengan gaji di bawah standar untuk itu saya yang sudah 4 tahun bergelut di dunia jurnalis terus mencari di mana media yang mampu memberikan upah sesuai dengan pekerjaan ini

  21. Dear, penulis.. Perkenalkan nama saya Thomas Bowo. Saya sangat tertarik menjadi seorang Jurnalis meski sejatinya saya tak mempunyai latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan ilmu jurnalistik. Meski saya tak mempunyai kesempatan menimba ilmu di universitas jurusan Ilmu komunikasi, hal itu tidak menjadi persoalan serius dalam diri saya untuk mau berkarya di bidang tulis-menulis.
    Kesempatan yang dinanti-nantikan itu akhirnya datang juga pada januari 2005, dimana untuk pertama kalinya komentar saya di muat di Tabloid olahraga nasional, BOLA dengan judul saatnya bangkit, Spurs.
    Karena kecintaan saya pada sepak bola inilah yang menjadi modal awal bagi saya pribadi untuk bisa menyusun kata-kata agar bisa dimuat Tabloid BOLA yang terbit tiap Selasa dan Jum’at itu..
    Dua tahun berselang sebanyak 10 karya saya telah di muat di BOLA dan menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri bisa melakukan hal hebat itu..
    Memang benar, Butuh kerja keras mewujudkan impian..

    • wih masbero saya tertarik nih sama cerita masbero…
      saya sangat suka dengan sepakbola seperti masbero tapi saya belum mempunyai pengetahuan yang mumpuni tentang jurnalistik, tetapi minat saya adalah menjadi jurnalis.
      masbero tolong bimbing saya supaya saya lebih tau tentang dunia jurnalistik karena saya saat ini ingin mengambil jurusan tentang jurnalistik di sebuah universitas di jakarta
      terima kasih sebelumnya..

  22. Untuk semua yang merasa tak percaya diri dalam menulis ada baiknya membiasakan diri membaca buku atau surat kabar. Surat kabar yang hendak dibaca sebaiknya harus memiliki latar belakang para penulis yang mumpuni, agar kita pun dapat juga terbiasa bercakap-cakap dengan gaya bahasa penulis.
    Alasan itu sebenarnya menjadi senjata ampuh bagi calon penulis untuk mau berani mencoba menulis.
    Adalah lebih baik bagi anak-anak muda lainnya untuk segera terjun di lingkungan yang positif seperti menulis salah satunya. Satu pesan saya jika anda telah menemukan ritmenya dalam menulis, anda akan benar-benar ketagihan untuk mau mencobanya lagi dan lagi..
    Ayo, Teruslah berkarya, Generasi muda kami menantikan Indonesia yang lebih baik lagi.
    Salam dari saya..Thomas bowo gunawanto, 23 thn, Tangerang

  23. Salam kenal semua,,, saya mahasiswa angkatan 2006, umur saya baru 19 tahun, semula saya kuliah di jurusan Seni di Unsyiah Banda Aceh.
    kecintaan saya terhadap dunia jurnalis dimulai ketika masih duduk dibangku SMP. meski jarang menulis, tekad saya yang besar menarik saya untuk masuk di salah satu media lokal di Aceh.
    semula saya juga berpikir, bagaimana orang menulis di sebuah koran? dalam waktu singkat, si wartawan harus menulis berbagai kejadian.
    pertama saya masuk, saya mengalami banyak kesulitan. Tapi, karena tekad untuk belajar, dalam waktu singkat saya akhirnya bisa, bahkan sanggup menyaingi senior dalam produktifitas dan grid berita.
    Percayalah, Dunia Jurnalis membutuhkan tekad yang kuat. Dengan tekad untuk belajar, saya yakin, semua orang pasti bisa.

  24. Salam kenal untuk semua teman-teman !

    saya adalah seorang photografer lulusan dari yogyakarta dan baru saja memasuki dunia jurnalis pada saat ini,sebelumnya saya bekerja dengan dunia advertsing tetapi saya sangat senang bisa menggeluti dunia jurnal dan saya pun harus belajar.
    posisi saya sekarang bekerja di majalah SECURITY Indonesia dan saya sangat senang biarpun saya baru tetapi ini motivasi saya untuk mencari sesuatu yang baru dan harus mempunyai tekad yang kuat dalam bekerja,tanpa ini kita tidak bisa mendapatkan suatu berita.
    Untuk teman-teman jurnalis jangan pantang menyerah bila kita belum mendapatkan suatu berita yang kita buru,kalaw perlu menunggu yang kita buru sama seperti jurnalis-jurnalis bule x ya,,,…..!Cu mas.

  25. salam kenal, saya dari kediri, mohon dikirimiartikel-artikel tentang jurnalistik, seperti teknik menulis artikel, resensi buku, featur, esay, tajuk, kolom, serta contoh-contoh dari berbagai tulisan tersebut.
    terima kasih sebelumnya

  26. Semangat!!!
    Saya suka pekerjaan yang mengandalkan kretifitas dan berinteraksi dengan orang lain. Saat ini saya mencari lowongan dalam bidang jurnalistik. Dengan posisi apa pun, saya menyukai tantangan. Saya hobby menikmati buku, bukan hanya isi bacaan, namun saya melihat bagaimana sebuah buku dikemas sebagus itu, atau, saya berpikir, bagaimana orang yang menulis buku ini mengatur hidupnya dan bagaimana ia mengimajinasikan pikirannya. Ketika saya melihat presenter televisi atau pembaca berita, saya berpikir, bagaimana orang itu bisa tidak bosan melihat kamera, bagaimana ia menjaga suaranya agar tidak serak saat membaca berita, dan satu lagi, kenapa ia sepandai itu. Yah.. itu hanya sebgaian kecil gagasan saya, yang paling saya inginkan, saat ini diberi kesempatan untuk masuk dalam jajaran pekerjaan media massa. Bagi yang ingin berbaik hati kepada saya, tolong kirimkan informasi yang ada tentang lowongan bekerja di media massa melalui
    e mail : deknieng_yusroo@yahoo.co.id
    Saya adalah lulusan Ilmu Pemerintahan FISIP UNDIP Semarang. Saya bisa menjaga penampilan dan tanggungjawab saya. Okey…

  27. salam kenal bwt smuanya!!!
    skrang saya sedang kuliah di sebuah universitas negeri n jurusan komunikasi. saya seneng banget yang namanya jurnalistik, sebab itu saya ingin tau lebih banyak lagi mengenai jurnalistik. mohon bimbingan kakak senior ya!

  28. Ping-balik: 2007 November 01 « Rakamura’s Weblog

  29. Ping-balik: B. Informasi 2 : Dunia Jurnalistik « Vindre’s Weblog

  30. Ping-balik: B. Informasi 1 : Dunia Jurnalistik « Galihdangerous’s Weblog

  31. Ping-balik: Dunia Jurnalistik « Rendang’s Weblog

  32. Ping-balik: Tips masuk dunia jurnalistik (1) « Boutem’s Weblog

  33. salam kenal ya.., emn.. bagus juga nih tulisan kamu.. buat nambah2 pengetahuanku ttg journalist.. he, thanks bangettt dah ngebagi ilmunya.. see u next time..

  34. Salam kenal…
    Saya adalah seorang siswi di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kota Bogor. Saya ingin bertanya, apabila saya telah lulus nanti kemana saya harus melanjutkan pendidikan tuk menjadi seorang Jurnalis…??

    saya sangat tertarik dengan dunia itu..karena menurut saya, pekerjaan itu memiliki sesuatu yang berbeda dari pekerjaan” yang lainnya…ketegangan disaat meliput peristiwa yang luar biasa…dan tentunya rasa kebanggaan yang sangat luar biasa,,jika berita yang kita liput berhasil mengclearkan masalah yang tadinya dianggap tabu… :)

    mohon bimbingannya…
    trims… :)

  35. saya adalah fresh graduate dari suatu universitas negeri, dengan konsentrasi bidang pendidikan bahasa inggris dan saya baru saja mengikuti serangkain tes bagi calon wartawan di salah satu media cetak terbesar di Indonesia. Pada awalnya saya sangat kaget waktu nama saya terus tercantum sebagai kandidat yg lolos tes, dengan alasan saya sama sekali tidak memiliki penglaman di bidang jurnalistik. jujur!! saya takut mengambil langkah ke depan mengingat minimnya penglaman yg saya miliki dibandingkan teman-teman yang lain. menurut anda, apakah saya benar-benar cocok di bidang ini (ini merupakan impian sejak di SMP)?apakah saya mampu terus melangkah dengan teman-teamn yang berpenglaman tersebut?????terimakasih atas tanggapannya…

  36. Saya adalah mahasiswa tahun ketiga di salah Sekolah Tinggi Telekomunikasi di Bandung. Nama saya Raditya. Dunia tulis menulis ini sangat menarik saya. Belajar untuk mencritakan segala sesuatu, entah itu based on true story or just my imagination sudah saya lakukan sejak saya kecil.

    Banyak cerpen dan ada sekitar 4 novel yang telah saya buat. Sayangnya saya tak pernah punya keberanian untuk mencoba mengirimkannya ke penerbit, entah itu penerbit besar ataupun kecil. Yang saya lakukan hanyalah sebatas memberikan hardcopy kepada teman-teman atau orang-orang terdekat saya. Ada perasaan puas tersendiri yang saya rasakan ketika mereka mengatakan bahwa mereka menyukai cerita yang saya buat. Tapi yang paling saya harapkan adalah kritik dari mereka agar saya bisa semakin mengembangkan diri hingga nantinya saya mempunyai keberanian untuk mengirimkan karya saya.

    Yang saya ingin ketahui adalah, kira-kira kesalahan apa saja yang biasanya dilakukan oleh penulis hingga banyak penulis yang karyanya ditolak oleh penerbit.

  37. Terimakasih sekali adanya blog ini..

    Saya siswi kelas 2 SMA di sudut kota antara Jakarta Timur dan Jawa Barat..alah! Tanpa berbasa-basi yang sangat banci,langsung saja saya ingin curhat dan diharuskan membalas ya mas..
    Saya bisa dibilang telat menyukai dunia jurnalis. Saya mulai suka menulis baru-baru ini..enggak ding! kelas 1 deh.
    Saya ingin mendalami terus,tapi sepertinya dari pihak keluarga belum mau mengijinkan saya berkecimpung di dunia jurnalis. Saya tak memiliki bakatlah, hanya ikut-ikutanlah. Terserah deh apakata mereka. Toh saya yang akan buktikan. Modal yang saya punya sih cuma nekat nulis apa saja yang ingin saya tulis. Dan ketika ada kesempatan untuk di publish,saya akan mengirimkan tulisan saya. Walaupun hanya puisi picisan atau artikel amatiran. Ada rasa bangga ketika tulisan-tulisan yang saya buat dapat menghibur dan berguna bagi teman-teman saya atau bahkan buat saya sendiri.
    Disini saya ingin menyerap ilmu dari orang-orang yang memang sudah ada di dunia jurnalis. Saya ingin tahu dan paham lebih banyak,apa itu jurnalis.
    Segitu saja dari saya.
    Terimakasih dah dikasih kesempatan dan sudah dibaca.
    Siapapun anda,tolong bales yaa..

  38. makasih mas..!
    ilmu saya jadi tambah. mas saya mau cerita, kebetulan empat tulisan saya pernah dimuat di dua majalah nasional dan kolom daerah. ketika saya selang beberapa hari mengirimkan tulisan pada media tersebut dalam kolom yang sama pula, ternyata tulisan saya tidak dimuat. kemudian yang ingin saya tanyakan, apakah hal yang tidak membuat tulisan saya tidak dimuat karena bentuk, tema, dan isinya yang tidak menarik dibanding tulisan sebelumnya, apa memang ada kode etik dari media untuk tidak memuat artikel dari satu penulis secara berdekatan. apabila yang terjadi adalah kemungkinan kedua (karena berdekatan), bias tidak mas memberi tahu saya tentang batasan pengiriman dari media untuk penulis yang sama dan dalam rubrik yang sama? terimakasih

  39. hallo mas nama saya silvi saat ini sedang menempuh kuliah akhir jurusan HI unpad ,saya berniat melanjutkan lagi untuk mgambil bidang jurnalistik,saat ini sedang menulis beberapa artikel tapi msh blum rampung..oh ya mas saya berniat melanjutkan bid jurnalistik di Amerika,.saya sedang mencari jalur beasiswa tapi memnag ingin serius menekuni dunia jurnalitik,mas punya chanel untk beasiswa jurnalistik..

    sebelumnya makasih,.tulisan mas bgus banyk ngebuka pandanga saya tentang dunia jurnalistik yang katanya penuh propaganda..(just what TV said)

    silvie_charlottecute1709@yahoo.com

    silvi_bdg

  40. saya sangat berminat terjun ke dunia jurnalistik. Tapi saya ragu apakah saya mampu menjalaninya. dari kecil saya sangat suka apabila ada seorang wartawan melaporkan langsung berita lewat tv. saya suka menulis, apapun saya tulis. Rasanya sehari tidak menulis seperti ingin teriak.

  41. Meskipun baru kelas X (1 SMA) tetapi saya semangat saya sudah menggebu-gebu untuk memasuki dunia jurnalistik. Senangnya lagi di sekolah saya SMA N 49 Jakarta ada ekskultentang jurnalistikyang bernama reportase. Hal itu menambah kuat keinginan saya untuk lebih memasuki dunia jurnalistik. Terima kasih atas tulisannya.

  42. ketertarikan saya pada dunia jurnalistik begiru meledak-ledak. Saat ini saya sedang mencoba menulis novel.Namun yang menjadi kendala adalah ketika ide sudah mandek, yang ada cuma bengong.Bagaimana agar ide terus mengalir itulah yang ingin saya tanyakan.please… beri tips jitu.

  43. Saya tertarik ingin tau tentang hubungan internasional Timur Tengah dan hubungan Internasional tentang Afrika tolong camtumkan
    artikel mengenai ini. di website ini.

  44. mas, ak ingin masuk dunia jurnalis tapi saya kuliah di advertising,sekiranya cita2 sya jadi jurnalis bisa ga?…..
    karna kadar ekonomi saya amat sangat kritis, ja di saya tidak bisa ambil jurusan jurnalis….

  45. Mas, saya seorang mahasiswi jurnalistik. Pengen banget jadi wartawan freelance di Jakarta. Tapi saya bener2 nggak tau link-nya & bagaimana caranya untk bisa jadi wartawan freelance. Bisa minta tolong dipandu,mas. Terimakasih

  46. Salam kenal mas..
    saat ini saya kuliah di BEC, disana ada ekskul jurnalis. Daya tertarik…Tapi sebenarnya saya ingin tahu banyak dunia jurnalistik..apa mas bisa ngasih informasi buat saya!

    Kunjungi situs blog saya..di giechuz.woerdpress.com

  47. assalamualaikum..
    saat ini saya baru saja lulus dari SMA negeri Jakarta. saya tertarik dengan dunia jurnalistik karena pada saat kelas 2 SMA , saya pernah mengurus sebuah majalah sekolah dan menjabat sebagai redaktur peliputan luar.tugas saya di majalah tersebut adalah menentukan tempat yang harus diliput sesuai tema majalah pada setiap edisi, membuat janji dengan narasumber, membuat struktur wawancara, dan terkdang saya terjun langsung sebagai pewawancara.sedangkan dalam urusan mengubah semua bahan mentah tersebut menjadi artikel ada lagi yang menangani dan saya hanya bertugas untuk mengeditnya saja.saya pernah beberapa kali ikut menyumbang menulis artikel dalam majalah sekolah tersebut tetapi hasilnya kurang begitu bagus.saya sendiri pun masih belum begitu percaya diri untuk terjun ke dunia jurnalistik walaupun ketertarikan dalam dunia pencari fakta ini sangat besar. untuk selanjutnya saya berniat kuliah di institut ilmu sosial dan politik jakarta dengan jurusan jurnalistik,apakah itu pilihan yang tepat?

  48. Assalamualaikum, met malam.
    saya tertarik dengan dunia jurnalistik. sebenarnya ini bermula karena teman saya ngajak untuk masuk ke dalam departemen baru dalam keluarga mahasiswa.
    saya masih dalam belajar, tapi masih belum tau bagaimana memulianya. ada yang bilang, belajarlah dengan menulis dan mengungkapkan apa yang ada dan bermanfaat untuk orang lain.
    dari mana saya harus mulai? dasar-dasar jurnalistik? ada yang memiliki materi dalam bentuk softcopy?
    matur nuwun dan terima kasih.

  49. assalamu’alaikum…
    saya sangat berminat dalam dunia jurnalistik dan saya ingin sekali bekerja didunia ini. sekarang saya masih kuliah semester 3 dan saya sudah mempunyai pengalaman kerja selam kurang lebih 3 tahun sebagai guru bahasa inggris disalah satu tempat kursus di daerah tangerang..
    Apabila ada kesempatan untuk saya bekerja dibidang ini mohon diinformasikan ke e-mail saya.
    terima kasih.

  50. halo, salam kenal mas
    saya mencoba menerapkan tips yang sudah ditulis dalam blog ini karena saya memang menginginkan profesi sebagai seorang jurnalis…
    jujur saja, memang susah untuk menulis pada awalnya, akan tetapi saya membiasakan diri untuk terus menulis…
    artikel saya sering ditolak oleh beberapa media massa, namun akhirnya dengan membuat blog sendiri di wordpress, saya sudah mulai terbiasa, dan sudsah tidak merasa down lagi ketika pak pos memberikan amplop yang berisi artikel saya yang tidak dimuat….
    dan memang ketika saya menjalani wawancara di beberapa media massa, mereka menjadi antusias ketika saya menyatakan bahwa saya memiliki blog sendiri dan mempublikasikan artikel saya disana…
    ditunggu lagi nih mas tips2 berikutnya untuk menjadi jurnalis yang baik…

    -salam-
    (kunjungi blog saya di asrini.wordpress.com)

  51. mas .saya adalah mahasiswa tehnik.sebenarnya dari dulu saya hobi menulis,tapi entah mengapa saya belum yakin atas tulisan saya,dulu sewaktu sekolah saya sering menulis. Tapi setelah saya baca hasil tulisan saya,saya pasti menghapusnya.saya slalu mempunyai pikiran bahwa tulisan saya SUCK dan tidak pantas dibaca. Menurut mas,apa yang harus saya lakukan agar saya bisa terus menulis? Dan apa yang harus saya tulis,secara saya anak tehnik yang mendapat didikan disiplin dari Univ saya?

  52. salam budaya…

    mas, saya seorang mahasiswi semester 3 jurusan sastra inggris. mulai dulu saya sangat senang sekali menulis, saya sering membuat naskah teater yang dipentaskan di kampus,saya juga seorang penulis cerpen & puisi(tapi novel pertama saya belum selesai di tulis).
    saya ingin bertanya, sebenarnya kualifikasi apa yang ditanyakan saat seseorang melamar pekerjaan sebagai wartawan,reporter atau yang berhubungan dg dunia berita?

    kira2 saya lebih baik mengikuti penjurusan apa dalam sastra inggris smster depan??
    linguistic atau literaturenya Mas????
    thanks before,,salam kenal Mas………..

  53. mas,saya lagi ngurus orgnisasi jurnalistik di kampus saya politeknik negeri di bid keshatan di bandung …
    saat ini saya binngung senior2 saya sedang sibuk dengan tugas masing2 oia saya sudah tingkat 2 alias semester4 saya bingung apa yg musti pertama saya lakukan untuk menggerakkan organisasi ini…saya bagai ayam kehilangan induk…
    sedangkan di bawah saya banyak adik2 tingkat yang haus akan ilmu jurnalistik…

    mohon dukungan dan komentarnya….

  54. salam kenal tuk semuanya,

    wah terimakasih banget atas tips2nya ,bisa menambah kecintaan saya terhadap dunia jurnalis, silahkan berbagi ilmunya di kangnono.blogspot.com saya menerima dengan senang hati.. :)

  55. Mas,thank banged wat inf0rm tentang jurnalistiknya berkat inf0rm dari mas buat aku tambah yakin sama pilihan hidup aku buat jadi jurnalis..
    Sekarang kan aku masih keLas 2 SMA,aku minta inf0rm tentang univ2 di ind0nesia yang t0p cer abiez d0nk dalam jurusan jurnalistik,m0h0n inf0rmasinyaa ya..

    Terima kasih_

  56. Saya sangat tertarik dalam dunia jurnalistik dan juga advertising. tapi saya bingung bagaimana cara saya untuk mengembangkannya.
    Berkat informasi mas saya menjadi termotifasi dan ingin mencari kemudian mengembangkan keiginan tersebut

    ThaNk’s InfOrMasiNya…

  57. Terikasi sebelumnya…..
    Saya memang memerlukan ini. Dengn secara dikit demi dikit saya ingin menggapai cita – cita saya dengan mengikuti Extra Jurnalistik. Dan saya disetiap pertemuan saya menulis karangan. Seperti puisi, cerpen, pantun, profil, cergam, cerdong, dan lain – ain.

  58. Terimakasih sebelumnya,
    Saya siswi dari MAN TARUMAJAYA, di sekolah saya sudah diterbitkan majalah sekolah, karena sekolah saya masih baru kami baru menerbiykan edisi kedua dan saya sebagai pimred.
    Saya ingin meminta saran, bagaimana mendapatkan modal dengan mudah untuk percetakan majalah kami, apakah dengan mengajukan proposal ke suatu lembaga/perusahaan, atau adakh cara selain itu?
    Saya membutuhkan jawaban anda.

  59. saya terkadang pesimis, apakah saya bisa jadi jurnalis, sedangkan saya hanya lulusan SMA. Meski kemudian saya melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah yang juga belakangan belum jelas statusnya di depdik. Ini semakin membuat saya semakin minder dan sering berfikir “ah, saya memang tidak bisa”.

    saya mau nanya, apakah seorang yang hanya lulusan SMA bisa menjadi jurnalis? adakah contoh orangnya?

    Yang saya lihat memang, perusahaan lebih tertarik dan merekomendasikan hasil tenaga jurnalis mereka minimal es satu. Apakah harus seperti itu?

    Akhirnya, terkadang juga saya berfikir untuk membangun usaha penerbitan yang nanti saya sendiri yang akan menggawanginya. Ini berawal dari ketahuandiri saya. saya sadar betul, saya hanya lulusan SMS. Mereka yang menjadi selektor tidak akan pernah melirik kepada mereka yang kacangan, seperti saya. Mungkin.

    Sehingga membuat majalah sendiri dengan merekrut jurnalis jurnalis pinggiran, saya kira, adalah sebuah solusi terbaik. Tidak perlu minder apalagi merasa kalah. Saya yakin, saya juga adalah kompetitor yang hebat meski belum teruji.

    Ayo, siapa tertarik dengan pendapat saya ini? terutama mereka yang hanya lulusan SMA tapi mau menulis. Apalagi bagi mereka yang sudah berulang ulang “dilempar” dari proses seleksi. Tidak ada salahnya kita mencoba. Iya kan?

  60. wah..sepertinya Damae perlu belajar dari Mas nih,,
    Sebelumnya,,,
    Assalamu’alaikum..
    Saya Damae, salah satu siswi MALHIKDUA SCHOOL. Kebetulan saya juga seorang warcil ( wartawan kecil ) di website MALHIKDUA. Damae suka dunia sastra dan jurnalistik, saya juga ikut bergabung dalam komunitas blogger.
    Setelah saya membaca postingan Mas diatas, semakin meyakinkan saya untuk mengembangkan kreatifitas dan bakat saya. Sekalipun saya belum tahu apa-apa tentang hal itu tapi setidaknya dengan belajar dan latihan bukan mustahil bila saya juga bisa menjadi seperti Mas, Iya kan…

  61. hiii….
    dsi msh ank sekolah…dsi suka bgt nulis….tapi blum bisa namnya ngumpulin suatu buat di jadiin buku….
    pgn bgt bisa buat buku….
    dsi suka nulis tapi suka ga pede nti tulisnya di senengi atau ga????

    • dsi…
      Sering orang berniat menulis, tapi sulit memulainya.. Itu karena, kebanyakan orang selalu ingin menulis yg bombastis dan ingin terus tulisannya nanti disegani orang..
      Nafsu besar inilah yg mmbuat orang sulit untuk menulis, bahkan lngsung mengaku dirinya g bisa nulis…

      Coba mulai menulis dngan apa yg kamu lihat ato pikirkan sekarang. Misalnya, kamu melihat pintu. Tulis saja, aku menatap pintu kamarku. Pintu itu berwarna bla…bla… dst.

      Yakinlah bahwa saat kmu mnulis satu kata, segudng kata lainnya akan ‘reflek’ terpikir dgn sendirinya dan itu terus mengalir, dengan syarat jangan pernah mengedit tulisan saat kmu lagi menulis. Menulislah saja dulu.

      Jadi tak ada alsan sebenarnya orang ga bisa menulis. Biasakan menulis seperti kita bertutur, karena tulisanmu nanti mudah dipahami…

      waduh.. kepanjangan nee… hahaha sory..

      inilah bukti asiknya menulis. Ketika sudah memulai, susah untuk berhenti..

  62. salam jurnalistik..
    saya seorang mahasiswa awal …mengambil jurnalistik sebagai konsentrasi studi…
    belakangan saya lumayan tergerak untuk menulis beberapa hal yang mengganggu pikiran saya…
    tapi bagaimana caranya agar ide2 yang ada dalam kepala tidak menguap begitu saja…???
    terima kasih..

    • Yang penting anda memiliki minat yang berkobar-kobar dan tekun mengikuti cita-cita. Jangan takut karir dimanapun perlu ketekunan dan semangat niscaya akan berhasil. Di dunia jurnalistik, Anda bisa berkeliling ke dunia, mengenali berbagai suku bangsa, perjalanan yang menarik

  63. saya ingin sekali menjadi seorang reporter berita,tapi saya ragu akan kemampuan saya. Pengetahuan saya tidak begitu luas. mohon kasih tips/kiat-kiat untuk menjadi seorang reporter yang profesional. Terima kasih

    • Banyak cara menjadi reporter. Yang pertama kalau reporter televisi tentu suara yang dipentingkan. Suara Anda terdengar enak atau isitlahnya otoritatif. Nah setelah itu asahlah kemampuan anda dalam menguasai persoalan dengan banyak membaca dan mengkaji.

  64. salam jurnalistik..
    Saya baru saja menyelesaikan kuliah diploma di Unsyiah, Banda Aceh. Umur saya 23 tahun. Saya cuma mau berbagi sedikit pengalaman.
    Saya sudah setahun lebih menjadi jurnalis di media cetak, kini online di Aceh. Sebelumnya saya sempat bergelut di Pers kampus, saat kuliah.
    Jurnalis adalah pekerjaan menantang. Menjadi jurnalis, tak perlu terlalu pintar, tapi harus terus belajar, pantang menyerah. Harus slalu ada rasa ingin tahu, dan berusaha mencarinya.
    Manfaat besar menjadi jurnalis adalah membuka mata kita untuk mengetahui realita sosial, dan kita bebas berteman dengan siapa saja. Tapi tetap menjunjung etika.
    Saran saya, bagi Anda yg ingin jadi jurnalis, perbanyak membaca, bukan hanya berita orang tapi apa saja. Dan, berupaya memahami maslah disekitar kita. Dan jika dikampus anda ada organisasi Pers mahasiswa, tak ada salahnya Adnda bergabung. Carilah pengalaman di sana, karena untuk menjadi wartwan profesional tak cukup hanya bermodal mampu menulis, tapi juga tau cara mencarinya. Karena kita menulis untuk mewartakan kepada publik. Dan jurnalis bisa mengubah dunia dengan tulisannya. Tak percaya, coba saja….

    • Bung Salman saran Anda memang bagus sekali. Mulailan aktif dalam menulis sejak kampus dan mulailah banyak berorganisasi di kampus karena lembaga jurnalistik itu sendiri sebuah organisasi.

  65. Salam Jurnalistik…

    saya kuliah di salah satu univ di Sby, sekarang saya sem 5 dan ambil konsen Jurnalistik.
    terimakasih buat ilmu Jurnalisnya…
    saya jadi makin termotivasi…
    Pastinya saya akan lebih memperdalam lagi dan lebih berusah lagi menjadi yang lebih baik…

    Tetap semangat…

  66. Ping-balik: JurnaListik wOrld « wartawan

    • SALAM KENAL DULU…….
      JURNALISTIK NGAJARIN KT tntg dunia luar,so aq suka banget dgn alm terbuka,aq jg lg blajr b.ing tuk prsapan msk jrsn jurnlistk,doain y………..
      be spirit please guys,i think u can!

  67. kan gini gua kaga begitu suka sama yang namanya nulis menulis tapi yang gua suka pada bagiaan mewawancarai dan photo2 doang. itu kira2 bisa ga ya jadi jurnalis
    makasih

  68. asslm…

    mas dan mbak…
    aku baru kls 3 sma…

    aku pngin bgt jdi seorang reporter,,

    bsa ksh tau gak,,sekolah jurnalistik mna yg bgus????

    tlong d bles y,,,k email aku aj,,

    makasi,,,

    wass..

  69. saya mahasiswa semester 3 di Pendidikan Biologi.
    saya berkecimpung di jurnalis sejak SMP (menjadi reporter sekolah. he…)
    sampe saat ini, di tengah kesibukan kuliah yang sebegitu padatnya… saya masih tetep pengen ngembangin diri di dunia jurnalis…dan memilih aktif di LPM kampus.
    mohon bagi pengalaman dong buat aku…
    trimz.

  70. assalamu alaikum……………………..
    aku sekarang lg program mata kuliah jurnalistik, kalau materinya sich aku udah tahu, tapi cara kerjanya aku pusing, namun aku masih semangat, salx sich aku suka banget dunia jurnalistik

  71. ass semua nya ..
    maksih bangeut udh bantu ..
    umur arsha masih 19 taun, arsha kuliah d universitas pasundan, dan mengambil jurusan jurnalistik arsha punya niat yang besar buat menjadi jurnalis, mohon bantuan nya bangeut supaya arsha bisa sukses seperti kalian semua, dan menjadi jurnalis seperti yang arsha cita cita kan …

    terima kasih :)

    salam kenal ..

  72. ass…..
    saya seorang siswa kelas 3 SMA..
    dari dulu saya sangat mencintai dunia jurnalistik, maka dari itu saya sangat bercita-cita menjadi seorang wartawan/reporter, dan bekerja di sebuah kantor yg menerbitkan buku,,
    semoga cita-cita ini bisa terwujudkan,
    amin

  73. aslm,,,. terus terang aku tdk punya bakat untuk berkecimpung di duniajurnalistik, tapi saya punya keinginan yang kuat untuk itu, apakah saya bisa berhasil?

  74. saya siswi sman kelas 3. rencananya mau masuk jurusan jurnalistik. tapi saya kadang ragu. saya sangat menyukai menulis, tapi saya kurang menyukai menjadi presenter atau wartawan, yang mewawancara narasumber. saya jauh lebih suka menjadi penulis atau menulis di majalah/media on line. atau merancang tulisan-tulisan, lay out di majalah/media on line. atau terkadang juga merancang acara karena saya suka melihat performance yang menggali potensi orang.

    jadi bagaimana ya bagusnya?

  75. assalamu’alaikum,,,,,
    sya siswa kls X SMK, di sklh ada ektrakurikuler mengenai jurnalistik……
    terus terang sya tdk punya bakat untuk masuk di dunia jurnalistik, tapi saya punya keinginan yang kuat untuk itu, saya ingin lebih ekspresif untuk menulis, mmbri ggsan, n tidak pmalu…
    apakah saya bisa berhasil?

  76. Sedikit tambahan, cukup sederhana, bahwa jurnalis tak lepas dari pena dan kertas, serta kamera. kita fokus dengan tema yang sedang kita hadapi, intinya banyak bertanya seolah-olah kita tidak tahu, dan memang bisa juga kita tidak mengetahuinya. kieingin tahuan itu lebih bagus dari pada sok tahu, jadi kita tidak salah dalam mempublikasi…. trims.

  77. saya andi, saya kuliah semester 3 di salah satu universitas di bilangan jakarta selatan.

    keinginan saya tergolong dadakan di bidang jurnalistik, karena sebelom nya saya mempunyai pendapat jurnalistik itu, begitu sangat tidak menarik, tetapi pas saya melihat temen saya yang sudah jd wartawan di salah satu tv swasta, saya menjadi sangat tertarik hal ini dikarenakan dia sibuk terus dan mempunyai wawasan luas ttg apa yang sedang terjadi di nasional maupun internasional , mmmmmmm, dilain sisi teman saya itu bekerja dan mendapat gaji ( hehe) dan secara tidak langsung teman saya itu mendapatkan wawasan yang luas yang di dapat dr pekerjaan ini.
    saya tiba tiba sangat tertarik dengan pekerjaan di bidang jurnalistik ini, bukan semata mata hanya gaji yang saya incar tetapi ilmu jurnal dan wawasan itu yang saya inginkan.

    tolong beri saya saran bagaimana langkah saya selanjut nya untuk benar2 mendalami ilmu itu ?
    sampai sekarang, pelampiasan saya untuk tulis menulis hanya di blogg saja ! hehe

  78. aku suka banget sama dunia jurnalistik..
    aku juga suka nulis diary setiap hari..
    dan memberi komentar” yang terjadi di sekeliling aku..
    aku lebih suka menulis dibandingkan dengan bicara..
    jadi apapun yang menjadi unek” aku itu biasanya cuma bisa aku keluarkan lewat tulisan saja dibandingkan berbicara langsung..
    apakah aku masih tetap bisa masuk ke dunia jurnalistik?

  79. Ping-balik: Tips masuk dunia jurnalistik (2) « Journalist’s Adventure

  80. Ping-balik: Tips masuk dunia jurnalistik (1)

  81. thanks mas atas infonya nih….saya seneng bgt liat jurnalis tuh…saya sering nulis opini n suka debat tentnag hal2 yg lagi hot ttg politik or kebijakan….cuman lom pernah d publish j…..pengen bgt jadi jurnalis..cuman masih gak tw caranya……

  82. Sy aan andri yano,Dari SMAN1 kandanghaur, indramayu , waduh, mas. Kalau bgtu. Hrus bner2 d0ng ea?? Hri minggu tgl 4 april 2010.. Sy akan mengikuti lomba jurnalistik di cirebon. Aduh,jadi deg2an… Makasih ea mas.

  83. Saya sangat tertarik dengan dunia jurnalis, akan tetapi terus terang saya belum tahu sumber penghasilan didunia jurnalis dari mana….?
    terima kasih.

  84. saya sekarang bekerja di sebuah media majalah. saya suka sekali menulis puisi, cerpen ataupun perasaan saya pada sebuah buku, apalagi kalau saya kesal dan marah sama seseorang. selama ini banyak yang memuji tulisan saya bahkan waktu saya di sma saya pernah kirim sebuah cerpen di sebuah tabloid dan karangan saya langsung di terbitkan. emang saya puas hari itu. tapi kebiasaan buruk saya, saya sering malas menulis sekarang apa karna saya banyak masalah ya? sekarang saya bekerja disebuah majalah nasional, memang tulisan saya ada yang dipuji dan ada pula yang sering dikomplin. emang kadang saya kurang fokus menulis berita klau saya ada masalah. saya mau tanya apa yang harus saya lakukan supaya saya lebih fokus. dan harusnya saya menulis itu dimana, sedangkan saya suka musik.

  85. Salam kenal. isi blog saya kebanyakan berisi foto prewedding. Namun saya sangat suka mendapatkan foto yang bisa berbicara. Singkat katanya saya suka pekerjaan seorang jurnalis. Sampai-sampai saya mengirimkan lamaran ke sebuah media di daerah saya tinggal. namun tidak ada balasan. teman-taman ada info lowongan sebagai jurnalist foto????Trimakasih sebelumnya

  86. salam kenal mz…

    sya irma,..
    sya sngadt tertarik dg dunia tulis-menulis

    sudah ckup bnyak tulisan” yg sdah sya buat,….
    sya sudah berusaha untuk terus menulis, meskipun tdk ad byangan yg terlintas, sya ttp menulis, wlupun hanya sekedar “G ADA IDE” hal in sya ambil dr buku” yg mnjadi acuan sya….

    sya ingin mengirimkan tulisan” sya pda koran harian d kota saya…sya sudah berusaha mncri alamat email, no tlp, FB n sbg.a….
    yg sya tahu, kita sbg penulis harus memenuhi kriteria” tulisan yg biasa d terbitkan oleh koran tsb,..
    yg sya tnyakan, bgmn cr agar kita dpt mengetahui kriteria” yg d inginkan oleh redaki tsb???

    mohon bantuanx…

    trimaksiihhh

  87. Slm knl..
    Saya ingin sekali menulis tentang keseharian saya akan tetapi saya masih awam dalam hal menulis.
    Mohon bantuannya nya mas,mana tau saya berbakat jadi penulis
    Trims…

  88. wah saya semakin tertarik untuk mendalami ilmu jurnalistik . saya senang dalam hal tulis menulis . sebelumnya saya mahasiswa arsitektur di salah satu perguruan tinggi negeri di bandung . namun dunia jurnalistik ini sangat menarik minat saya dalam hal tulis menulis . mohon bimbingannya ya .
    thx

  89. Lam kenal,
    Sy pernah masuk ke dunia jurnalistik. sejak th 2005 smpi 2009 sy sdh masuk ke 4 media pemberitaan (Koran harian, radio, TV, tabloid). Namun, dipertengahan 2009 sy sempat berpikir kepingin istiqomah, menulis buku bes seller dan cerita2 fksi. Awalnya, byk judul yg sy garap, fiksi dan bes seller hmpir 75% terselesaikan dg baik dan sy pun sdh menghubungi beberapa penerbit. Respon baik dari penerbit memihak sy. Tapi…., kbhgiaanku untk memiliki kry di awal 2010 pupus lantaran file2 tulisanku hancur bersama hardisk yg tiba2 meledak akibat korsleting kbl lisrik. Sy pun slalu dikejar2 pnrbit. smpi2 ada slh satu pnrbit y9 bilng ke sy “Kalo tdk mampu jgn So’. Sy sdih dan terpuruk skali mndngrnya. Sy bngkit, mnulis kmbli dri awal. namun, lagi2 sll t’kndala karn disibukkn krjaan y9 laen dan ktika hendak mnulis sll dihdpkn dgn bed mood. Untuk itu, mhon masukknnya. Trims……

  90. salam kenal mas,
    saya ada pengen sekali terjun kedunia junalistik,dan mau menularkan ya ke anak2 Sekolah dasar sebagai Ekstra,tapi saya belum punya bekal,,,mohon saranya?dan apa yang harus pertamakali saya ajarkan ke mereka,,,,,karena itu salah satu tuntutan pekerjaan saya,,,,,

  91. aku pengen banget jadi seorang jurnalis…mengabarkan berita memberi tau tentang kebenaran yang ada di masyarakat…tapi aku tidak mewnempuh pendiodikan modalku hanyalah kuroditas yang tinggi dan keberanian untuk mengungkapkan kebenaran…mungkin g ya…aku bisa menjadi jurnalid yang profrdional….???!!!

  92. aq asep biasa di panggil asenk, aq suka bgt sama yang nama nya jurnalistik, aq dah kerja di beberapa perusahaan tp aq gk prnah betah, coz aq tuh pengen nya di dunia jurnalistik. ya meskipun aq lulusan teknik otomotif tapi skill q lebih terasah di jurnalistik, coz aq di skul lbih suka dgn kegiatan organisasi jadi komunikasi q bisa di andalkan dan aq juga suka menulis kaya artilel artikel gitu. pokok nya aq pgn bgt kerja di dunia jurnalistik pa lagi jadi presenter, ah pasti aq bahagia banget. tapi ada gk yah yang bisa nyalurin wat kerja di cunia jurnalistik? jadi apa aja dweh yang penting aq bisa belajar sampai aq jadi seorang jurnalistik yang handal. yang tau inpormasi jurnalistik ksh tau aq yah di email “saepurahmana@yahoo.co.id” okey sobat thanks yua.

  93. Enak rasanya ya…
    Kalau nanti dah tamat, masuk lagi ke dunia jurnalistik
    dengan mengejar-ngejar berita yang paling hangat..
    Makanya …
    teman teman smua
    ambil jurusan Komunikasi rame rame
    he he he he
    Salam kenal smua para pecinta dunia jurnalistik

  94. saya setuju mas.. memasuki dunia jurnalis itu berarti kita memasuki dunia baru, yang harus memiliki suatu kesiapan yang matang. karena di dunia jurnalistik kita akan bertemu dengan hal- hal yang out of the box.
    makasiih ms untuk sarannya..

  95. salam kenal mas……..
    saya tertarik dengan jurnalistik,
    dan saya sangat tertarik dangan menulis tentang ilmu alam / pengetahuan dunia juga sejarah dunia.
    jika saya diminta untuk menuliskan sebuah novel saya tidak terlalu berminat….
    dan puisi buatan saya masih transparan.
    jurnalistik yang paling saya kagumi adalah putra nababan…
    saya melihat dia adalah orang yang sangat berwibawa, mempunyai wawasan yang luas, dan memiliki conversation yang good…
    saya ingin sekali seperti dia……..
    apakah saya bisa….?
    bls…..!

  96. Mohon bantu saya dengan beri saya info lebih lanjut tentang bagaimana dan apa saja yang harus saya lakukan untuk bisa masuk kedunia jurnalistik, karena saya sangat tertarik untuk menekuni pekerjaan sebagai seorang jurnalis, khususnya sebagai wartawan perang yang meliput langsung ke daerah daerah konflik atau juga daerah yang sedang memiliki status darurat perang.

    Salam Jurnalis,

    Erick Michael
    (Dumai – Riau)
    0819 9244 6221

  97. hy.. salam kenal ya… saya salwa dari lampung…

    saat ini saya sedang sekolah. saya ank baru di sekolah itu. saya diminta untuk memilih eskul. saya ingin sekali di eskul KIR.. tapi teman saya meminta saya untuk di eskul JURNALIS.
    saya bingung…. saya takut jurnal itu tidak enak…..

    saya mw tanya… kegiatan di jurnalis itu apa aja ya??? kira-kira melelahkan tidak ya….

    maaf nie.. kalau saya tanya2 kayak gtu…????

  98. asalamualaikum……..

    saya haznah dari solo. saya pengen banget masuk kuliah di jurusan jurnalistik dan menjadi seorang reporter.. keinginan ini berawal dari liburan sekolah kemarin, saya sering melihat tv dan menonton berita.

    Tapi saya masih agak ragu karena saya belum tau banyak tentang jurnalistik.
    Apa mas bisa memberitahu saya lebih banyak tentang jurnalistik??

  99. seorang penganalisa berita biasa nya fokus dengan materi pemberita’an, namun hal itu kadang kadang menjadi ketakutan ketika pemberita’an tersebut menjadi dua sudut pandang ,lalu bagaimana pandangan itu bisa menjadi satu arah, karena saya sering kebingungan ketika satu berita yang saya buat malah jadi bomerang bagi saya sebagai seorang jurnalis,,

  100. saya adalah salah satu pelajar disurabaya kelas sebelas yang mengikuti exkul jurnalistik.saya baru 2 bulan bergabung dan kebetulan exkul ini baru dimulai disekolah saya tahun ini,saya ingin tahu event”disurabaya yang bisa saya kunjungi untuk memburu berita…n aku pingin tahu tips n trik jadi presenter yang baik…thank^_^

  101. saya adalah seorang mahasiswa S1 jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP Unpad. Saya sangat tertarik dengan dunia jurnalistik. walau saya kurang begitu mencintai bidang menulis tapi saya suka sekali untuk belajar. kira2 untuk les jurnalistik yang bagus daerah bandung atau jakarta dimana ya??butuh info banyak tentang jurnalistik soalnya.makasih mas :)

  102. saya ingin jadi wartawan tp saya kuliah bkn bidang jurnalis tp saya senang melihat pekerjaan wartawan,, menurut anda bagaimana ???
    terima kasih


  103. pa, mas , atau kaka smuanya
    sya sisiwi sma n negri d jakarta
    sya suka bngt sama yg nmanya nulis + baca.. udah byak tulisan2 sya dr smp sya ska buat cerpen dan temen2 yg bca slalu blang klo tulisan sya bagus buat d terbitkan, saya ngga tau mereka menyindir atau memang benar suka sma tlisan sya..
    klu sya mau terbitkan tulisan2 kemana ya???,,
    trus apakah jka nanti sya kuliah harus ambil jur.jurnalis
    karena ayah sya sdah membuat kptsan bhwa sya harus msuk univ aka…
    apakah itu brpngaruuh….

  104. dear redaksi.

    salam kenal. saya yayan, sejak SMA dulu saya senang sekali dengan dunia jurnalistik. tapi, mungkin saya telah salah langkah mengambil jurusan sastra sastra inggris di salah satu universitas paling bergengsi di sulawesi selatan hingga akhirnya saya memutuskan untuk berhenti kuliah pada januari 2008 lalu dan memilih untuk bekerja walaupun profesinya sangat jauh dari dunia jurnalistik. saya ingin sekali menjadi jurnalist, akhir-akhir ini saya tidak konsen dengan pekerjaan yang saya tekuni karena obsesi saya untuk menjadi seorang journalist sangat besar. saya bingung bagaimana agar bisa mewujudkan semua mimpi2 saya untuk menjadi seorang journalistik? apalagi kalau sedang berita, saya selalu iri dengan profesi mereka.
    saya ingin sekali mempublikasikan hasil tulisan saya ke media massa dan posisi saya sekarang ada di kalsel, tepatnya kabupaten kotabaru.
    mohon bantuannya agar saya bisa mendapatkan link untuk bisa berkoneksi dengan salah satu surat kabar di daerah saya…
    informasinya mohon dikirim ke alamat email saya.

    Terima kasih,,,

  105. salam kenal mas…..

    saya dwiee saya baru masuk dunia jurnal pada 5 bulan yg lalu dan say atidak skua menulis tpi sya suka membuat cerpen………….

    apa saya bisa masuk dunia jurnalistik?
    dan pa bisa masuk jurnalistik tnpa skua menulis???

  106. hai semua…
    aku siswi kelas XII,aku pengen banget ambil jurusan jurnalistik nie…,tapi aku blm tau diuniversitas mana aku harus ambil yang ada jurusan ini diwilayah jawa timur,…dan aku pengen banget tau lebih jauh tentang dunia jurnalistik…bagi siapa saja yang baca ini,tolong kasih informasi ke aku ya….

  107. haii ..
    aku siswi smkn4 bgor kls XI jurusan TKJ , aku pengen banget jadi seorang jurnalis, aku suka bkin crita crita dan puisi ,apa bisa ya aku bsa jdi seorang jurnalistik???

  108. Aku sekarangan kan lagi mau bikin skripsi temanya mengenai jurnalistik. naskah diatas nampaknya sangat membantu dan akan melengkapi wawasanku mengenai jurnalistik. Aku butuh banyak sekali bacaan-bacaan tentang jurnalistik, baik buku-buku dan naskah-naskah. Ini semoga dapat membantuku.

  109. Salam Kenal……………
    Aku sekarang kan lagi mau bikin skripsi themanya mengenai jurnalistik. Naskah diatas nampaknya sangat membantu, memberikan semangat, mendorong dan akan melengkapi wawasanku mengenai jurnalistik. Aku butuh banyak sekali bacaan-bacaan, sumbang saran tentang jurnalistik, baik buku-buku dan naskah-naskah. Ini semoga dapat membantuku.

  110. Askumm…

    Salam kenaL…
    pam’pam pengen banget jadi seorang JURNALISTIK..
    pam’pam seneng nulis,motret,wawancara dll. mudahan setelah lulus SMA bisa melanjutkan di bidang JURNALISTIK
    Amiiinnnn… :)

  111. hei there..
    tinggal eberapa bulan lagi saya bakal lulus smp dan pengen ngelanjutin ke SMA Negeri 2 Samarinda dan mendaftar di jurusan Bahasa karena nilai Bahasa Inggris dan bahasa indonesia selalu memuaskan dan hal ini juga karena saya terdorong untuk berkarir di dunia jurnalistik..sya hanya ingin bertanya apa jurusan yang saya ambil di sma ini sudah tepat? dan universitas apa saja yg dapat melebarkan kesempatan saya untuk menjadi seorang jurnalis?
    please anyone who read this give your comment before i take the wrong steps

  112. salam kenal dari saya,,,,
    kami tinggal di situbondo dan masih kuliah,kami sekarang berencana membentuk kelompok belajar jurnalistik,namun kami masih belum punya pengalaman yang banyak,oleh sebab itu kami membutuhkan sedikit pengalam dari teman – teman ..

  113. slam kenal nama saya antonius alexander ,saya brsal dri kota potianak saya ingin menyakan
    apkh untk menjdi seorg jurnalis hrs slalu membwt brta sesuai 5w+1h ,dn apkh sblm qt ingin menulis brta pertama2 qt hrs membwt klasifikasi untk sebuah brta tertentu sja atau hrs menyeluruh,dn saya juga punya kesulitan untk menuliskn brta krna untk menulis brta qt hrs membuat semacam karya sendri sprti cerpen ,puisi,artikel untk lingkungan di sekitar qt,dn apkh semua itu hrs dilakukan terlebih dahulu,sblm qt menuliskn sebuah brta,dn apa langkah yg hrs qt ambil dlm melakukan tahapan-tahapan itu ,untk menulis brta dgn bnr?

    tlg jwbn ny …………….♥

  114. Ass.Wr.Wb..

    Perkenalkan, saya mahasiswa dari UNISKA Banjarmasin. Saya baru saja bergabung dengan kru di radio kampus saya. Dan saya sebagai seorang jurnalisnya.
    Ya saya minta saran saja kepada semuanya, kalau di kampus, berita apa aja sih yang menarik untuk dipublikasikan ?

    Terima kasih,

    Wss.Wr.Wb.

  115. asalamualaikum
    Mas apakah menjadi jurnalis itu, harus orang2 yang lulusan Ilmu komunikasi , dan kuliah di jurnalistik saja??

    saya kuliah di Desain komunikasi Visual, saya ingin menjadi jurnalis apakah Bisa dan Nyambung dengan Kuliah yang saya Ambil!!!!

    mohon masukanya mas:)) Thanks !!

  116. Nama saya anggi, saya ingin sekali bisa bergabung dengan dunia jurnalistik karna saya senang sekali menulis,,,,
    Tapi kadang saya susah sekali untuk menemukan kata-kata yang enak di baca atau kata-kata yang baik,,
    tapi saya mempunyai keinginan yang besar untuk masuk jurnalis,,,,
    maz bisa bantu saya atau membagi cara-cara buat saya,, agar saya lebih paham mengenai jurnalis,,,
    Sebelumnya makasih ….

  117. Saya baru akan menjadi mahasiswa bulan depan. Satu hal yg tiba-tiba baru saya sadari saat ini adalah cita-cita menjadi jurnalis yang akan terlupakan. Dunia perkuliahan yang akan saya geluti jauh sekali dr jurnalistik. Menulis msh saya lakukan, yah smg saja saya msh bisa menjadi jurnalis suatu hari dgn berlatih menulis. Makasih tips nya :)

  118. aku ruth, lulusan dari smk yadika 11 bekasi, saya dulu ambil jurusan pariwisata, saya memang suka menulis menuangkan segala pikiran saya ke dalam sebuah buku, tidak tau kenapa saya tiba-tiba ingin masuk kedalam dunia jurnalistik.
    saya suka jalan-jalan, menulis, dan menyanyi.
    sebenernya saya bingung ingin masuk kedalam dunia jurnalistik atau menjadi seorang tour guide.
    bagaimna caranya supaya saya tahu, saya lebih berminat ke jurnalistik atau menjadi tour guide ..
    makasih :)
    tolong di bls yaa mas

  119. saya ini sangat gemar menulis,
    mau menulis novel ataupun puisi,
    membuat lagu dll,
    tpi saya benar” bingung bagaimana caranya agar saya bisa mengembangkan bakat saya.
    mohon pendapatnya.

  120. salam pak..
    nama saya hafid umur 15 tahun saya tertarik untuk mmasuk ke dunia jurnalistik ini .. apa yang harus saya lakukan dengan mental saya jika saya ingin masuk ke dalam dunia jurnal trims pak ;) ditunggu reply nya

  121. assalamu’alaikum mas

    saya mahasiswa teknik intelcom global indo kisaran-asahan. jurusan teknik komputer. saya bingung sebenarnya jurnalistik sejati tu yang bagaimana dan seharusnya kyk giman…
    berhubung ni saya dari kampus sedang mengikuti PELATIHAN JURNALISTIK khusus daerah asahan.

    mohon penjelasannya mas.

  122. mas mohon petunjuk la..saya edie saputra, saya tertarik sekali manjadi seorang jurnalistik…tetapi kendalanya saya blum bisa memahami tentang menulis beritannya..tetapi lw di lapangan mudh2han saya udh bisa dikit2 memahami…tetapi untuk menulis berita di suarat kabarnya saya mash bingung..
    jadi mohon petunjuk la mas….

  123. aslmlkm…
    salam kenal utk smua ..
    saya IIS KHOLIFAH berusia 19 thn,,
    jurnalistik? kayaknya kata itu sudah membuat sya jatuh cinta dech,, sampai2 ga tau ni utk tetap komitmen mewujudkan nya ,, mungkin virus jatuh cinta ini langka ya jd cepat bgt merambat ke fikiran n niat sya,, n tidak tahu bagaimana caranya utk berpetualang di dunia jurnalistik ,, klo ditanya mau jd jurnalistik , saya optimis bgt utk jawab iya pasti,,tp klo ditanya bagaimana jd jurnalistik yg handal dgn berusaha dari nol saya masih bingung jawabnya,,so saya butuh bgt ni jawaban n sarannya klo utk lulusan SMK ga da kata ga bisa kan utk jd jurnalistik? ………
    ditunggu jawaban n sarannya ya mas,, terima kasih..

  124. Ping-balik: Tips masuk dunia jurnalistik « .:: Kertas Coret-Coret Saya ::.

  125. halo …
    salam kenal …nama saya wanda afrimal jamal …saya sangat suka sekali hal2 yang berbau jurnalistik,,apalagi di bidang fotograph….
    i like it so much

  126. saat pertama ingin melakukan hal yang akan aku lakukan (menulis) kadang rasa bingung itu selalu muncul. akankah aku menulis tentang dia, aku, kamu atau sesuatu yang belum tahu dimana akhirnya nanti. namun aku sering menulis jika memang ada waktunya untuk menulis. (terpaksa)

  127. ass,…
    slmt mlm,..
    saya adalah seorang mahasiswa dari perguruan swasta di yogyakarta,..
    menulis adalah hobi saya
    menuliskan sesuatu baik lewat puisi,lirik lagu,cerpen maupun buku adalah kesharian saya.
    minat sekali ingin menjadi seorang jurnalistik, apalagi meliput dan analisis langsung di program tv nasional maupun internasional,…
    sekarang saya baru semeter 6 mengambil mK jurnalistik,…
    semogha ke depannya saya benar2 menjadi seorang jurnalistik yang profesional amien,..
    minta doa nya ya?

  128. met pagi..saya siswi smp di kulon progo ingin bertanya…apakah pekerjaan sebagai seorang jurnalis itu buruk..??? mengapa di indonesia banyakn sekali pembunuhan terhadap jurnalis..??? terima kasih

    • Saya minat masuk dunia jurnalistik,tapi terkadang masih ragu untuk membuat tulisan,kalau menganalisis suatu masalah saya pernah coba,ketika ada tugas sosiolaogi dan bahasa indonesia waktu saya diSMA.tolong kasih saran dan masukan lagi ya,buat orang2 yang akan terjun kedunia jurnalistik:)

  129. salam kenal, saya adalah salah satu mahasiswa yang mengambil studi jurnalistik di salah satu universitas di jakarta. saya suka dengan apa yang dikatakan muchtar lubis (membuat tulisan tiap hari), yang menjadi pertannyaan apakah egoh dapat membuat jurnalis menjadi kacau dalam menjalankan proses jurnalis misalnya seperti mencari berita dan seterusnya. karena saya sangat sulit menghilangkan rasa ego ttrutama rasa malu.

  130. menulis menurutku adalah salah satu obat terapi (kepuasan), waluapun tulisan yang sudah kita buat dan tidak dinikmati oleh khalayak, akan tetapi membuat kita senang akan karia sendiri, dan menulis adalah suatu yang berimajinasi dengan apa yang sudah kita lihat di lingkuangan sekitar kita dan kita kembangan melalui tulisan dengan media komputer maupun buku harian.

  131. salam kenal mas ,,,
    saat ini saya baru masuk universitas negeri jurusan jurnalistik, tetapi saya orangnya tidak suka menulis suatu opini maupun pendapat ,tapi saya terkadang mencoretkan pena dengan menulis puisi dan saya senang sekali saat melihat seorang wartawan atau presenter saat melakukan kegiantannya , bagaimana pendapat mas dengan diri saya ini, apakah saya bisa menjadi seorang jurnalis yang baik?
    terima kasih

  132. salam kenal…..
    sy secara pribadi pengen sekali masuk dunia jurnalis v klo boleh tahu da G tentang spesifik lingkungan atau nasional kaya bnyak sekali pencurian dan lain sebagainya…. gmna maz klo sy boleh yahu tentang awal masuk dunia jurnalis…

  133. bagaimana kita bisa terjun ke dunia jurnalist.
    apakah yg hrus kita tulis itu berupa pengalaman sehari” atau hrus
    wacana cuaca.
    sperti musim kemarau,hujan atau yg lain nyh.
    sya ingin skali mnjadi jurnalist.
    pa lgy mnjadi penulis novel
    itu cara nyh bgaimn yh…
    apa saja langkah” nyh???

  134. salam kenal saya anak sma kelas 2 dan saya sangat tertarik dalam dunia jurnalistik terlebih lagi dalam urusan tulis menulis tetapi yang saya bingung langkah apa yang harus saya pelajari di masa2 sekarang2 sebelum memasuki dunia jurnalis tersebut????
    thx saya tunggu jawaban nya

  135. Terima kasih om atas artikel yang sangat membantu ini, saya sendiri seorang siswa SMA 3 yang mengalami sebuah dilemma dalam pemilihan jurusan perkuliahan. Hasil test minat dan bakat sih menunjukkan kalau saya memiliki potensi untuk menjadi seorang jurnalis, tetapi keraguan merasuki pikiran saya. Mungkin karena kebutaan wawasan saya mengenai lapangan pekerjaan, apakah seorang jurnalis dapat memenuhi kebutuhan pokok khususnya secara finansial. Tolong pencerahannya mengenai perspektif saya yang mungkin keliru.

  136. Saya masih kelas 2 SMA. Saya sukaa banget sama jurnalistik.
    Saya ingin sekali menjadi presenter mulai sekarang-sekarang ini.
    Apa yg harus saya lakukan untuk tahap awalnya ?
    Mohon solusinyaa

  137. saya juga sangat tertarik dengan dunia jurnalistik ini.
    saya hobby dengan tulis menulis sebuah karya tulisan,tapi saya tidak PD untuk mempublikasikan hasil tulisan saya,saya takut kalau nanti tulisan saya itu tidak layak untuk untuk diterbitkan..

  138. saya sekarang masih siswa madrasah aliah Kls3 sebentar lagi sekitar 3 bulan lagi menghadapi ujian kalau ujian aku lulus moga2 AMIN saya belum ada pikiran untk meneruskan kemana tapi terpikat ke dunia jurnalis apakah bisa

  139. Saat ini sy mahasiswi semester 3, semenjak menjadi mahasiswa baru sy tertarik untuk bergabung dengan organisasi jurnalistik di kampus tetapi terlupakan krn terhalang oleh diri saya sendiri, sy takut, malu, minder dan sebagainya, apa kepribadian seperti ini mampu menjadi seorang jurnalis? Apakah sy harus memperbaiki diri sy terlebih dahulu untuk terjun di dalam?

  140. Pak nama saya hanliy.
    Saya baru kelas 3 smp di salah satu smp swasta di Jalarta. Saya udah minat di jurnalistik, tapi bukan jurnalistik yang kayak penulis buku gitu. Saya lebih tertarik jadi jurnalis majalah.saya udah ngelatih skill saya lewat ekskul jurnalistik di sekolah, bikin aetikel di koran sekolah. Minta sarannya dong pak nanti pas kuliah saya ambil jurusan apa? Pengetahuan saya soal kuliah masih minim karena masih smp. Makasih sebelumnya.

    • Untuk masuk ke dunia jurnalistik yang penting minat Anda di sebuah cabang ilmu, misalnya jurusan ekonomi. Anda bisa jadi jurnalis hebat di bidang ini. Silahkan tanya diri sendiri minat ilmu sosial atau sains

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s